Home / Karya Inovatif / Kenaikan Pangkat

Selasa, 4 Oktober 2022 - 14:32 WIB

Mengenal Makalah Best Pratice dan Tips Cara Menyusunnya

Makalah Best Practice – Best Pratice merupakan tulisan tentang pengalaman terbaik yang terkait dengan tugas utama guru, seperti perencanaan pelajaran, pelaksanaan pelajaran, penilaian pelajaran, pelatihan dan bimbingan, atau melaksanakan tugas tambahan. Banyak beranggapan bawah menulis best pratice mudah karena tulisan ini menyampaikan pengalaman terbaik yang pernah guru miliki saat melakukan peran utamanya.

Tulisan tersebut akan menjadi sumber motivasi bagi guru-guru lainnya. Pembaca akan melihat ini sebagai bagian dari pengembangan diri dan peningkatan profesionalismenya, orang lain yang membacanya akan dapat belajar darinya dan menirunya sebagai upaya pengembangan diri.Hanya saja kadang guru tidak tahu bagaimana memulai menulis dan membagikan pengalamannya. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menyediakan sarana peningkatan layanan dan lingkungan kegiatan pembelajaran di satuan atau lembaga pendidikan.

Dewasa ini, best pratice sekarang sering dikaitkan dengan hasil karya revolusioner serta memberikan inspirasi bagi jutaan wujud dari solusi pemecahannya. Pada dasarnya makalah best practice adalah karya yang fokus pada satu topik permasalahan tertentu, kemudian guru menjelaskan atau menggambarkan bagaimana solusi yang akan muncul. Kedepannya akan ada banyak pendidik lainnya yang menganalisis makalah best practice sehingga dapat mempengaruhi atau memiliki pengaruh positif bagi para peserta didik di lingkungan sekolah.

Baca juga:   7 Tips Memilih Ekstrakurikuler yang Cocok

Berikut Langkah-Langkah dalam Menyusun Makalah Best Pratice

1. Mengidentifikasi Masalah dan Menentukan Judul

Anda dapat memperhatikan masalah terdekat jika anda baru memulai dari awal dalam membuat best pratice Setelah menemukan masalah yang menarik atau perlu untuk diselesaikan, buatlah bayangan judul untuk diselesaikan

2. Mencari Referensi

Setelah berhasil menentukan judul, langkah berikutnya Anda dapat mencari referensi atau sumber-sumber pustaka yang diperlukan.

Tips dalam menentukan daftar pustaka apa saja yang Anda perlukan, amati setiap kata dalam judul makalah best practice yang akan Anda buat. Maka referensi yang Anda butuhkan adalah seputar hal tersebut.

3. Merencanakan Program

Jika sudah memiliki topik dan bayangan terkait referensi, selanjutnya merencanakan program apa saja yang akan Anda lakukan. Misalnya meningkatkan minat baca kepada siswa sekolah dasar, maka Anda perlu menerapkan program di sekolah untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga:   Sistematika Makalah Best Practice dan Cara Menulisnya

4. Melaksanakan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan dalam best practice ini bersifat bebas. Anda tidak perlu memasukkan siklus pelaksanaan kegiatan seperti dalam penelitian tindakan kelas.

5. Melakukan Analisis

Setelah program terlaksana, Anda bisa melakukan analisis. Apakah kegiatan yang Anda lakukan tersebut dapat membawa perubahan?  Analisis hasil kegiatan best practice ini bisa menggunakan instrumen-instrumen penelitian. Namun di samping itu juga bisa dengan bukti-bukti empiris seperti foto dan lain sebagainya. Anda bisa membandingkan atau menunjukkan gambaran siswa sebelum dilakukan kegiatan best practice dan setelahnya.

Jangan lewatkan pelatihan untuk guru yang dilaksanakan pada 5 – 17 Oktober 2022 tentang “Membuat Makalah Best Practice

Daftarkan diri Anda melalui link berikut ini:

Daftar Sekarang

(fas)

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Indonesian International Student Mobility Award

Kenaikan Pangkat

Format SKP Guru Terbaru 2022 Sesuai Permenpan 8 tahun 2021

Karya Inovatif

Mengenal Pembuatan Karya Inovatif Guru PNS untuk Naik Pangkat

Kenaikan Pangkat

Cerita Haru Guru SD yang Viral karena Bersihkan Ratusan Kutu Rambut Seorang Siswa

Guru Honorer

Seleksi PPG Prajabatan punya dua kesempatan. Ini penjelasan Kemendikbudristek

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa
metode pembelajaran

Karya Inovatif

Dibuka Kembali Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran Guru 2022, Catat Jadwal Pelaksanaanya!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.