Home / Guru Honorer / Kenaikan Pangkat / News

Rabu, 14 September 2022 - 11:26 WIB

Seleksi PPG Prajabatan punya dua kesempatan. Ini penjelasan Kemendikbudristek

Seleksi PPG Prajabatan – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek telah membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022. Dimana pendaftaran seleksi PPG Prajabatan ini yang akan tutup pada tanggal 26 September 2022 nanti. Belum genap penutupan pendaftaran, Kemendikbudristek menjelaskan bahwa dengan program ini memberikan kesempatan kedua bagi pendaftar gelombang pertama yang belum lolos. Sehingga seorang calon mahasiswa Prajabatan tersebut masih dapat mendaftarkan diri kembali di gelombang yang kedua ini.

Koordinator Pokja PPG Prajataban, Zainun Misbah mengungkapkan bahwa pengulangan pendaftaran tersebut diperbolehkan apabila calon pendaftar telah memenuhi persyaratan umum sebagai pendaftaran calon Mahasiswa PPG Prajabatan. Hal ini diungkapkan pada acara webinar Sapa GTK Episode #7 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kemendikbudristek.

Keuntungan bagi mahasiswa PPG Prajabatan gelombang dua

Selain itu juga, Zainun menjelaskan bahwa calon mahasiswa PPG Prajabatan gelombang dua ini akan mendapatkan banyak keuntungan seperti beasiswa pendidikan selama satu tahun atau dua semester. Namun dengan banyak nya keuntungan tersebut, calon mahasiswa Prajabatan juga dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan guru. Baik itu menggantikan guru pensiun atau menggantikan guru ketika sudah tidak aktif mengajar.

“Pada proses pelaksanaan PPG Prajabatan gelombang dua ini tidak hanya kuantitas tapi juga mempertimbangkan kualitas calon mahasiswa PPG Prajabatan. Dengan demikian mahasiswa akan memperoleh pengalaman pembelajaran selama masa kuliahnya, dengan bekal yang sangat berkualitas, agar mahasiswa PPG Prajabatan ini lebih siap untuk menjadi guru,” jelas Zainun.

Baca juga:   Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Kuota PPG Prajabatan tahun 2022

Selain itu, Zainun juga menyampaikan bahwa arah kebijakan PPG saat ini lebih fokus mengenai kuota. Melihat dari data-data guru yang akan pensiun pada tahun ini. Di samping itu juga arah kebijakan menuju proses pembelajaran di kelas hingga prioritas bagi lulusan PPG Prajabatan.

“Mahasiswa PPG Prjabatan akan menggantikan guru yang akan pensiun sehingga akan ada jaminan menjadi guru. Dengan itu perkuliahan yang mereka jalani tidak hanya antara dosen dan mahasiswa, namun melibatkan juga guru pamong dan praktisi. Ketika mereka (lulusan PPG Prajabatan) akan mendapatkan sertifikat pendidik. Sehingga mereka akan memiliki nilai lebih daripada calon guru lainnya yang bukan lulusan PPG Prajabatan ini,” tutur Zainun.

Memotivasi guru muda

Dalam webinar ini juga turut menghadirkan Rizky Pasha Wirakusumah dan Muniratul Mukaramah. Keduanya adalah pendaftar PPG Prajabatan gelombang pertama. Tujuan mereka hadir untuk memberikan motivasi dan pengalaman saat mengikuti seleksi PPG Prajabatan tahun 2022.

Rizky Pasha Wirakusumah merupakan alumnus PGSD Penjas UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang memiliki cita-cita menjadi guru muda di Indonesia. Ia ingin berbagi ilmu dengan banyak orang, memperdalam ilmu pengetahuan dan melatih hidup menjadi lebih baik.

Baca juga:   Tabel Angka Kredit Guru PNS dari Sub-Unsurnya

“Saya termotivasi oleh guru olahraga saya dulu, mereka menggunakan teknik mengajar yang berbeda-beda.  Hal ini membuat saya tertarik menjadi seorang guru. Selain itu juga almarhum ayah saya juga seorang guru, sejak masih kecil saya dan adik-adik saya selalu mendapat dorongan untuk menjadi seorang guru,” jelas Rizky

Hal ini juga selaras dengan Muniratul Mukaramah seorang alumnus Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat. Ia menjelaskan bahwa kedua orang tuanya adalah seorang guru. Ayah nya adalah seorang guru kelas sedangkan ibunya adalah seorang guru pendidikan agama islam salah satu SD Negeri di Kota Amuntai, Kalimantan Selatan. “Menjadi guru adalah minat saya dari kecil dan minat itu semakin besar seiring saya berada di jenjang sekolah sampai jenjang kuliah,” tutur Muniratul.

Mengenai proses tahapan seleksi PPG Prajabatan gelombang pertama, baik Rizky atau Muniratul tidak memiliki kendala dan masalah apapun. Menurut mereka, calon Mahasiswa PPG Prajabatan ini harus jeli dalam mencari seluruh informasi tentang program ini, baik melalui media sosial atau webinar.

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

(muf/muf)

 

Share :

Baca Juga

News

Syarat Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Jenjang D4-S3 Bagi Calon Guru dan Tenaga Kependidikan
Merdeka Mengajar

News

Cara Menentukan Tujuan Satuan Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Peranan Forum MGMP untuk Meningkatkan Kinerja Guru
Karakteristik Siswa

Kurikulum

4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menyusun Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tingkat PAUD
Strategi Guru

Kenaikan Pangkat

Strategi Guru dalam Mengajar yang Tersusun Rapi dan Menyenangkan Bagi Murid
Webinar

Kenaikan Pangkat

Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle

Kenaikan Pangkat

9 Syarat dan Jadwal Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru di Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Penghapusan Tenaga Non-ASN Diulur, Lalu Kapan Jadinya Honorer Dihapus?
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.