Home / Kesiswaan / Kurikulum

Rabu, 14 September 2022 - 22:22 WIB

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar

Happy kids at elementary school

Happy kids at elementary school

Gaya belajar siswa – Dalam proses pembelajaran di dalam kelas, masing-masing siswa pasti memiliki karakteristik dan cara memahami materi yang berbeda. Sehingga bagi seorang guru harus bisa menentukan strategi pembelajaran yang paling tepat. Dalam dunia pendidikan mengenal kecerdasan majemuk atau memiliki nama lain multiple intelligence. Menurut Howard Gardner seorang tokoh pendidikan “setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda sehingga hal ini mempengaruhi gaya belajar siswa”. Gaya belajar ini mempengaruhi tingkat pemahaman setiap siswa di dalam kelas. Setidaknya terdapat 7 jenis gaya belajar yang dapat dipahami bersama.

Jenis gaya belajar siswa

Tidak hanya guru, orang tua pun harus mengerti jenis gaya belajar. Sehingga dapat membantu putra-putri nya dalam memahami setiap ilmu baik dalam sekolah atau luar sekolah. Berikut 7 jenis gaya belajar yang wajib dipahami.

1. Lingusitik (Verbal)

Siswa yang memiliki gaya belajar linguistik ini lebih menyukai belajar dengan menggunakan rangkaian kata-kata. Di samping itu juga siswa lebih merasa nyaman dengan banyak membaca buku, berbicara dan merangkai permainan kata seperti puisi atau pantun.

Agar membantu siswa dengan gaya belajar ini, strategi yang paling efektif adalah menggunakan teknik mnemonic dan membuat akronim dalam setiap pembelajaran. Di lain sisi guru juga dapat meminta siswa untuk mengulang materi pelajaran dengan membacakan nya secara lantang.

Baca juga:   Kurikulum 2022, Paradigma Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Prototipe

2. Physical (Kinesthetic)

Gaya belajar ini mempengaruhi siswa untuk lebih mengerti pelajaran dengan cara melibatkan kegiatan fisik. Sehingga siswa harus benar-benar mengalami sesuatu secara langsung agar dapat memahami hal atau pembelajaran tersebut.

Bagi seorang guru dapat merancang kegiatan pembelajaran dengan lebih memfokuskan pada pembelajaran yang melakukan eksperimen. Sebagai contoh nya adalah menggunakan alat peraga dalam kegiatan belajar.

3. Visual (spasial)

Siswa dengan gaya belajar ini memiliki kecenderungan belajar menggunakan gambar, kombinasi warna, grafik dan imajinasi visual. siswa seperti ini mudah dalam membaca peta atau mengikuti instruksi bergambar.

Untuk itu guru harus menyiapkan media belajar yang cocok dengan menggunakan media mindmap, infografis atau video pembelajaran.

4. Audio

Siswa lebih mudah memahami sesuatu dengan bersumber dari suara, baik berupa penjelasan guru, pidato atau rekaman suara. Siswa seperti ini lebih senang mendengarkan materi di dalam kelas atau mendengarkan audio book.

Guru perlu mempersiapkan materi berupa rekaman suara atau membuat musikalisasi materi pembelajaran agar dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran.

5. Sosial (Interpersonal)

Siswa dengan gaya belajar ini memiliki kemampuan sosial yang baik. Siswa mampu berkomunikasi secara verbal atau tulisan. Mereka akan merasa nyaman ketika berdiskusi bersama guru maupun teman sekelas nya.

Baca juga:   Siswa Perlu Bersiap, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka Bulan April

Sehingga guru perlu membentuk kelompok belajar ketika memberikan materi di dalam kelas. Dengan demikian siswa seperti ini akan memiliki tempat untuk berdiskusi dan mengutarakan pendapatnya.

6. Intrapersonal

Kebalikan dari siswa Interpersonal, siswa dengan gaya belajar ini lebih suka belajar dalam keadaan yang sepi dan melakukan hal secara sendirian. Dengan kata lain, siswa dengan tipe seperti ini akan lebih nyaman ketika belajar di dalam ruangan sendirian.

Seorang guru perlu memberikan waktu untuk silent reading atau dapat memberikan project secara individual.

7. Logical (Mathematical)

Seorang siswa akan lebih cepat menyadari suatu bentuk pola. Mereka lebih cepat memahami sesuatu dengan menyambungkan berbagai detail dan menyusun nya secara terorganisir, seperti bermain puzzle

Sehingga guru dapat memberikan pelajaran yang bersifat problem solving skill dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas.

 

Nah, itulah 7 jenis gaya belajar yang wajib guru pahami. Agar siswa merasa nyaman dan senang ketika melakukan pembelajaran di dalam kelas.

Ikutilah pelatihan “Memahami Gaya Belajar Peserta Didik & Implementasi dalam Pembelajaran” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

 

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

 

(muf/muf)

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Kesiswaan

Materi MPLS Pendidikan Karakter tahun 2022

Kesiswaan

Akibat PTM Tak Konsisten, Pendidikan Indonesia Mengalami Penurunan Kualitas
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Kurikulum

Tips Belajar Bahasa Indonesia Menjadi Menarik dan Menyenangkan

Kesiswaan

Guru Wajib Tau, Apa itu Konsep Diri Dan Ciri-Cirinya

Kurikulum

10 Panduan Lengkap Terkait Kurikulum Merdeka yang Wajib Guru Miliki
ice breaking games di kelas

Kurikulum

Cara Mengapresiasi Hasil Pembelajaran Projek Siswa dalam Kurikulum Merdeka