Home / Kesiswaan

Senin, 28 Februari 2022 - 22:10 WIB

Kenali Karakter Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Karakter Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa–  Tanggung  jawab  adalah  suatu  kewajiban  dari  seseorang  untuk melaksanakan  sesuatu  yang telah  diwajibkan  kepadanya  atau  yang  pernah  dijanjikan  kepadanya   maupun  yang  disanggupinya (Bahri, 2002).  Tanggung  jawab secara definisi merupakan  kesadaran  manusia  akan tingkah laku atau  perbuatan  baik yang  disengaja  maupun  yang  tidak di sengaja.  Tanggung  jawab  juga  berarti berbuat sebagai  perwujudan  kesadaran  akan kewajiban. (Rustam, 2016)

Menurut Zubaedi (2011) tanggung jawab  adalah  sikap  dan  perilaku  seseorang  untuk  melaksanakan  tugas  dan kewajibannya,  yang  seharusnya  dilakukan  terhadap  diri  sendiri,  masyarakat, lingkungan  (alam,  sosial,  dan  budaya),  negara,  dan  Tuhan  YME. Selain itu tanggung  jawab  diartikan sebagai  perilaku  yang  menentukan  bagaimana  kita  bereaksi terhadap  situasi  hari,  yang  memerlukan  beberapa  jenis  keputusan  yang  bersifat moral.

Berdasarkan beberapa pengertian tanggung jawab diatas maka dapat dipahami bahwa tanggung jawab merupakan suatu sikap dan perilaku yang membutuhkan kesadaran terhadap situasi dalam menjalankan tugas kewajibannya terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa.

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Menurut Syah (2003) belajar adalah tahapan perubahan tingkah laku yang diperoleh dari pengalaman dan interaksi lingkungan dengan melibatkan proses kognitif.

Belajar dalam pengertian yang khusus atau sempit ialah perubahan tingkah  laku  atau  penampilan,  dengan  serangkaian  kegiatan  misalnya  dengan membaca,  mengamati,  mendengarkan,  meniru,  dan  lain  sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa belajar ialah proses yang melibatkan kegiatan-kegiatan dengan rangkaian tertentu untuk menuju pada perubahan tingkah laku.

Memiliki  rasa  bertanggung  jawab  erat  kaitannya  dengan  prestasi  di sekolah.  Untuk  belajar  diperlukan  tanggung  jawab  pribadi  yang  besar. Dengan kata lain, tanggung jawab belajar merupakan suatu kewajiban yang dimiliki oleh siswa untuk melaksanakan tugasnya yaitu belajar yang merupakan suatu proses usaha berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu untuk mendapatkan kecakapan atau tingkah laku yang baru dengan menerima segala konsekuensi dengan penuh kesadaran dan kerelaan.

Menurut  Djamarah  dan  Zain  (2010)  bagi  siswa  yang  memiliki tanggung jawab belajar akan memberi manfaat untuk: (1) lebih merangsang siswa dalam  melakukan  aktivitas  belajar  individual  ataupun  kelompok;  (2)  dapat mengembangkan kemandirian siswa di luar pengawasan guru; (3) dapat membina tanggung  jawab  dan  disiplin  siswa;  dan  (4)  dapat  mengembangkan  kreativitas siswa.

Berdasarkan berbagai pendapat di atas, maka dapat disimpulkan  bahwa tanggung jawab belajar merupakan suatu sikap dan perilaku dalam menjalankan tugas kewajibannya yaitu belajar untuk kemudian mengarah pada perubahan tingkah laku yang diperoleh melalui kegiatan-kegiatan seperti mengamati, mendengarkan, meniru dan sebagainya yang semua itu diterima dengan penuh kesadaran dan kerelaan.

Baca juga:   Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa

Ciri-Ciri Tanggung Jawab Belajar

Djamarah (2012) mengemukakan bahwa seseorang yang dilandasi dengan rasa tanggung jawab belajar,  maka  ia  dapat  meningkatkan perkembangan  potensinya  melalui  belajar sesuai  dengan  harapan  dan  keinginan dirinya  sendiri  maupun  lingkungan  sekitar. Sikap tanggung jawab belajar tersebut dapat dicirikan  sebagai berikut :

  1. Melakukan tugas belajar dengan rutin tanpa harus diberi tahu
  2. Dapat menjelaskan  alasan  atas  belajar yang  dilakukannya
  3. Tidak menyalahkan orang  lain  dalam  belajar
  4. Mampu menentukan pilihan  kegiatan  belajar  dari beberapa  alternative
  5. Melakukan tugas sendiri  dengan  senang  hati
  6. Mampu membuat keputusan  yang  berbeda  dari keputusan  orang  lain  dalam  kelompoknya
  7. Mempunyai minat  yang  kuat  untuk menekuni  belajar
  8. Menghormati dan menghargai  aturan  di  sekolah
  9. Dapat berkonsentrasi dalam  belajar, dan
  10. Memiliki rasa  bertanggung  jawab  terhadap kewajiban

Sikap-sikap  tersebut adalah cerminan dari gambaran orang yang mempunyai tanggung jawab dalam belajar. Sedangkan menurut Wulandari (2013)  secara  umum  siswa  yang  bertanggung jawab terhadap belajar dapat dilihat dari ciri-ciri ialah sebagai berikut:

  1. Akan senantiasa  mengerjakan  tugas-tugas  yang  diberikan  oleh  gurunya sampai tuntas baik itu tugas  yang diberikan di sekolah maupun PR  yang harus mereka kerjakan di rumah.
  2. Selalu berusaha menghasilkan sesuatu tanpa rasa lelah dan putus asa.
  3. Selalu berpikiran positif disetiap kesempatan dan dalam situasi apapun.
  4. Tidak pernah  menyalahkan  orang  lain  atas  kesalahan  yang  telah diperbuatnya

Jenis-Jenis Tanggung Jawab Belajar

Menurut  Tirtarahardja  (2005)  tanggung  jawab  berdasarkan wujudnya terdiri dari: (1) tanggung jawab kepada diri sendiri, (2) tanggung jawab kepada  masyarakat,  dan  (3)  tanggung  jawab  kepada  Tuhan.  Berikut  penjelasan dari ketiga jenis tanggung jawab berdasarkan wujudnya:

  • Tanggung jawab kepada diri sendiri

Hakikat  manusia  sebagai  makhluk individu  yang  mempunyai kepribadian  yang  utuh,  dalam  bertingkah  laku,  dalam  menentukan  perasaan, dalam  menentukan  keinginannya,  dan  dalam  menuntut  hak-haknya.  Namun, sebagai  individu  yang  baik  maka  harus  berani  menanggung  tuntutan  kata  hati, misalnya dalam bentuk penyesalan yang mendalam.

  • Tanggung jawab kepada masyarakat

Selain  hakikat  manusia  sebagai  makhluk  individu,  manusia  juga sebagai  makhluk  sosial  yang  berada  di  tengah-tengah  masyarakat  dan  tidak mungkin untuk hidup sendiri. Oleh karena itu, manusia dalam berpikir, bertindak, berbicara  dan  segala  aktivitasnya,  manusia  terikat  oleh  masyarakat,  lingkungan dan  negara.  Maka  dari  itu  segala  tingkah  laku  ataupun  perbuatannya  harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Tanggung jawab kepada masyarakat juga menanggung tuntutan-tuntutan berupa sanksi-sanksi dan norma-norma sosial, misalnya seperti cemoohan masyarakat, hukuman penjara, dan lain-lain.

  • Tanggung jawab kepada Tuhan
Baca juga:   Pembentukan Karakter Prestatif Pada Siswa

Manusia  di  alam  semesta  ini  tidaklah  muncul  dengan  sendirinya, namun ada yang menciptakan yaitu Tuhan YME. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan manusia wajib mengabdi kepadanya dan juga menanggung tuntutan norma-norma agama  serta  melakukan  kewajibannya  terhadap  Tuhan  YME.  Sebagai  bentuk perilaku  bertanggung  jawab  kepada  Tuhan  misalnya  yaitu  mempunyai  perasaan berdosa dan terkutuk.

Faktor Rendahnya Tanggung Jawab Belajar

Menurut pendapat Sudani, dkk (2013) dalam jurnalnya menyebutkan bahwa: Pada  dasarnya,  perilaku  tanggung  jawab  belajar  siswa  yang  rendah dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor  antara  lain  yaitu:  (1)  kurangnya kesadaran  siswa  tersebut  akan  pentingnya  melaksanakan  hak  dan kewajiban yang merupakan tanggung jawabnya, (2) kurang memiliki rasa  percaya  diri  terhadap  kemampuan  yang  dimiliki,  dan  (3) layanan bimbingan konseling  yang dilakukan oleh Guru  BK dalam menangani  perilaku  tanggung  jawab  belajar  secara  khusus  belum terlaksana secara optimal di kelas.

Berdasarkan faktor tersebut, maka siswa yang memiliki perilaku tanggung jawab rendah, seharusmya mendapatkan bimbingan dan konseling secara khusus agar  mampu  menjadi  siswa  yang  berprestasi  dan  bertanggung  jawab.  Sebagai guru harus  berusaha  membantu  siswa agar  memiliki  kesadaran  dan  kesanggupan dalam menjalankan tugasnya sebagai pelajar, serta memiliki rasa percaya  diri  akan  kemampuan  yang  dimilikinya.  Karena  dengan  adanya  rasa percaya diri, motivasi, kebiasaan, sikap dan komitmen yang kuat dari dalam diri siswa untuk belajar, maka diharapkan siswa tersebut akan timbul kesadaran dan tanggung jawabnya sebagai seorang siswa yaitu belajar dengan tekun.

Dampak Rendahnya Tanggung Jawab Belajar

Menurut Rustam (2016) dalam jurnalnya meyebutkan bahwa : Dapat  disadari  bahwa  terdapat  gejala-gejala  tanggung  jawab  yang rendah  pada  siswa  di sekolah. Apabila tanggung  jawab  belajar tersebut tidak ditingkatkan  maka hal ini akan berakibat pada menurunnya  hasil  belajar  siswa,  tidak  tercapainya  perkembangan  potensi  dengan  baik,  kebiasaan kurang kedisiplinan diri, dan bahkan  siswa tidak naik kelas.

Berdasarkan dampak tersebut, maka siswa yang memiliki perilaku tanggung jawab rendah akan berdampak pada prestasi yang akan diperolehnya.

Demikian tadi penjelasan mengenai tanggung jawab belajar pada siswa. Semoga artikel ini bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

8 Hukuman yang Mendidik bagi siswa yang Nakal di Sekolah

Kesiswaan

Pentingnya Penanaman Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini

Kesiswaan

Begini Proses Pembentukan Karakter

Kesiswaan

Penting! Inilah yang Dibiayai Dana BOS Reguler 2022

Kesiswaan

9 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi untuk Anak yang Seru

Kenaikan Pangkat

Ice breaking solusi jenuh dalam belajar

Kenaikan Pangkat

Asesmen Nasional: Mengukur Karakter Peserta Didik

Kesiswaan

Menjadi guru berkompeten melalui kompetensi sosial emosional
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.