Home / Karya Inovatif

Sabtu, 7 Januari 2023 - 16:09 WIB

Cara Membuat Laporan Best Practice Guru yang Benar

Ilustrasi membuat laporan best practice guru

Ilustrasi membuat laporan best practice guru

Tentunya, para guru sudah tidak asing dengan istilah laporan best practice. Guru harus bisa menyusun laporan ini untuk berbagai tujuan, salah satunya sebagai penunjang kenaikan pangkat guru yang sudah PNS. Berikut cara membuat laporan best practice guru yang perlu dipahami.

Cara Membuat Laporan Best Practice Guru

Laporan best practice memiliki bentuk karya tulis ilmiah mengenai pengalaman dalam melaksanakan tugas. Laporan ini dibuktikan dengan metode kerja untuk menunjukkan keunggulan metode tersebut dan berisi penekanan pengalaman terbaik dari seorang guru.

Best Practice terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian awal, isi, dan bagian akhir. Berikut penjelasan selengkapnya. 

1. Bagian Awal

Pada bagian ini, bapak atau ibu guru harus bisa menyusun:

  • Halaman Judul
  • Lembar Persetujuan dari Kepala Satuan Pendidikan
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Tabel
  • Daftar Gambar
  • Daftar Lampiran
  • Abstrak dari Naskah Best Practice
Baca juga:   Mengenal Makalah Best Pratice dan Tips Cara Menyusunnya

2. Bagian Isi

Bagian isi terdiri dari bab 1 (pendahuluan) hingga bab 4 (penutup) dengan rincian sebagai berikut:

Bab 1 (Pendahuluan)

Pada bab 1 atau pendahuluan berisikan:

  • Latar belakang, yaitu hal-hal yang melatarbelakangi masalah,
  • Rumusan Masalah, yaitu kajian beberapa perumusah masalah
  • Tujuan Penulisan
  • Manfaat

Bab 2 (Tinjauan Pustaka)

Cara membuat laporan best practice guru berikutnya yaitu membuat tinjauan pustaka. Seperti namanya, tinjauan pustaka berisi tentang penjelasan teori ilmiah yang digunakan dan menjelaskan berbagai pengertian istilah secara ilmiah yang sekiranya dituliskan dalam laporan best practice.

Bab 3 (Hasil dan Pembahasan)

Dalam bab 3 ini, guru perlu menulis dan menyampaikan materi kajian terkait pembahasan masalah serta hasil dari pengamatan. Selain itu, pada bab ini juga terdapat data terkait permasalahan dan solusinya beserta penjelasannya.

Baca juga:   Sistematika penulisan makalah best practice untuk kenaikan pangkat

Bab 4 (Penutup)

Pada bagian penutup, diisi dengan kesimpulan atas laporan best practice terutama pada poin-poin yang dianggap penting. Kesimpulan harus relevan dengan memperhatikan gagasan yang pada bab-bab sebelumnya.

3. Bagian Akhir

Bagian Akhir terdiri dari Daftar Pustaka dengan isi sumber referensi ilmiah yang digunakan serta lampiran data lainnya yang dapat menunjang gagasan laporan best practice, dapat berupa data hasil penelitian praktis maupun dokumen atau sejenisnya.

Beberapa Contoh Judul Laporan Best Practice

Sebagai referensi, berikut ini ide judul laporan best practice untuk guru. 

  • Implementasi model pembelajaran discovery learning dengan bantuan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Biologi khususnya siswa kelas 11 SMA Negeri 2 Pagebangan
  • Penerapan outing class untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 SD Negeri Pagebangan pada mata belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Itulah penjelasan seputar cara membuat laporan best practice guru. Untuk meningkatkan kompetensi guru, Anda bisa mengakses situse-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.co.

Share :

Baca Juga

ice breaking games di kelas

Karya Inovatif

5 Contoh Ice Breaking Games di Kelas, Dijamin Seru
ide ice breaking SD

Karya Inovatif

5 Ide Ice Breaking Games untuk Anak SD, Dijamin Seru

Karya Inovatif

Hindari Kebosanan dalam Kelas! Inilah Manfaat Ice Breaking saat Pembelajaran

Karya Inovatif

Collaborative Learning Secara Daring? Cari tahu Di Sini!

Karya Inovatif

Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru
metode pembelajaran

Karya Inovatif

Dibuka Kembali Lomba Karya Tulis Inovasi Pembelajaran Guru 2022, Catat Jadwal Pelaksanaanya!

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak