Home / Kesiswaan

Rabu, 30 Maret 2022 - 21:58 WIB

Guru Dapat Mendorong Prestasi Siswa Melalui 5 Hal Ini

Guru memiliki peran penting dalam keberhasian belajar siswa di sekolah termasuk dalam hal mendorong prestasi siswa. Saat ini, kondisi pandemi memang tengah menyulitkan pembelajaran dan memunculkan berbagai masalah seperti learning loss. Namun, siswa dapat survive dan tetap dapat berprestasi apabila guru melakukan perannya dengan tepat.

Berikut ini 5 hal yang dapat guru lakukan untuk mendorong prestasi siswa.

Pertama, melakukan komunikasi dan kerja sama dengan orangtua. Komunikasi dan kerja sama dengan orangtua merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Melalui komunikasi tersebut guru dapat berdiskusi dan membahas kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa saat belajar di rumah. Guru juga dapat memperoleh informasi yang tepat tentang sifat dan perilaku siswa serta bagaimana cara memperlakukannya dengan benar.

Informasi ini, nantinya dapat digunakan guru untuk mengoptimalkan pembelajaran sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajar.

Kerja sama yang terjalin antara guru dengan orangtua pun akan dapat memudahkan guru dalam hal pemantauan belajar siswa. Saat di rumah, orangtua dapat melengkapi guru mengingatkan siswa untuk belajar, tidak bolos, serta membantu mendorong siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Kedua, memfasilitasi siswa untuk melakukan hal yang disukai. Guru perlu mengetahui apa yang disukai oleh siswanya. Hal ini akan membantu guru untuk dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dan mengarahkannya pada pencapaian prestasi.

Baca juga:   Membuat Suasana Belajar Lebih Kondusif dan Seru dengan Ice Breaking

Fasilitas yang diberikan tidak hanya dalam hal fasilitas fisik, namun juga dapat berupa mengikutsertakan siswa mengikuti lomba di bidang yang disukai. Selain itu, guru juga dapat menyarankan siswa untuk mengikuti klub atau komunitas sesuai minat siswa yang ada di sekolah maupun luar sekolah.

Ketika berada dalam kelas, guru juga dapat memberikan peran kepada siswa sesuai minatnya. Seperti misalnya, siswa yang suka public speaking dapat diminta sedikit menjelaskan mengenai materi tertentu. Atau siswa yang suka pelajaran berhitung dapat diminta membantu temannya yang tertinggal.

Ketiga, berilah motivasi, saran, dan pujian kepada siswa sesuai posrsinya. Setiap orang pasti mengalami masa semangat dan masa malas.  Guru perlu sesekali memberikan motivasi di sela-sela pengajaran.

Berilah motivasi yang relevan dengan apa yang dialami siswa. Namun hindari bercerita diluar konteks atau terlalu banyak bercerita yang malah dapat menyebabkan siswa jemu. Beri pula saran yang membangun bagi siswa. Guru dapat melibatkan siswa dalam hal ini.

Disamping itu, berilah juga kepada siswa sebuah pujian yang tulus untuk menghargai kerja kerasnya. Siswa akan lebih bersemangat dan termotivasi mencapai prestasi ketika ada hal yang dapat mereka dapatkan. Maka guru dapat memberikan reward atau hadiah bagi siswa yang berhasil mencapai hasil tertentu.

Baca juga:   Pengumuman Hasil SNMPTN 2022 : Cek Selengkapnya Di Sini!

Keempat, gunakan metode pembelajaran yang sesuai. Tidak dipungkiri bahwa penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, juga mempengaruhi keberhasilan belajar.

Apabila metode pembelajaran yang digunakan tepat dan siswa berhasil menyerap materi ynag disampaikan, maka bukan hal yang mustahil untuk siswa dapat mencapai prestasi belajar.

Oleh karena itu, guru perlu menyiapkan kira-kira metode pembelajaran  seperti apa yang paling cocok untuk diterapkan bagi siswa di kelasnya. Tentu setiap kelas dapat menggunakan metode yang berbeda.

Kelima, ciptakan lingkungan kelas yang nyaman. Kelebihan dari lingkungan kelas yang nyaman adalah membuat siswa betah berlama-lama dan melakukan banyak hal di kelas. Kelas yang nyaman juga berpotensi membuat siswa lebih mudah menyerap materi yang diajarkan guru.

Demikian 5 hal yang dapat guru lakukan untuk mendorong prestasi siswa. Pandemi bukan lagi halangan untuk siswa dapat berprestasi.

Anda ingin meningkatkan kompetensi dalam mengajar? Mari bergabung menjadi member e-guru.id. Dapatkan akses berbagai pelatihan guru setiap minggunya. Klik LINK INI untuk mendaftar.

Penulis: Agriantika Fallent

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

KIP Kuliah Merdeka : Cek Syarat dan Langkah Pendaftarannya

Kesiswaan

Melatih Siswa Berjiwa Tekun dan Pekerja Keras

Kesiswaan

Siap-siap Calon Mahasiswa, Pendaftaran SBMPTN UTBK 2022 Telah Dibuka. Ini Jadwal, Cara dan Syarat Pendaftarannya

Kesiswaan

Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengembangan Potensi Siswa
motivasi belajar

Kesiswaan

3 Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa!
Ranking

Kesiswaan

Ranking Itu Bukanlah Urutan Kecerdasan Seorang Murid di Dalam Kelas

Kesiswaan

Kepercayaan Diri Siswa : Pengertian, Aspek, Ciri dan Faktornya
tips membuat best practice

Kesiswaan

4 Kompetensi Ini Sangat Dibutuhkan Pada Abad 21