Home / Kurikulum

Rabu, 9 November 2022 - 15:33 WIB

Dimensi dan Cara Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Tingkat PAUD

Kurikulum Merdeka digadang – gadang menjadi sebuah kurikulum yang akan mampu mewujudkan output Profil Pelajar Pancasila untuk menyongsong gold generation.

Dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, negeri akan bersiap siaga untuk mewujudkan beragam upaya untuk menjadikan para pelajar dapat menanam kepribadian berdasar nilai – nilai yang ada dalam Pancasila.

Tentu saja hal ini tak mudah. Perlu adanya sinergitas dari lingkungan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Selain itu, pemerintah berusaha melakukan sosialisasi agar program Profil Pelajar Pancasila dapat terwujud dalam berbagai jenjang bahkan sejak jenjang PAUD.

Saking pentingnya maka dari itu, pemerintah memberikan seperangkat panduan dalam penyusunan projek Profil Pelajar Pancasila.

Mekanisme Pengembangan Dimensi Profil Pelajar Pancasila di Tingkat PAUD

Dalam pengembangannya, terdapat enam hal dasar yang menjadi acuannya. Dimensi tersebut terdiri dari aspek keimanan pada tuhan Yang Maha Esa dan memiliki akhlak mulia, kemandirian, pemikiran atau bernalar kritis, kebhinnekaan global, kreatif serta gotong royong. Dalam pelaksanaannya, di tingkat PAUD, tentu tidak diajarkan sedetail mungkin dan terpisah.

Baca juga:   Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Namun keenam dimensi tersebut akan diintegrasikan dalam konten CP alias Capaian Pembelajaran dan adanya muatan pembelajaran dalam KOS (Kurikulum Operasional Sekolah).

Harapannya agar peserta didik sudah memiliki landasan dasar nilai – nilai Pancasila sebelum memasuki jenjang lebih tinggi yakni pendidikan dasar.

Sinergitas antara Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran tentu memiliki aspek keterkaitan yang sangat erat. Misal, capaian pembelajaran pada nilai agama berkaitan erat dengan dimensi pelajar pancasila yakni berimandan bertakwa pada TYME.

Adapun rancangannya harus disesuaikan dengan pemberian stimulasi agar peserta didik dapat mengenal dan memahami agama masing – masing serta mempelajari cara peribadatannya.

Sementara itu, bentuk perwujudan dari berkebhinnekaan global, mandiri dan gotong royong akan selalu diupayakan para pendidik dalam program pengembangan pada pembelajaran.

Sedangkan bentuk implementasi dari aspek nalar kritis serta kreatif akan dirangsang dari elemen – elemen yang terbentuk di CP pada aspek literasi serta STEAM.

Baca juga:   Kenali P5 dahulu sebelum menerapkan kepada siswa

Mekanisme Pelaksanaan Program Profil Pelajar Pancasila

Pelaksanaan program pelajar pancasila dapat diterapkan dengan adanya pembelajaran berdasar projek alias project-based learning.

Di tingkat PAUD sendiri, projek tersebut akan disesuaikan dengan karakteristik dan level perkembangan peserta didik.

Biasanya projek tersebut akan diwujudkan dalam bentuk beberama projek yang bertema yakni tema “aku sayang bumi”, “bermain dan bekerja sama”, aku cinta indonesia”,  dan “imajinasiku”.

Jika melihat tema diatas, tentu masih terbilang sangat umum sehingga para pendidik PAUD dapat melakukan beberapa kreasi maupun inovasi dalam beberapa topik agar tema masih tetap menarik bagi para peserta didik tingkat PAUD.

Nah demikian ulasan mengenai dimensi Profil Pelajar Pancasila dan beberapa penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Strategi Penyusunan Buku Diktat

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa

Kurikulum

6 Hal Penting dalam Penerapan Kurikulum Merdeka SMP

Kesiswaan

Materi Pendidikan Anti Korupsi

Kurikulum

Penerapan Kurikulum Merdeka Bisa Dilakukan Secara Mandiri, Begini Caranya!

Kurikulum

Mudahnya Mendapatkan Ribuan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Secara Gratis, Begini Caranya!

Kesiswaan

Terapkan Kegiatan Ini untuk Proyek P5 Jenjang SD

Kurikulum

Cara Mengapresiasi Hasil Pembelajaran Projek Siswa dalam Kurikulum Merdeka
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.