Home / Kesiswaan

Kamis, 24 Maret 2022 - 21:14 WIB

Breaking News! Simpan Permanen Akun LTMPT Diperpanjang

LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi adalah lembaga yang menyelenggarakan tes masuk ke Perguruan Tinggi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa Indonesia berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel. Untuk tahun 2022 ini bagi siswa kelas dua belas (XII) atau calon mahasiswa wajib memiliki akun LTMPT jika akan mendaftar SNMPTN maupun SBMPTN. Hal ini karena pembuatan akun LTMPT menjadi persyaratan yang wajib bagi siswa yang akan mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022.

Nah untuk tahun ini, pembuatan akun LTMPT tidak hanya diperuntukkan bagi siswa lulusan tahun 2022. Akan tetapi bagi siswa lulusan tahun 2020, 2021 yang belum melakukan registrasi akun LTMPT dan akan mengikuti UTBK-SBMPTN maka wajib untuk registrasi akun LTMPT. Ketika siswa sudah membuat akun LTMPT maka berikutnya adalah simpan permanen. Siswa wajib melakukan simpan permanen agar bisa melanjutkan untuk mendaftar SNMPTN atau SBMPTN.

Perlu diketahui jadwal registrasi akun LTMPT sesuai jadwal telah selesai pada tanggal 17 Maret 2022, akan tetapi berhubung banyak siswa yang masih belum melakukan simpan permanen maka waktu untuk simpan permanen diperpanjang.

Baca juga:   Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa

Berdasarkan surat edaran Tim Pelaksana LTMPT nomor 04/SE.LTMPT/2022 tentang kesempatan penyelesaian permanen akun LTMPT diperoleh beberapa informasi. Informasi tersebut ada lima poin yang bersifat penting dan  untuk segera ditindaklanjuti khususnya untuk siswa dan calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN tahun 2022.

Pertama, akun LTMPT yang telah disimpan permanen merupakan persyaratan mendaftar UTBK-SBMPTN 2022.

Kedua, periode registrasi akun LTMPT telah diselenggarakan dalam dua tahap yaitu tahap satu bagi siswa kelas XII yang akan mendaftar Perguruan Tinggi jalur SNMPTN dari 10 Januari 2022 sampai tanggal 28 Februari 2022 dan tahap dua bagi siswa lulusan tahun 2020, 2021, 2022 dari tanggal 14 Februari hingga tanggal 17 Maret 2022.

Ketiga, penutupan permanen akun LTMPT tanggal 17 Maret 2022 pukul 15.00 diperoleh informasi bahwa jumlah siswa kelas duabelas tahun 2022 yang telah melakukan permanen akun LTMPT sebanyak 1.187.490 siswa dan jumlah siswa lulusan tahun 2020 dan 2021 sejumlah 182.196 siswa.

Keempat, ditemukannya permasalahan peserta yang sudah memiliki akun LTMPT namun belum simpan permanen, yang disebabkan oleh belum lengkapnya data siswa seperti NPSN, NISN, tanggal lahir, jurusan, status aktif, dan lain-lain. Persoalan mengenai peserta yang belum bisa melakukan simpan permanen akun LTMPT tersebut disebabkan karena belum berhasil melakukan verifikasi dan validasi (Verval).

Baca juga:   Begini Proses Pembentukan Karakter

Kelima, LTMPT memberikan kesempatan kepada peserta yang sampai waktu ini belum bisa melakukan simpan permanen akun LTMPT untuk segera bisa melakukan simpan permanen akun LTMPT paling lambat tanggal 12 April 2022 pukul 15.00 WIB.

Dengan kata lain, masih ada waktu perpanjangan untuk siswa melakukan simpan permanen akun LTMPT. Seperti keterangan pada poin pertama bahwa akun LTMPT yang telah disimpan permanen merupakan syarat untuk mendaftar UTBK-SBMPTN 2022. Jadi, jika ingin mengikuti UTBK-SBMPTN harus benar-benar sampai tahap simpan permanen. Jika masih ada data yang kurang segera dilengkapi agar bisa melakukan simpan permanen akun LTMPT sebelum penutupan.

Perpanjangan waktu akun LTMPT memberikan kelonggaran untuk siswa dan memberikan kesempatan agar siswa tetap bisa mengikuti UTBK-SBMPTN 2022. Akan tetapi, setelah adanya waktu perpanjangan ini biasanya tidak akan dilakukan perpanjangan waktu lagi. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu perpanjangan ini semaksimal mungkin agar bisa mendaftar UTBK-SBMPTN 2022. Semangat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI.

Share :

Baca Juga

program besar

Kesiswaan

5 Soft Skill yang Perlu GuruTingkatkan

Kesiswaan

Pentingnya Penanaman Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Kesiswaan

Penting! Inilah yang Dibiayai Dana BOS Reguler 2022

Kesiswaan

Penyebab Peserta Didik Tidak Percaya Diri pasca Pandemi
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning

Kesiswaan

Bingung Ingin Melajutkan Kuliah Dimana? Yuk, Kenali Dulu Jenis-Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Kesiswaan

Cara Mudah Membuat RPP kurikulum Merdeka
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.