Home / Kurikulum

Minggu, 17 Juli 2022 - 00:59 WIB

Fitur Platform Merdeka Mengajar dan Cara Menggunakannya

Platform Merdeka Mengajar merupakan suatu platform teknologi yang mana khusus disediakan untuk para pendidik khususnya untuk meningkatkan diri menjadi penggerak dalam serangkaian proses baik mengajar, berkarya dan belajar.

Paltform ini sengaja dibangun agar proses manifestasi Kurikulum Merdeka dapat terwujud dengan baik. Selain itu, platform ini dapat memudahkan guru untuk menambah referensi, inspirasi maupun pemahaman untuk kesempurnaan terwujudnya Kurikulum Merdeka.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mengunduh aplikasi Merdeka Mengajar di Play Store. Aplikasi ini sudah bisa digunakan pada smartphone yang berbasis android versi 5 dan tingkatan atas. Aplikasi dalam genggaman dapat memberikan kenyamanan dan bisa digunakan dimanapun.

Namun, bagi Anda yang kesulitan atau barangkali kehabisan ruang untuk menginstal aplikasinya, Anda dapat mengunjunginya lewat website. Website yang bisa diketikkan yakni —-https://guru.kemdikbud.go.id//

Pada platform Merdeka Mengajar, Anda dapat menemukan beberapa produk pengembangan yang sudah dirancang dan didesain sendiri oleh para pengembang profesional.

Para pengembangnya tentu sudah mengetahui secara mendalam seluk beluk dan permasalahan sosial dunia pendidikan.

Adapun beberapa fitur yang bisa digunakan oleh para praktisi pendidikan dikategorikan berdasar manfaat sehingga terdiri dari beberapa produk. Di antaranya yakni sebagai berikut :

A. Produk Pengembangan Guru

Produk dalam aplikasi Merdeka Mengajar terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama yakni produk pengembangan guru.

Video Inspirasi

Pertama, produk yang banyak diperkenalkan dalam platform Merdeka Mengajar yakni berupa video inspirasi. Video inspirasi merupakan sebuah wadah yang banyak diisi dengan video penuh inspirasi dan dibuat sendiri oleh Kemendikbudristek serta jajaran para ahli pendidikan.

Produk ini bertujuan untuk menjadi daftar rujukan alias referensi pada proses peningkatan kompetensi pedagogik dan aspek lainnya terutama pengembangan intelektual peserta didik.

Selain itu, unggahan video juga dapat menjadi wadah untuk menyalurkan bakat serta potensi guru penggerak. Sehingga kegiatan guru akan lebih bervariasi dibandingkan mengajar dan mengurus administrasi kelas.

Jika Anda masih pemula, pembuatan videonya tidak harus terlalu kompleks. Usahakan Anda mencari referensi sebanyak – banyaknya sebelum mendaftarkan diri menjadi kontributor aktif di bagian pengembangan produk video inspirasi.

Pelatihan Mandiri

Pelatihan mandiri merupakan suatu wadah untuk membuat berbagai produk berupa pelatihan yang dapat diwujudkan secara singkat supaya Anda dapat dengan mudah mewujudkannya secara mandiri dimanapun dan kapanpun.

Baca juga:   Cara Mendesain Projek Tahap Awal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Untuk informasi lebih lanjutnya, Anda dapat mengakses laman website resmi merdeka mengajar yang berkaitan.

Produk Bukti Karya

Produk selanjutnya yakni berupa bukti karya. Produk ini berkaitan dengan sebuah wadah dalam pembuatan dokumentasi pada karya agar dapat tergambar serangkaian kompetensi, kinerja, segudang prestasi yang menjadi target selama di lembaga pendidikan.

B.    Produk Kegiatan Belajar Mengajar

Selain kategori pengembangan guru, terdapat produk berupa serangkaian kegiatan belajar mengajar. Beberapa diantaranya yakni :

Kegiatan Asesmen Murid

Kegiatan pertama yang dapat diwujudkan menjadi sebuah produk oleh para guru yakni kegiatan berupa pembuatan asesmen murid. Asesmen merupakan suatu kumpulan wadah penilaian diagnostik berdasar fase serta mata pelajaran tertentu.

Penilaian ini bertujuan untuk menggali informasi dari serangkaian proses pembelajaran yang dilakukan peserta didik selama di kelas.

Agar Anda dapat membuatnya dengan mudah, coba perhatikan beberapa referensi yang sudah diterbitkan terlebih dahulu di laman resmi Merdeka Mengajar.

Kegiatan Pembuatan Perangkat Ajar

Selain asesmen, Anda juga dapat menggunakan beragam materi ajar guna memberikan dukungan pada kegiatan belajar mengajar. Beberapa perangkat ajar yang bisa dibuat misalnya dengan membuat buku teks, modul ajar dan modul proyek.

Mengapa Platform Merdeka Mengajar Diperlukan?

Pada dasarnya, sebagian besar pendidik sudah banyak menggunakan aplikasi merdeka mengajar dan memberikan testimoni yang positif.

Hal ini sejajar dengan beberapa pernyataan dari para pakar pendidikan mengenai pentingnya kehadiran platform Merdeka Mengajar.

Salah satu yang membedakannya dengan platform lain yakni untuk menghindarkan dunia pendidikan negeri dari konsep “reinventing the wheel”. Konsep ini dimaknai dengan bagaimana sesuatu menduplikasi hal yang sudah ada.

Misalnya, jika setiap tahun seorang guru membuat modul belajar kelas 7, maka ketika terdapat guru baru, biasanya terdapat pengulangan dalam pembuatan modul.

Menurut Anda, perlukah membuat dan mengulang kembali sesuatu yang sudah ada? Idealnya, alih – alih mengulanginya, lebih baik Anda meningkatkan kualitasnya.

Nah, konsep inilah yang dibangun menjadi paradigma dari kehadiran platform Merdeka Mengajar. Platform tersebut mengusung adanya penerapan Knowledge Management System (KMS). Adapaun beberapa fakta mengenai KMS yakni :

Pertama, KMS sederhananya merupakan sebuah software yang dapat dipergunakan untuk wadah penyimpanan pengetahuan pada suatu organsiasi. Tujuannya yakni agar terjadi peningkatan pada aspek produktivitas karyawan di masa yang akan datang.

Baca juga:   Cara Mengatasi Masalah Pembelajaran pada Peserta Didik

Sebagai contoh, apabila Anda adalah seorang guru baru yang memerlukan banyak referensi mengenai pembelajaran di mapel tertentu, Anda dapat mengakses ribuan file. Setelah itu, Anda dapat mengunduhnya dan menggunakan file tersebut.

Sangat mudah dan efektif bukan? Anda pun tidak akan kehilangan banyak waktu untuk memikirkannya terlalu lama.

Sebab Anda dapat melakukan modifikasi pada penyusunan rancangan pembelajaran maupun lesson plan. Bahkan Anda juga mencari referensi mengenai LKPD yang diperuntukkan bagi peserta didik.

Kedua, KMS tidak harus dibuat secara khusus oleh para guru. jika Anda masih pemula dan belum memahaminya, Anda bisa bekerjasama dengan guru IT maupun teman – teman yang memiliki passion di bidang tersebut.

Di awal, Anda bisa membuatnya secara sederhana. Tidak perlu terlalu rumit dan kompleks sebab pembuatannya juga membutuhkan waktu dan biaya yang tak sedikit.

Di era digital seperti sekarang, sangat penting sebenarnya bagi tiap satuan pendidikan berusaha untuk memiliki KMS lokal masing – masing.

Hal ini akan memungkinkan para guru untuk bisa mengakses beragam referensi terkait Kurikulum Merdeka dan materi pembelajarannya.

Ketiga, KMS dapat memudahkan para guru untuk melakukan pembelajaran dan menyiapkan dokumen administrasinya.

Kendati tugas utama Anda mengajar, menyiapkan administrasi bagi satuan pendidikan secara optimal sangatlah penting. Sebab ini akan menjadi penilaian kinerja dalam satuan pendidikan tempat Anda bernaung.

Platform tersebut tentu sudah didesain secara resmi untuk bisa ramah dengan teknologi sehingga para pengguna akan nyaman baik dari sisi user interface serta warna penggunaan tampailannya.

Dalam dunia pendidikan, penting bagi para praktisi maupun pengamat pendidikan turut berperan dalam pengembangannya. Salah satu unsur pembaharuan yang perlu dikaji yakni terkait kehadiran platform Merdeka Mengajar.

Platform tersebut menjadi salah satu terobosan dalam dunia pendidikan yang patut dijadikan referensi bagi pembuatan teknologi serupa baik di suatu lembaga pendidikan maupun organisasi perusahaan dan komunitas.

Nah, demikian ulasan mengenai platform Merdeka Mengajar yang dapat memudahkan para guru dan peserta didik untuk belajar lebih akurat lagi.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Materi Pendidikan Anti Korupsi

Kurikulum

Mudahnya Mendapatkan Ribuan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Secara Gratis, Begini Caranya!

Kurikulum

Mari Mengenal Kurikulum Paradigma Baru untuk Pendidikan Indonesia

Kurikulum

Cara Penerapan Projek Kurikulum Merdeka Tema “Aku Sayang Bumi” di Tingkat PAUD

Kurikulum

Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Dalam Kurikulum 2022 Untuk Jenjang SMK Pusat Keunggulan
cara penilaian kurikulum merdeka

Kurikulum

Cara Penilaian Kurikulum Merdeka yang Perlu Diketahui

Kurikulum

Tema Projek PAUD dan Panduan Penerapan Program Profil Pancasila

Kesiswaan

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar