Home / Kesiswaan

Minggu, 31 Juli 2022 - 19:15 WIB

Siswa Mengalami Back To School Anxiety ? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Siswa Mengalami Back To School Anxiety? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya/unsplash.com

Siswa Mengalami Back To School Anxiety? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya/unsplash.com

Tahukah guru, bahwa anak didik Anda bisa saja tengah mengalami back to school anxiety? Kondisi dimana anak merasa cemas untuk kembali ke sekolah.

Pandemi Covid-19 mulai mereda, dan aktivitas pun kembali normal. Pembelajaran juga telah kembali dilakukan secara tatap muka. Hal ini mungkin menjadi kabar gembira sekaligus tidak.

Bagi beberapa siswa yang sudah terlanjur terbiasa dengan pembelajaran online, kembali ke sekolah akan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Pasalnya, mereka terpaksa harus kembali beradaptasi dengan rutinitas sekolah seperti presentasi, bertemu guru, hingga harus bersosialiasi. Dan hal ini bisa memicu kecemasan atau yang bisa disebut back to school anxiety.

Baca juga:   Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar atau Menguasai Kelas

Menurut survei yang dilakukan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), kelompok usia yang paling banyak mendapat masalah psikologis selama pandemi di Indonesia adalah salah satunya mereka yang berumur antara 17 hingga 29 tahun.

Ada beberapa gejala social anxiety menurut NYTimes, yang perlu disadari bersama. Gejala tersebut diantaranya adaah perasaan insecure, takut berada di ruang publik, hingga enggan bertemu teman-teman.

Ahli bahkan mengatakan bahwa efek dari hal ini dapat membuat kesehatan mental pada satu generasi terpengaruhi dalam jangka panjang.

Kecemasan untuk kembali ke sekolah memang wajar dialami. Menurut Rachel Busman, seorang psikolog klinis dari Child Mind Institute berpendapat bahwa mulai kembali masuk ke sekolah bisa menjadi sebuah tantangan bagi para anak. Dalam masa transisi tersebut, anak bisa menjadi stres karena adanya perubahan  di lingkungan sosial—teman, guru, dan perubahan dari aktivitas yang sebelumnya dijalani.

Baca juga:   Pentingnya Mengenali Kepribadian Peserta Didik Bagi Guru

Gejala ringan yang terlihat ketika anak mengalami back to school anxiety menurut  Ellen Kennedy-Moore, Ph.D. dalam Psychology Today  yaitu anak mengalami mual, menjadi lebih diam dari biasanya.

Gejala lebih parah yang bisa dialami yaitu anak mengalami sulit tidur di malam harinya, nafsu makan menurun, gelisah atau mudah marah, menangis tantrum, hingga bahkan menolak untuk pergi ke sekolah.

Halaman 2 – Cara mengatasi back to school anxiety

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Psikologi Perkembangan Peserta Didik yang Harus Dipahami Guru

Kesiswaan

Penyebab Peserta Didik Tidak Percaya Diri pasca Pandemi

Kesiswaan

Begini Proses Pembentukan Karakter

Kesiswaan

Mengenal Psikologi Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Kesiswaan

Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Siswa Disabilitas (ADiK)

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Kesiswaan

Begini Upaya Membangun Budaya Positif Pada Lingkungan Sekolah

Kesiswaan

Kuasai Tips Ini Agar Jago Public Speaking