Home / News

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:25 WIB

Tahap dan Tujuan Seleksi CPNS PPPK Guru 2024

Seleksi untuk rekrutmen CPNS dan PPPK Guru di tahun 2024 ini akan kembali dibuka. Tujuan dari dibukanya seleksi tersebut adalah untuk mendorong kesejahteraan para guru dan dosen di Indonesia.

Kapan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK Guru tahun 2024 ini dibuka diperkirakan akan dilakukan pada pekan ketiga pada bulan Maret mendatang yang akan dibagi menjadi tiga periode.

Terkait teknis pendaftaran dan jumlah formasi masih sedang dibahas oleh pihak-pihak yang berwenang di antaranya adalah Kementerian Pendidikan (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPANRB).

Sementara itu, Kemendikbud Ristek dan KemenPANRB baru saja bertemu untuk membahas hal tersebut.

Selain membahas isu kesejahteraan guru dan dosen, juga dibahas terkait teknis peningkatan karier yang tidak rumit bagi para pendidik tersebut. Salah satu yang akan dilakukan adalah akan menggelar seleksi Aparatur Sipil Negara PNS dan juga PPPK yang mudah diikuti oleh para guru dan dosen.

Sebelum dilakukan pengangkatan guru dan dosen secara nasional tersebut dilakukan, kedua pihak antara Kemendikbud Ristek dan KemenPANRB telah bertemu secara intens dalam beberapa hari terakhir.

Dalam pertemuan tersebut, Abdullah Azwar Anas selaku Menteri di KemenPANRB mengungkapkan bahwa ia telah bertemu dengan Nadiem Anwar Makarim selaku Kemendikbud Ristek untuk membahas kesejahteraan para guru dan dosen.

“Hari ini dengan Pak Nadiem membicarakan bagaimana pemenuhan ASN guru dan dosen. Kita juga bahas terkait karier guru dan dosen agar ke depannya jauh lebih menjanjikan, jelas, dan tidak rumit,” demikian ucap Anas yang dikutip dari laman resmi KemenPANRB pada hari Senin (26/02/2024).

Baca juga:   THR dan Gaji ke-13 PNS Naik 8 Persen, Intip Besarannya

Jika melihat kondisi para guru dan dosen saat ini memang masih banyak guru dan dosen yang belum sejahtera. Oleh sebab itu, dalam proses seleksi calon CASN 2024 pemenuhan kebutuhan guru dan dosen menjadi prioritas utama.

Sejak tahun 2020, pemerintah memang sedang gencar melakukan pengangkatan guru dan dosen sebagai ASN. Hal itu dilakukan untuk memenuhi target satu juta guru profesional di seluruh Indonesia.

Meskipun saat ini belum terpenuhi secara total, namun diusahakan target tersebut akan rampung pada akhir 2024. Oleh sebab itu, pengangkatan guru dan dosen sebagai ASN kembali menjadi prioritas utama tahun ini.

Di dalam melakukan pemenuhan satu juta guru tersebut memang tidak mudah dilakukan. Sehingga pihak pemerintah harus melakukan terobosan-terobosan agar target yang ditentukan dapat terpenuhi.

Dari usaha yang dilakukan tersebut dikatakan telah menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Jika di tahun-tahun sebelumnya keterisian formasi guru hanya 58 persen, baru-baru ini keterisian tersebut dapat mencapai 78 persen.

Semua itu dilakukan tidak lepas dari upaya pemerintah di dalam mendorong kesejahteraan guru dan dosen.

“Kita ulik berbagai masukan-masukan untuk mengelola ASN kita terutama guru dan dosen di Indonesia, termasuk bagaimana agar karier dan kesejahteraan mereka terjamin,” ucap Nadiem.

Jadwal Seleksi CASN dan PPPK Guru 2024

Bagi para guru atau dosen yang ingin mengikuti seleksi tersebut, mulai saat ini bisa memantau jadwal seleksi CASN dab PPPK. Yang pasti, tahun ini seleksi tersebut akan kembali dibuka.

Baca juga:   Guru Wajib Paham! Inilah Fungsi Dapodik dan Jenisnya

Seleksi CASN tahun ini akan menggunakan skema tiga periode dalam seleksi.

Meski demikian, bukan berarti, peserta wajib mengikuti seleksi di tiga periode tersebut dan harus tiga kali lulus. Pembagian periode tersebut hanya untuk memudahkan proses seleksi seja.

Berikut ini adalah pembagian periode seleksi CASN 2024:

– Periode 1 akan dilakukan pada pekan ketiga pada bulan Maret 2024 yang meliputi tahap pengumuman, seleksi administrasi dan seleksi kedinasan.

– Periode 2 akan dilaksanakan pada bulan Juni 2025 yang meliputi tahap pengumuman, seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

– Periode 3 akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 yang meliputi Pengumuman, seleksi administrasi CPNS dan PPPK.

Bagi calon peserta bisa memilih di antara periodisasi tersebut di mana dalam satu periode mencakup tiga kali tes.

Nah, itulah tahap seleksi CASN dan PPPK Guru 2024 yang akan berlangsung sebentar lagi. Bagi yang berminat mengikuti seleksi tersebut, dapat segera menyiapkan diri.

Diharapkan setelah dilakukan pengangkatan guru secara masif tersebut, banyak guru atau dosen yang kemudian kesejahteraan hidupnya dapat meningkat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

kelebihan dan kekurangan quizizz

News

Mulai Juli 2022 Wajib Lakukan Pemutakhiran Data Akun Belajar.id

News

Cara Menyusun Rubrik Penilaian bagi Guru Pemula

News

Cara Menjadi Guru Abad 21, Apa yang Harus Dilakukan?

Kesiswaan

Cara Mendapatkan Beasiswa untuk Siswa Disabilitas (ADiK)

News

Inilah Tanggal Pencairan THR bagi Guru dan Dosen 2024

News

Fokus Pada 3 Kategori, Berikut Pelamar Prioritas PPPK Guru 2024

News

Buruan Daftar, PEMDA Siapkan 400 Lowongan Guru Dan PPPK 2024

News

Catat Tanggalnya! Awal Ramadan 2024 Nanti Bakal Ada Libur Panjang