Home / Kesiswaan / Kurikulum

Jumat, 19 Agustus 2022 - 11:56 WIB

Mengenal Fitur Canva dan Cara Menggunakannya Dalam Pembelajaran

video pembelajaran

video pembelajaran

Adanya Canva for Education yang dikhususkan untuk membantu guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan fitur premium dari Canva membuat proses mengajar menjadi lebih efisien. Dengan ratusan ribu template gratis yang bisa dipakai, pembuatan desain untuk pembelajaran menjadi jauh lebih mudah.

Ada banyak sekali fitur Canva dimana tiap fiturnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan. Guru perlu mendalami dan mengenal fitur Canva yang ada agar bisa menghemat waktu dalam membuat materi atau tugas untuk siswa. Berikut beberapa fitur Canva yang bisa dipakai untuk sarana pembelajaran dan dapat diakses baik melalui web maupun aplikasi.

Mengenal Fitur Canva

  1. Elemen

Dalam Canva ada fitur yang dinamakan elemen. Elemen ini dari berbagi macam bentuk mulai dari yang sangat sederhana seperti macam-macam garis hingga berbagai macam gambar dan animasi dalam segala bentuk. Penggunaan elemen ini sangat membantu dalam membuat media belajar karena guru bisa menemukan desain yang diperlukan sesuai dengan materi yang diajarkan. Menariknya lagi, elemen yang ada di Canva bisa diedit sesuai kebutuhan misalnya mengubah ukuran dan warnanya.

  1. Template

Bagi pengajar yang tidak terlalu cakap membuat desain atau ingin menghemat waktu dalam membuat media belajar bisa menggunakan template yang sudah disediakan oleh Canva. Ada ratusan ribu template untuk berbagai macam kebutuhan seperti membuat poster, presentasi, lembar tugas dan masih banyak yang lainnya.

Dengan adanya template maka guru tinggal mengubah tulisan dan gambar yang ada sesuai dengan kebutuhan. Hanya dalam hitungan detik saja sebuah poster bisa diselesaikan jika menggunakan template Canva. Siapapun bisa membuat desain bahkan para guru yang tidak mengerti tentang desain sekalipun.

  1. Upload Foto

Jika ada foto khusus yang perlu dimasukkan ke dalam media pembelajaran, guru bisa dengan mudah memasukkan foto tersebut ke dalam template dengan menggunakan fitur upload foto yang ada dalam Canva. Menariknya fitur ini memudahkan pengguna menggunakan foto yang sama di lain waktu karena semua foto yang sudah di upload akan secara otomatis tersimpan sehingga pengguna tidak perlu upload ulang. Tentunya hal ini akan lebih menghemat waktu dan membuat proses mengajar lebih efisien.

  1. Foto

Selain elemen dan foto yang bisa di upload sendiri, Canva juga menyediakan banyak koleksi foto yang bisa dipakai untuk pembuatan media pembelajaran. Jadi tidak hanya elemen, guru juga bisa menggunakan foto untuk membuat media belajar menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

  1. Teks
Baca juga:   6 Hal Penting dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP

Setelah memilih foto beserta elemen, selanjutnya pengguna Canva akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan font untuk menulis teks pada media pembelajaran. Teks tersebut dapat dikreasikan gaya, warna serta ukurannya.

Dengan mengenal fitur Canva, guru bisa lebih memahami apa saja yang bisa dibuat menggunakan aplikasi tersebut. Beberapa media pembelajaran yang bisa dibuat dengan mudah menggunakan Canva diantaranya adalah:

  1. Presentasi

Sebagai seorang guru tentunya Anda sudah terbiasa dengan pembuatan presentasi sebagai media pembelajaran. Dengan menggunakan Canva, pembuatan setiap slide presentasi akan menjadi lebih menarik karena adanya elemen dan foto yang tersedia disana.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan video ke dalam slide presentasi. Video tersebut dapat diambil langsung dari aplikasi Canva atau Anda bisa menggunakan video sendiri maupun mengambilnya dari Youtube.

Menariknya lagi, presentasi yang sudah dibuat bisa langsung dibagikan kepada murid tanpa harus menunggu kelas dimulai. Fitur ini sangat berguna ketika guru sedang melakukan kelas online karena berhalangan hadir agar proses belajar tetap berjalan secara efektif.

  1. Video Pembelajaran

Siswa cenderung lebih tertarik dengan belajar melalu video daripada membaca buku. Guru bisa memanfaatkannya untuk membantu siswa memahami setiap materi yang ada dengan membuat video pembelajaran. Dengan Canva, pembuatan video menjadi jauh lebih mudah karena ada bangak stok foto dan animasi yang bisa dipakai

Menariknya lagi, jika Anda sedang tidak ada ide bentuk video seperti apa yang ingin dibuat, ada ratusan template video Canva yang bisa membantu mempermudah pembuatan video pembelajaran. Anda tinggal mengedit video agar isinya sesuai dengan materi yang ingin disampaikan.

  1. Gambar

Dengan Canva, membuat gambar bisa dilakukan dalam hitungan detik. Tinggal pilih template dan edit maka gambar yang dibutuhkan pun selesai. Editing biasanya meliputi penambahan tulisan, perubahan warna serta penggantian latar belakang. Anda tinggal memilih template gambar yang diinginkan kemudian edit sesuai keinginan.

  1. Cover E-Book

Membuat cover e-book juga bisa dilakukan melalui aplikasi Canva. Bahkan Anda bisa melihat referensi beberapa jenis cover dengan template yang ada. Ada banyak pilihan gambar, elemen dan teks yang bisa dipakai untuk membuat cover e-book menjadi lebih menarik dan sesuai dengan isinya.

  1. Brosur
Baca juga:   Ini Dia Tujuan dan Keunggulan Kurikulum Merdeka Bagi Guru dan Siswa

Jika brosur dikenal sebagai salah satu media iklan, brosur sebenarnya bisa diubah menjadi media pembelajaran yang menarik terlebih lagi jika Anda mengajar jurusan yang berkaitan dengan pemasaran. Guru bisa membuat contoh brosur agar siswa dapat membuat brosur versi mereka sendiri. Brosur juga bisa dipakai untuk membuat pengumuman tugas menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Modul

Modul sudah umum digunakan sebagai media pembelajaran hingga saat ini karena modul biasanya berisi tentang pembahasan materi serta evaluasi. Modul dapat dibuat menggunakan aplikasi Canva sehingga guru bisa lebih mudah memasukkan materi apa saja yang harua dikuasai siswa dalam rentang waktu tertentu serta bagaimana evaluasinya akan dilakukan.

Membuat modul menggunakan Canva jauh lebih mudah karena semua fitur yang ada. Guru bisa mendapatkan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan modul sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga.

  1. Leaflet

Selain brosur, leaflet juga bisa dipakai sebagai media pembelajaran. Leaflet dapat berisikan materi yang sedang dibahas sehinga siswa dapat mempelajarinya dengan semangat karena desainnya yang menarik. Bentuk leaflet yang bisa dilipat bisa memudahkan siswa membawanya kemanapun seolah-olah mereka tidak sedang membawa buku.

Itulah kenapa pentingnya mengenal fitur Canva. Jika dilihat lebih dalam, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika seorang guru menguasasi semua fitur Canva. Menyiapkan bahan mengajar tidak akan lagi menyita waktu karena semuanya bisa diselesaikan dalam hitungan menit.

Proses belajar pun jauh lebih menarik karena siswa dapat mempelajari materi tanpa harus terus menerus membaca buku. Guru bisa berkreasi dengan membuat presentasi, video pembelajaran, ataupun gambar yang menarik.

Dengan menggunakan Canva, guru bisa menjadi lebih kreatif dalam menuangkan ide dan gagasannya serta mampu membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Jika proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi siswa maka mereka pun akan jauh lebih mudah memahami pelajaran sehingga tujuan pembelajaran pun bisa tercapai. Oleh karena itu, mengenal fitur Canva bisa membawa banyak manfaat bagi guru terutama dalam memberikan kemudahan bagi siswa menerima pelajaran. Nah berikut beberapa fitur dan cara menggunakan dalam pembelajaran, selamat mencoba.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Kesiswaan

Cara Meningkatkan Kecerdasan Peserta Didik

Kesiswaan

Waspada! Kenali Gejala Kecanduan Gadget Pada Anak

Kesiswaan

6 Situs Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris
7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Kesiswaan

Tantrum di Kelas? Simak 6 Tips Mencegahnya

Kesiswaan

Pendaftaran SBMPTN 2022 Segera Dibuka : Cek Syarat, Jadwal, dan Biayanya

Kesiswaan

Strategi Meningkatkan Karakter Sopan Santun Siswa
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.