Home / Karya Inovatif

Sabtu, 7 Januari 2023 - 16:19 WIB

Ide Ice Breaking Games Saat Kelas Online yang Menarik untuk Dicoba

Ilustrasi ice breaking games saat kelas online

Ilustrasi ice breaking games saat kelas online

Memiliki banyak ide ice breaking games saat kelas online menjadi hal yang penting dalam proses pembelajaran. Di era pandemi, hampir semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online lewat beberapa platform seperti Google Classroom, Zoom Meeting, Google Meet, Quizziz, bahkan Whatsapp.

Terlepas dari keefektifan metode kelas online yang dilaksanakan, siswa terkadang jenuh karena terus menerus menatap layar monitor baik itu komputer maupun smartphone. Kejenuhan itu juga membuat proses pembelajaran menjadi kurang efektif. 

Dari permasalahan tersebut, Anda dapat mencoba mengurangi kejenuhan siswa dengan ice breaking games. Ice breaking dimaknai sebagai kegiatan pemecah kejenuhan yang ada selama kegiatan berlangsung atau dalam pembahasan kali ini merupakan kegiatan kelas online. 

Baca juga:   5 Ide Ice Breaking Games untuk Anak SD, Dijamin Seru

Kumpulan Ide Ice Breaking Games saat Kelas Online

Terdapat berbagai ide ice breaking games saat kelas online yang dapat Anda coba. Ide-ide tersebut kami rangkum menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

1. Tebak Judul Lagu, Lirik, atau Penyanyi

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan permainan yang satu ini. Permainan ini sering muncul pada acara kuis yang ditayangkan di televisi. Cara mainnya cukup mudah, yaitu dengan membentuk beberapa kelompok sebagai peserta dan anda sebagai instruktur atau pembawa acaranya. Instruktur cukup memutar lagu melalui media pemutar lagu dan peserta dapat menebaknya.

Anda juga dapat melakukan variasi-variasi tertentu untuk menambah kesulitan games, misalnya menyanyikan lirik lagu dengan nada yang berbeda atau dapat dinyanyikan menggunakan suara robot google.

2. Tebak Gambar

Ide ice breaking games saat kelas online lainnya yaitu tebak gambar. Cara bermainnya, guru hanya perlu menggambar atau menyediakan gambar dan peserta dapat menebak gambar tersebut.

Anda dapat memainkan tebak gambar melalui platform seperti gartic phone. Pada platform tersebut, semua peserta dapat bermain sebagai penebak dan pelukis.

Baca juga:   Bingung Mau Ice breaking Apa? Yuk, Simak Beberapa Contoh Ice breaking yang Bisa Dilakukan oleh Guru

3. Sambung kata

Seperti namanya, game ini memiliki tujuan menyambung kata menjadi suatu kalimat atau sebuah cerita. Masing-masing peserta memiliki kesempatan untuk mengungkapkan satu kata yang berhubungan dengan kata sebelumnya. 

Biasanya kata yang diungkapkan tiap peserta harus berbeda untuk menambah kesulitan games. Permainan ini sangat bergantung pada kreativitas storytelling para pesertanya.

4. Siapakah aku?

Permainan ini dapat dimainkan melalui berbagai platform seperti quizziz, google meet, dan lain sebagainya. Seperti namanya, permainan ini serupa dengan permainan tebak gambar dimana permainan menggunakan gambar sebagai alat bantu utamanya. Instruktur dapat menyediakan foto-foto tokoh terkenal baik itu atlet, penyanyi, artis, politis maupun tokoh lainnya. Foto-foto binatang pun dapat digunakan dalam games ini. 

Cara mainnya yaitu peserta menebak gambar atau foto yang kondisinya tertutup atau terpotong, dan yang dapat terlihat hanyalah sebagian. Apabila semua peserta sudah memiliki tebakannya masing-masing, maka gambar pun dikembalikan ke kondisi utuh untuk melihat jawaban.

Baca juga:   Hindari Kebosanan dalam Kelas! Inilah Manfaat Ice Breaking saat Pembelajaran

Demikian informasi singkat mengenai ide ice breaking games saat kelas online yang dapat anda coba. Anda juga dapat mencari referensi pembelajaran atau pengembangan skill sebagai seorang guru lewat situs e-Guru.id, GuruJuara.com, dan juga Diklat.co

Share :

Baca Juga

Penjelasan ANBK 2022, Tujuan, sampai Tanggal Pelaksanaannya: Siswa kelas 5 MI Miftahul Huda sedang berlatih soal-soal ANBK, Rabu (17/11/2021). [Ninda Novita Arieani/dok.pribadi]

Admin Sekolah

Computer Based Test Menguntungkan atau Merugikan?

Guru Honorer

Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak
cara penilaian kurikulum merdeka

Guru Honorer

Ragam jenis karya buku dan angka kredit untuk kenaikan pangkat

Karya Inovatif

Era yang Maju Tapi Metode Belajar Masih Konvensional? Simak Metode Belajar Asyik Berikut Ini

Karya Inovatif

Inilah Teori Demokrasi yang Perlu Guru Ketahui

Karya Inovatif

Keren! Inilah 5 Manfaat Menggunakan Moodle untuk CBT (Computer Based Test) Online
cara penilaian kurikulum merdeka

Karya Inovatif

Mengenal Makalah Best Pratice dan Tips Cara Menyusunnya

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran