Home / Guru Honorer / Metode Pembelajaran

Selasa, 20 September 2022 - 19:53 WIB

Cara yang Bisa Dilakukan Guru untuk Memahami Gaya Belajar Siswa

Cara Guru Mengetahui Gaya Belajar Siswa – Gaya belajar merupakan cara seseorang mempersiapkan dan memproses situasi belajar. Sehingga, seorang siswa akan merasakan, berinteraksi, dengan lingkungan belajaranya. Seseorang yang mengetahui gaya belajarnya akan membantu ia mendapat hasil belajar yang tinggi. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui gaya belajar siswa. Untuk itu, inilah cara yang bisa dilakukan guru untuk memahami gaya belajar siswa.

Guru dan siswa penting mengetahui gaya belajar. Alasan  cara guru mengetahui gaya belajar siswa karena, agar mereka dapat menyerap informasi dalam pembelajaran dengan mudah  dan bergantung pada sesuai dengan gaya belajarnya. Sedangkan bagi guru yaitu, agar bisa memfasilitasi pembelajaran di kelas sesuai dengan gaya belajar yang siswanya suka. Dengan begitu guru dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka, baik dengan gaya belajar yang mereka sukai maupun yang kurang mereka sukai.

Gaya belajar memang banyak jenisnya, namun dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah yang sederhana yaitu gaya belajar visual-auditori-kinesteti atau popular dengan nama VAK. Karena jenis gaya belajar ini mencakup semua jenjang pendidikan di antaranya: PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Baca juga:   Peran Ice Breaking bagi Pembelajaran Efektif

Memahami Gaya Belajar Siswa Melalui Kuisioner:

Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah dalam Seri Manual Gerakan Literasi Digital (GLS) untuk mengetahui gaya belajar siswa dapat melalui kuisioner. Berikut langkah-langkah untuk mengambil data tentang gaya belajar siswa:

  1. Membuat Kuisioner, yakni guru membuat beberapa pertanyaan mengenai kesukaan atau hal-hal yang berkaitan dengan belajar. Dalam membuat pertanyaan harus sesuai dengan jenjang pendidikan siswa, agar siswa lebih memahami apa yang menjadi pertanyaan.
  2. Kemudian, guru menyiapkan lembar jawab, bisa berupa selembar kertas HVS ukuran A4 dengan membaginya menjadi 4 bagian.
  3. Dalam lembar jawab tersedia 3 pilihan jawabam, yaitu, a, b, dan c.
  4. Selanjutnya, pada lembar jawaban tambahkan nomor urut siswa, pada bagian akhir ada kotak untuk menjumlahkan jawaban a,b, dan c sebagai wujud dari gaya belajar siswa
  5. Lalu, setelah semua siswa sudah mengisi kuisioner, guru bisa melakukan diskusi bersama mengenai gaya belajar a= visual, b= auditori, dan c=kinestetik.
  6. Kemudian, siswa menjadi tahu kecenderungan gaya belajanya
  7. Guru melakukan diskusi lanjutan untuk memaksimalkan gaya belajar v, a, dan k atau perpaduan v-a, v-k, a-k atau vak.
  8. Memaknai dan mengembangkan jenis gaya belajar siswa
  9. Mendiskusikan pemanfaatan gaya belajar dengan perubahan yang mungkin akan terjadi
  10. Guru melakukan proses belajar-mengajar menyesuaikan dengan gaya belajar siswa, dan guru harus siap dengan adanya perbedaan antara siswa (differentiated instruction) serta mendukung materi ajar sesuai gaya belajar siswa dengan paket belajar.
Baca juga:   Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Itulah salah satu cara bagi guru untuk memahami cara mengetahui gaya belajar siswa, yakni menggunakan kuisioner. Walaupun di Indonesia belum menerapkan gaya belajar dalam konteks pembelajaran, tidak menutup kemungkinan agar hal itu bisa terjadi. Guru memiliki kesempatan untuk melakukan penelitian tindakan kelas atau eksperimen, agar lebih jauh memahami gaya belajar yang siswanya miliki.

Namun apakah Anda masih bingung dengan yang dimaksud gaya belajar? Jangan Khawatir e-guru.id menyelenggarakan Pelatihan 32 JP Memahami Gaya Belajar Peserta Didik dan Implementasi Dalam Pembelajaran.

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA PADA PELATIHAN 32 JP MEMAHAMI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK DAN IMPLEMENTASI DALAM PEMBELAJARAN.

(nna/rtq)

Share :

Baca Juga

Guru Honorer

Breaking News! Kemdikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Bagi Calon Guru dan Pelaku Budaya
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Cara Ampuh Mengajari Anak Membaca di Rumah

Metode Pembelajaran

Tingkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Tiga Strategi Pembelajaran Ini
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Metode Pembelajaran

Tips Membangun Komunikasi Harmonis dengan Peserta Didik

Metode Pembelajaran

Cara Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik
program besar

Kesiswaan

5 Soft Skill yang Perlu GuruTingkatkan

Metode Pembelajaran

Cara Menumbuhkan Keberanian Siswa Berpendapat di dalam Kelas
Guru

Metode Pembelajaran

Cara Guru Mengatasi Murid yang Malas untuk Belajar Mata Pelajarannya