Home / Kurikulum

Selasa, 16 Agustus 2022 - 19:47 WIB

5 Manfaat Terbaik Program Merdeka Belajar Bagi Pendidik

Merdeka belajar merupakan salah satu program pembelajaran yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun pembelajaran ini.  Tujuan utama adalah  membawa perubahan yang signifikan terhadap proses pendidikan di Indonesia.

Program pembelajaran yang paling baru ini merupakan salah satu upaya untuk mendobrak sistem pembelajaran di Indonesia. Karena masyarakat menilai bahwa  sistem pendidikan di Indonesia dirasa terlalu penuh dengan tuntutan kompetensi yang tidak diperlukan semua oleh siswa.

Tentunya perubahan ini akan sangat mempengaruhi mereka yang langsung terlibat di dalamnya. Terutama para guru yang setiap hari berinteraksi dengan para siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. Sehingga seyogyanya  program ini tidak hanya menguntungkan siswa tetapi juga membawa pengaruh positif bagi guru.

Tujuan Utama Program Merdeka Belajar

Perkembangan teknologi tidak dapat dibendung lagi termasuk derasnya arus informasi yang dapat dengan mudah diakses oleh siapapun. Oleh karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa bahwa perlu adanya pendobrak bagi sistem pendidikan di Indonesia.

Sebab Salah satu tujuan pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik agar dapat menjadi manusia yang memiliki kapasitas untuk menghadapi masa depan. Sehingga keseluruhan keberhasilan pendidikan di Indonesia akan sangat bergantung bagaimana cara generasi muda tersebut kini belajar.

Oleh karena faktor perkembangan teknologi, maka salah satu yang mendukung hal tersebut adalah atmosfer kemerdekaan belajar. Sesuatu yang amat langka dinikmati oleh para guru dan siswa. Dengan adanya program ini, maka pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan kemampuannya untuk mencapai perkembangan optimal.

Sehingga secara garis besar maka merdeka belajar memiliki tujuan yang sangat positif bagi seluruh personel yang terlibat dalam proses pembelajaran.  Tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Setiap orang yang terlibat didalamnya memiliki kebebasan untuk berinovasi demi mengembangkan kualitas pembelajaran
  2. Guru dituntut untuk belajar kreatif agar mampu memberikan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa
  3. Siswa diberi kesempatan untuk belajar secara mandiri untuk memperoleh berbagai macam informasi untuk mendukung proses pembelajarannya
  4. Setiap unit pendidikan berhak untuk mengelaborasi setiap faktor yang akan mendukung proses pembelajaran di kelas
  5. Adanya penghargaan keberagaman yang ada  dalam sistem pendidikan

Manfaat Program Merdeka Belajar Bagi Pendidik

Pendidik merupakan ujung tombak kesuksesan bagi proses pembelajaran.  Oleh karena itu profesi ini harus sungguh diperhatikan dengan cara memberikan keluasan berinovasi untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran.  Hal itulah yang akan diberikan oleh program merdeka belajar.

Baca juga:   Apa yang Dimaksud Kurikulum Merdeka tentang Literasi, Numerasi dan Profil Pelajar Pancasila ?

Lalu dengan adanya merdeka belajar,  apakah guru mendapatkan keuntungan yang signifikan untuk meningkatkan kualitas diri serta model pembelajarannya? Tentu saja. Memang hal tersebut yang diharapkan dengan adanya program ini. Simak berbagai macam benefit yang akan diperoleh pendidik ketika menerapkannya.

Beban Administrasi Guru Berkurang

Salah satu yang menjadi tanggung jawab para guru setiap awal tahun pembelajaran adalah dengan menyiapkan berbagai administrasi pembelajaran pada tahun berjalan. Bagi kebanyakan guru hal ini dianggap tidak mudah terutama bagi mereka yang mengampu banyak pelajaran dengan rombongan belajar yang berbeda.

Persiapan administrasi juga dianggap berat. Sebab banyak guru di Indonesia yang mengampu berbagai mata pelajaran, walaupun dalam kelas yang sama.  Sehingga proses administrasi mata pelajaran akan menjadi beban karena perlu dipersiapkan dalam satu waktu. Mulai dari kalender pendidikan hingga post test.

Oleh karenanya dengan program merdeka belajar ini,  maka guru diharapkan dapat dengan bebas mengajar siswa sesuai dengan minat dan bakat mereka.  Juga karena pembebasan tugas administrasi ya memang memberatkan dan adanya kekuasaan dari tekanan intimidasi lembaga dan pemangku kebijakan.

Terlebih dengan adanya penyederhanaan rencana pembelajaran yang lebih dikenal sebagai RPP. Sehingga guru akan fokus untuk mengembangkan tiga komponen yang ada di dalamnya yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan belajar serta asesmen yang perlu dilakukan secara berkala.

Mendorong Guru Untuk Lebih Kreatif dan Inovatif

Dengan adanya penerapan program merdeka belajar, maka guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Caranya adalah dengan memberikan kebebasan untuk memanfaatkan apapun guna meningkatkan kualitas pembelajarannya.  Tidak hanya fasilitas di sekolah tetapi juga lingkungan yang berada di sekitarnya.

Guru pun dapat memanfaatkan berbagai macam aplikasi yang banyak diciptakan untuk mendukung proses pembelajaran pada saat pandemi ini.  Sehingga nantinya ketika sudah bertatap muka seperti sebelum pandemi tidak hanya menguasai Zoom meeting atau Google classroom saja.

Pasalnya, ada banyak aplikasi yang dapat membantu guru untuk meningkatkan proses pembelajaran. Antara lain kamus bahasa Inggris online,  berbagai macam thesaurus,  aplikasi pendidikan,  video pada Youtube channel dan lain sebagainya. Sepanjang berkenaan dengan pembelajarannya, maka dapat dipertimbangkan manfaatnya.

Guru pun dapat mengajak setiap orang untuk terlibat di dalam pembelajaran.  Misalnya membawa orang tua yang berkenan untuk hadir di kelas memberikan informasi tentang materi ajar atau tokoh masyarakat yang berada di lingkungan sekolah tersebut.  Dengan demikian siswa memperoleh pandangan baru tentang kompetensi yang perlu dikuasai.

Baca juga:   Cara Mengapresiasi Hasil Pembelajaran Projek Siswa dalam Kurikulum Merdeka

Terjadinya Peningkatan kompetensi Guru

Dengan adanya kebebasan melakukan proses pembelajaran secara kreatif dan inovatif, mau tidak mau guru dipaksa untuk melakukan untuk selalu belajar demi meningkatkan kompetensinya. Mulai dari hal yang sederhana yaitu mencari sumber belajar yang shahih, atau menggunakan metode pembelajaran yang berbeda.

Secara tidak langsung, guru juga diberikan kesempatan untuk mempertajam kemampuan pedagogik. Salah satunya adalah dengan melibatkan siswa dalam menggali proses pembelajaran agar mendapatkan informasi yang lebih tepat untuk mengembangkan kompetensi dirinya dan siswa.

Guru Lebih Bebas Untuk Mengarahkan Proses Pembelajaran

Dengan adanya program merdeka belajar ini maka guru memiliki kebebasan untuk mengarahkan proses pembelajaran sesuai dengan minat dan bakat siswa.  Ia akan mampu memetakan kompetensi apa yang diperlukan agar kemampuan peserta didiknya berkembang secara optimal.

Salah satunya adalah dengan mengeksplorasi berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam setiap kegiatan belajar.  Atau melibatkan siswa dalam setiap proses pembelajaran untuk melakukan eksplorasi yang sama terhadap bahan ajar. Antara lain memilih kelompok sendiri, melakukan demonstrasi di depan  kelas .

Guru Lebih Mengenal Siswanya

Dengan adanya kebebasan ini maka guru akan lebih mengenal siswanya secara mendalam.  Karena pada proses pembelajaran ini yang difokuskan adalah bagaimana menggali minat dan bakat peserta didik agar lebih berkembang secara optimal.  sehingga perlu adanya pemetaan yang tepat untuk hal.

Dengan adanya pemetaan tersebut, maka guru akan lebih mampu mengetahui bagian mana yang menjadi kelebihan bagi siswa dan cara untuk mempertajamnya.  Pendidik juga akan mengenali kelemahan siswa dan membantu untuk meningkatkan kemampuannya agar lebih berkompetensi.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa program merdeka belajar ini memiliki pengaruh yang besar terhadap guru. Oleh karenanya jangan sia-siakan kesempatan ini agar dapat menjadi guru masa depan yang mampu mendampingi peserta didik meningkatkan kemampuan kompetensinya.

Dengan adanya program merdeka belajar ini maka secara tidak langsung guru pun akan memperoleh banyak manfaat.  Salah satunya adalah dengan adanya peningkatan kualitas diri. Terutama dalam berbagai bidang ilmu serta inovasi pengembangan model pembelajaran yang dilakukan di kelas.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini

Kurikulum

Cara Mendesain Projek Tahap Awal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pendidikan

Kurikulum

Problematika Pendidikan di Indonesia yang Wajib Dibenahi

Kurikulum

Kurikulum Baru Merdeka Belajar

Kurikulum

Pembelajaran Berdiferensiasi : Pengertian, Karakteristik dan Strategi Pembelajaran

Guru Honorer

Pendaftaran Guru Penggerak Dibuka Kembali, Begini Cara Mendaftarnya

Kesiswaan

Cara Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik
motivasi belajar

Kurikulum

Manfaat Pelaksanaan Projek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.