Home / Kenaikan Pangkat

Kamis, 4 Agustus 2022 - 11:34 WIB

PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS (TIK)

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF (TIK)”

Tujuan, pengembangan pembelajaran inovatif berbais TIK

Tujuan artikel ini adalah menghasilkan model layanan  pembelajaran inovatif berbais TIK yang sesuai Kurikulum 2013 melalui pendampingan jarak jauh PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS (TIK). Penerapan model pembelajaran inovatif merupakan salah satu tuntutan Kurikulum 2013 (K13). Oleh karena itu, setiap guru perlu memiliki kemampuan dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran inovatif. Ada sejumlah model pembelajaran yang disebutkan dan disarankan pada K13 tetapi sesungguhnya lebih banyak lagi model pembelajaran yang dapat dikembangkan guru sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pembelajaran pada latar (setting) sekolahnya masing-masing. Beberapa di antara model pembelajaran inovatif tersebut adalah: Project-based Learning, Discovery-Inquiry, Flipped Classroom, Blended-Blog, Game Educatif. https://gurubelajar.id/pengembangan-mod…i-kurikulum-2013/

 

 

Pembahasan, pengembangan pembelajaran inovatif berbais TIK

Hasil penelitian terhadap penerapan model discovery menunjukkan bahwa pembelajaran discovery learning berbantuan elearning dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa secara signifikan (Mustafa, 2019). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan Google Earth berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir spasial siswa (Octavianto, 2017). Demikian pula, penelitian terhadap penerapan model blended learning menunjukkan bahwa penerapan model ini efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa (Utomo, 2019). Oleh karena itu, penerapan TIK di sekolah harus disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik siswa. Model pembelajaran berbasis TIK harus disesuaikan dengan kondisi sekolah (Warsihna, 2014). Penelitian yang dilakukan Febriany menemukan beberapa kendala yang dihadapi guru, yaitu perubahan format RPP, alokasi waktu untuk melaksanakan model pembelajaran sesuai Kurikulum 2013, dan pelaksanaan penilaian kompetensi sikap (Febriany, 2017). Sebagaimana juga disebutkan pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 bahwa pemanfaatan TIK dimaksudkan sebagai salah satu upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Di dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tersebut dijelaskan juga bahwa pembelajaran harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif. Untuk itu, setiap guru harus mampu mengembangkan berbagai inovasi pembelajaran yang relevan sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing. https://gurubelajar.id/pengembangan-mod…i-kurikulum-2013/

Baca juga:   Pendidikan Di Masa Pandemi

Gambar 2. Contoh Model Pembelajaran TIK

Model pembelajaran PjBL (project-based learning) merupakan salah satu model yang paling banyak disukai, baik oleh guru maupun siswa. Model ini memberikan pengalaman belajar dan daya tarik tersendiri. Nurhayati (2017) mengidentifikasi sejumlah keunggulan model PjBL, yang antara lain adalah: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS (TIK)

1. meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk belajar dan mendorong kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan penting, dan mereka perlu dihargai;
2. meningkatkan kemampuan pemecahan masalah;
3. membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem problem yang kompleks;
4. meningkatkan kolaborasi;
5. mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan
komunikasi;
6. meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber;
7. memberikan pengalaman kepada peserta didik tentang pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasikan proyek dan membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain seperti perlengkapan untuk menyelesaikan tugas;
8. menyediakan pengalaman belajar yang melibatkan peserta didik secara kompleks dan dirancang berkembang sesuai dunia nyata;
9. melibatkan peserta didik untuk belajar mencari informasi dan menunjukkan pengetahuan yang dimiliki untuk kemudian diimplementasikan pada dunia nyata; dan
10. membuat suasana belajar menjadi menyenangkan sehingga baik peserta didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran.https://gurubelajar.id/pengembangan-mod…i-kurikulum-2013/

 

Baca juga:   Penelitian Tindakan Kelas Untuk Naik Pangkat Guru : Pengertian, Teknik, Kriteria, dan Cara Penulisannya

Gambar 3. Seorang Guru sedang menjelaskan model-model pembelajaran inovatif 

 

SIMPULAN
Secara umum, guru-guru sudah berusaha menerapkan model-model pembelajaran inovatif sesuai tuntutan Kurikulum 2013, namun masih mengalami kesulitan dalam penerapannya. Kesulitan tersebut antara lain disebabkan oleh kurangnya contoh-contoh, bimbingan, dan pelatihan implementasi model pembelajaran inovatif. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan terobosan dengan memanfaatkan TIK yakni dengan menyediakan aplikasi pendampingan jarak jauh dalam pengembangan model pembelajaran inovatif. Dalam penelitian dan pengembangan ini telah dihasilkan sebuah aplikasi layanan pendampingan pembelajaran inovatif versi 01 yang dapat diakses pada alamat url: sibatik.kemdikbud.go.id/inovatif. Pada aplikasi tersebut telah tersedia bahan tutorial pengembangan pembelajaran inovatif, baik dalam bentuk teks pdf, infografis, maupun video tutorial. Telah disediakan pula sejumlah contoh RPP inovatif, templete pembuatan RPP inovatif, serta fasilitas unggah video hasil rekaman implementasi pembelajaran inovatif. Dukungan pendampingan dilakukan melalui video conference, WA group, ataupun pendampingan langsung oleh DRB. Aplikasi layanan pengembangan pembelajaran inovatif ini disediakan agar dapat dimanfaatkan, baik oleh guru dalam mengimplementasikan model-model pembelajaran inovatif maupun pengembang teknologi pembelajaran dalam melakukan riset dan pengembangan pembelajaran inovatif. Agar aplikasi ini bermanfaat secara optimal disarankan agar pengembang teknologi pembelajaran berkolaborasi dalam pemanfaatannya, terlebih lagi pada riset lanjutan yang lebih fokus pada masing-masing model.

 

Gambar 4. Soft skills lebih dibutuhkan dalam dunia kerja

 

Sekalian penjelasan singkat dari pengembangan pembelajaran inovatif berbais TIK yang sesuai Kurikulum 2013 melalui pendampingan jarak jauh.

 

 

 

 

 

 

By : ANS

https://gurubelajar.id/pengembangan-mod…i-kurikulum-2013/ansiskosimbolon

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Peran Seorang Guru Sebagai Motivator

Kenaikan Pangkat

Manfaat Belajar Tambahan Bagi Siswa
Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Segera Ditutup

Kenaikan Pangkat

Ingin Cepat Naik Pangkat Guru? Lakukan dan Pahami Hal Berikut Ini!

Kenaikan Pangkat

Ingin dapat Angka kredit untuk Kenaikan Pangkat Guru? Download Pedoman Buku 4 dan 5 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Kenaikan Pangkat

Kabar Baik ! Bagi Guru Lulus Passing Grade, Ini Mekanisme PPPK Tahap 3 Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Kenaikan Pangkat

Model Pembelajaran abad 21: Karakteristik dan Strategi

Kenaikan Pangkat

Salah Satu Cara Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mendidik