Home / Kurikulum

Minggu, 8 Januari 2023 - 23:55 WIB

Begini Cara Membuat Promes yang Benar

Ilustrasi membuat promes

Ilustrasi membuat promes

Salah satu tugas guru adalah merencanakan suatu persiapan belajar siswanya dalam bentuk program semester. Perencanaan tersebut berguna agar proses pembelajaran nantinya dapat berjalan dengan lancar dan minim kendala serta tujuan pembelajaran pun dapat tercapai. Lantas, bagaimana cara membuat promes yang benar? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini. 

Apa Itu Program Semester?

Promes atau program semester adalah salah satu bentuk perencanaan pembelajaran yang termasuk bagian dari program tahunan dan administrasi kegiatan pembelajaran. Promes memuat tentang gambaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk satu semester ke depan. 

Kegiatan-kegiatan yang ada dalam promes biasanya berupa pelaksanaan tatap muka, praktikum, ujian tengah semester, dan akhir semester, dan kegiatan lainnya. Artinya, promes berisi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan beserta dengan tujuan pembelajarannya.

Baca juga:   Cara Penyusunan Program Semester Kurikulum Merdeka

Kegunaan Promes

Penyusunan promes sebelum pelaksanaan kegiatan pembelajaran akan sangat membantu tugas guru dalam mengajar. Terlebih lagi apabila program tersebut tersusun dengan runtut dan rapi. Berikut kegunaan lain dari promes:

  • Promes sebagai dasar acuan untuk mengukur keefektifan proses pembelajaran.
  • Gambaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang tertuang dalam promes dapat memberikan arahan kepada guru untuk lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran agar sesuai dengan hasil yang diinginkan.
  • Promes berperan sebagai pedoman mengajar bagi guru agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar dan efektif.

Cara Membuat Promes

Promes yang baik adalah program semester yang tersusun dengan runtut, rapi, dan teratur. Pasalnya, pada dasarnya promes berperan sebagai acuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. 

Muatan dari promes berupa detail alokasi waktu untuk setiap topik materi dalam satu semester. Dari detail dalam satu semester tersebut dilakukan pengembangan lebih rinci menjadi alokasi waktu tiap minggu agar lebih terasa kegunaannya. Berikut cara membuat promes yang baik yang perlu dipahami.

Baca juga:   Tips Membuat Modul Ajar Kurikulum Merdeka

1. Penentuan Standar Kompetensi beserta Kompetensi Dasar.

Langkah awal dalam membuat promes yaitu menentukan SK dan KD yang ingin dicapai. SK dan KD ini dapat dipilih dari Standar Isi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terkecuali Muatan Lokal atau Mulok

2. Penentuan Alokasi Waktu.

Alokasi waktu berupa jumlah jam pelajaran dibagi berdasarkan tiap-tiap SK dan KD yang telah ditentukan tadi atau biasanya menyesuaikan dengan program tahunan yang telah disusun.

3. Penentuan Waktu Pelaksanaan Pembelajaran.

Setelah merumuskan jumlah jam pelajaran, dapat ditentukan rincian pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.

4. Pemberian catatan pelengkap (opsional).

Anda juga bisa menuliskan catatan berupa keterangan pada beberapa bagian yang memerlukan penjelasan lebih detail.

Itulah penjelasan seputar cara membuat promes yang benar. Kemampuan menyusun dan menetapkan rencana belajar bisa ditingkatkan dengan mengikuti beragam pelatihan, salah satunya pelatihan lewat e-guru.id, gurujuara.com, diklat.co.

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Akibat PTM Tak Konsisten, Pendidikan Indonesia Mengalami Penurunan Kualitas
Pendidikan

Kurikulum

Problematika Pendidikan di Indonesia yang Wajib Dibenahi
Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kurikulum

Mulai Juli 2022, Pancasila Menjadi Mapel Wajib di Sekolah

Kurikulum

Mengenal Kurikulum Paradigma Baru
jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Kurikulum

Dimensi dan Cara Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Tingkat PAUD

Kurikulum

Bukan Teori, Ini 5 Langkah Teknis Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) 2022 Bagi Guru di Sekolah
ilustrasi seleksi PPPK

Kurikulum

Apa yang Dimaksud Kurikulum Merdeka tentang Literasi, Numerasi dan Profil Pelajar Pancasila ?

Kurikulum

Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila