Home / Kenaikan Pangkat

Rabu, 11 Mei 2022 - 01:32 WIB

Mengenal Program Kenaikan Pangkat Guru

Program Kenaikan Pangkat Guru – Salah satu pekerjaan yang membanggakan dalam dunia pendidikan yakni menjadi seorang guru. Kendati secara realita, gajinya kadang tidak menentu. Bahkan di bawah upah kelayakan. Namun keberkahan menjadi seorang guru terkadang menjadi pilihan sebagian lulusan pendidikan untuk tetap mengabdi kepada negeri.

Fenomena gaji di bawah kelayakan tentu jarang dirasakan oleh para guru yang sudah mengikuti seleksi CPNS. Kendati demikian, tak dapat dinafikan bahwa bisa saja kebutuhan para keluarga guru PNS pun juga senantiasa bertambah.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemunduran dalam kualitas kerja, maka pemerintah melakukan segenap upaya untuk menunjang kebutuhan. Salah satunya dengan memberlakukan kebijakan program kenaikan pangkat guru.

Sebelum menjadi PNS atau mungkin masih baru menjabat, penting untuk memahami terkait program kenaikan pangkat. Program ini bertujuan untuk menjadikan jabatan naik satu tingkat. Naiknya jabatan tentu akan linear dengan kenaikan gaji yang didapatkan.

Namun perlu diperhatikan bahwa kenaikan pangkat bukan sekedar program asal – asalan. Sebab Anda harus bisa lebih baik dalam menunjukkan performa kerja di bidang terkait.

Program kenaikan pangkat merupakan kebijakan yang dilansir secara resmi oleh pemerintah dantermaktub dalam UU Permenpan & RB di No.16 Tahun 2009. Undang – Undang tersebut berkaitan dengan tema Jabatan Fungsional Guru.

Menurut UU-nya, para guru PNS dapat mengikuti program tersebut apabila sudah memenuhi persyaratan yakni akumulasi angka kreditnya telah mencapai angka maksimal untuk naik jenjang.

Angka Kredit Kenaikan Pangkat Guru

Angka kredit merupakan dasar penting yang akan digunakan sebagai acuan dalam memperhitungkan kelayakan guru PNS untuk bisa naik jenjang setingkat lebih tinggi. Ada beberapa aspek yang perlu dipahami dalam perhitungan angka kredit dan satuan jenjangnya. Berikut penjelasan yang dapat dipahami:

1.    Jenjang dan Jabatan Guru Pertama

Jabatan guru pertama terdiri dari tiga baik pangkat maupun golongan ruang. Masing-masing terdiri dari Penata Muda maksudnya dari tingkat III/a berlanjut ke III/b. Skor perhitungan angka kreditnya terdiri dari banyak elemen.

Elemen pertama, angka kredit kumulatifnya minimal harus 100. Sedangkan angka kredit jenjang minimal harus 50. Sedangkan elemen pengembangan diri bernilai 3. Untuk elemen publikasi ilmiah masih belum diwajibkan minimal pengunggahan sebab tergolong baru.

Sedangkan Penata Muda Tingkat I dari tingkat III/b berlanjut ke III/c memiliki elemen angka kredit kumulatif dengan minimal nilai 150. Kemudian angka kredit jenjangnya bernilai 50. Untuk elemen pengembangan diri sama dengan sebelumnya yakni bernilai 3. Sedangkan publikasi ilmiah minimal bernilai 4.

Baca juga:   Yuk, Pelajari Bagaimana Cara Pengisian DUPAK Guru!

2.    Jenjang Jabatan Guru Muda

Untuk jabatan Guru Muda terdiri dari pangkat dan golongan Penata Tingkat III/c yang akan berlanjut ke III/d. Untuk angka kredit kumulatifnya bernilai 200. Sedangkan aspek angka kredit jenjang senilai 100. Pada elemen pengembangan diri harus berjumlah 3 serta sudah melakukan publikasi ilmiah dengan total 6.

Pangkat dan golongan ruang lainnya yakni Penata Tingkat I dari III/d yang berlanjut ke IV/a. Elemen aspek angka kredit kumulatif bernilai 300. Sedangkan elemen aspek angka kredit jenjang bernilai 100. Di sisi lain, aspek pengembangan diri bernilai 4. Serta harus melakukan publikasi ilmiah atau pembuatan karya inovatif sejumlah 8.

3.    Jenjang Jabatan Guru Madya

Sebagaimana jenjang sebelumnya, jabatan guru madya juga terbagi menjadi 3 pangkat dan golongan ruang.

Pertama, pangkat dan golongan ruang Pembina yakni golongan IV/a berlanjut ke IV/b memiliki angka kredit kumulatif dengan minimal nilai 400. Kemudian, elemen angka kredit jenjang senilai 150 untuk aspek pengembangan diri harus minimal 4 serta sudah melakukan publikasi ilmiah sebanyak 12.

Kedua, pangkat dan golongan Pembina Tingkat I yakni golongan IV/b berlanjut ke IV/c memiliki syarat angka kredit minimal 550. Sedangkan elemen aspek pengembangan diri senilai 4 serta sudah melakukan unggahan publikasi ilmiah sebanyak 12.

Ketiga, pangkat dan golongan Pembina Utama Muda golongan IV/c berlanjut ke IV/d. Elemen angka kredit kumulatif minimal mencapai nilai 700. Untuk elemen angka kredit jenjang bernilai 150. Pada aspek pengembangan dirinya sebanyak 5 dan melakukan unggahan publikasi ilmiah atau pembuatan karya inovatif sebanyak 14.

4.    Jenjang Jabatan Guru Utama

Untuk jabatan Guru Utama juga terbagi dalam 2 pangkat dan golongan ruang. Pertama, Pembina Utama merupakan golongan IV/d yang berlanjut ke IV/e. Perhitungan angka kredit kumulatifnya bernilai 850. Elemen angka kreditnya mencapai nilai 200. Untuk aspek pengembangan diri sejumlah 5 dan melakukan publikasi ilmiah sebanyak 20.

Kedua, pangkat dan golongan ruang Pembina Utama yakni golongan IV/e. Elemen angka kredit kumulatifnya 1050. Angka kredit jenjang dan pengembangan sekaligus publikasi ilmiah sudah tidak diperhitungkan sebab merupakan jenjang terakhir. Sehingga tidak perlu melakukan kenaikan pangkat lagi. Untuk mencapai semua jenjang tentu butuh tenaga dan waktu yang ekstra.

Baca juga:   Pentingnya Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Keuntungan Mendapat Kenaikan Pangkat

Tanpa dijabarkan, sebenarnya Anda akan tahu berbagai manfaat yang didapatkan saat mendapatkan kenaikan pangkat. Namun alangkah lebih baik bila dituliskan agar menjadi pengingat dan motivasi diri. Beberapa kelebihan di antaranya yakni :

1.    Memakmurkan Hidup

Memang, dengan adanya kenaikan pangkat hidup akan bertambah makmur. Tidak hanya dijamin dari segi finansial saja, melainkan kemakmuran lainnya seperti kebanggaan di lingkungan sosial. Tak dapat dinafikkan bahwa sebagian masyarakat pasti merasa bangga bila mendapat kenaikan pangkat,bukan?

Jika benar peralihannya, maka kemakmuran hidup yang didapat akan menjadi rasa syukurnya bertambah. Namun jika salah dalam mengekspresikan, maka bisa jadi mereka malah sombong dan merasa di atas langit. Padahal naik pangkat tak selamanya demikian.

2.    Menjadi Abdi Negara yang Baik sebab Berkontribusi Langsung

Salah satu manfaat lain, Anda secara langsung sudah berkontribusi. Perlu diketahui, salah satu syarat dalam menaikkan pangkat yakni Anda harus melakukan atau mengunggah publikasi ilmiah. Sumbangsih pemikiran ini tentu akan sangat berharga bagi generasi berikutnya.

Selain terdapat kelebihan di dalamnya, Anda pun harus maklum dengan beragam kekurangan dalam mengejar kenaikan pangkat. Salah satu kekurangannya yakni kehilangan waktu kebersamaan bersama keluarga.

Bukan tidak mungkin bahwa untuk mendapat kenaikan pangkat, Anda harus membuka mata semalaman suntuk, mengumpulkan fokus yang keseluruhan aktivitasnya membutuhkan konsentrasi penuh. Walhasil, bahkan hari Minggu pun akan menjadi hari yang sibuk bagi Anda demi terkejarnya nilai angka kredit.

Demikian ulasan mengenai program kenaikan pangkat guru. Semoga dengan adanya ulasan ini akan menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi Anda untuk melangkah di masa depan.

Besar harapan, bahwa program ini tak hanya diperuntukkan bagi guru PNS namun juga akan ada program serupa bagi guru Non – PNS yang notabene pekerjaan yang diampu sama. Selain itu, semoga waktu dan segala tenaga yang para guru gunakan dapat menjadi waktu yang bermanfaat bagi mereka.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Inilah Tandanya Kelas Menjadi Surga Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Ini Dia Kunci Kelulusan PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Diklat Gratis Bersetifikat 40 JP : Penguatan Ketrampilan Mengajar pada Guru dalam Rangka Menyambut Tahun Ajaran Baru

Kenaikan Pangkat

Mengenal Platform SIPLah dan Cara Mengoperasikannya

Karya Inovatif

Panduan Membuat Makalah Best practice dan Manfaatnya bagi Guru

Kenaikan Pangkat

9 Syarat dan Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru di Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Syarat-Syarat Kenaikan Pangkat PNS

Kenaikan Pangkat

Digitalisasi untuk Atasi Hambatan Pendidikan
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.