Home / Kenaikan Pangkat

Selasa, 23 Agustus 2022 - 13:37 WIB

Peranan Forum MGMP untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Dalam kegiatan pembelajaran, guru harus memenuhi beragam performa dan kualifikasi. Semua pendidik wajib meningkatkan keterampilan dan kemampuan profesionalisme demi mencapai tujuan pendidikan. Untuk mewujudkan semua itu, guru memerlukan sebuah wadah untuk berbagi informasi, berkomunikasi, dan berkonsultasi perihal dunia pendidikan. Inilah yang mendasari terbentuknya forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).

Lantas, apa peranan MGMP? Program apa saja yang dijalankan? Nah, sebelum membahas tujuan/peranan serta rincian tugas organisasi tersebut, ada baiknya, Anda pahami dulu penjelasan di bawah ini terkait pengertian MGMP secara umum. Check it out!

Mengenal MGMP Secara Global

Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau yang biasa dikenal dengan istilah MGMP merupakan suatu wadah atau forum yang menjembatani para guru untuk bisa berkumpul dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja. Umumnya, guru bergabung dan berkumpul sesuai jenjang dan materi yang diampuh. Misalnya, MGMP khusus guru SMK yang mengajar materi Bahasa Inggri, guru SMP yang mengajar Matematika, dan lainnya.

Melalui fasilitas ini, guru-guru akan bertukar pikiran terkait cara mengembangkan keterampilan mengajar. Hal-hal yang masuk dalam pembahasan forum MGMP biasanya meliputi penyusunan modul pembelajaran, prota (program tahunan), promes (program semester), teknik evaluasi, metode pembelajaran, dan masih banyak lagi. Selain itu, MGMP juga menjadi wadah informasi untuk menambah wawasan guru, seperti webinar, pelatihan guru, dan lainnya.

Lantas, apakah terdapat kepengurusan dalam MGMP? Tentunya, forum ini tidak sekadar memuat anggota, tetapi juga struktur pengurus yang meliputi ketua, sekretaris, bendahara, serta ketua bidang. Untuk bidang dibagi menjadi tiga, antara lain:

  1. HUMAS
  2. Pengembangan administrasi, organisasi, dan sarpras
  3. Perencanaan dan pelaksanaan program

Secara umum, tugas pengurus MGMP adalah :

  1. Menetapkan pusat pertemuan seluruh anggota MGMP. Biasanya, pengurus memilih sekolah inti yang mudah diakses peserta dan juga mempunyai fasilitas lengkap.
  2. Menyusun dan mengusulkan program kerja MGMP berdasarkan prosedur dan rambu-rambu yang berlaku.
  3. Menjadwalkan kegiatan MGMP sesuai perencanaan program yang telah disetujui.
  4. Membuat laporan pertanggung jawaban, keuangan, serta lapiran akademik dan administratif program.
  5. Membantu tim pengawas dan evaluasi, seperti pengawas sekolah, dinas pendidikan kota/kabupaten, dan LPMP.
  6. Mengirimkan laporan kegiatan MGMP kepada UPTD pendidikan kota/kabupaten.

Sementara, kewajiban anggota antara lain:

  1. Mengikuti semua program MGMP
  2. Membayar iuran sesuai mufakat bersama
  3. Menerapkan hasil kegiatan di lembaga masing-masing
  4. Aktif di setiap kegiatan MGMP

Sebenarnya, semua itu conditional dan sesuai kesepakatan bersama. Yang pasti, tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan keterampilan para pendidik.

Baca juga:   Digitalisasi untuk Atasi Hambatan Pendidikan

Peranan MGMP

Seperti yang Anda lihat dan rasakan, saat ini, sistem pendidikan semakin rumit dan menantang. Untuk berdedikasi secara sehat, guru harus bisa membekali diri dengan beragam keterampilan. Setidaknya, guru bisa memenuhi kompetensi wajib. Dalam kasus ini, forum MGMP sangat berfungsi dan bermanfaat. Kenapa? Ini karena wadah tersebut paling terjangkau, murah, dan dekat untuk mengimplementasikan kebijakan jabatan fungsional tenaga kerja pendidik.

Lantas, apa saja peranan MGMP? MGMP memiliki peranan penting dalam membangun mutu pembelajaran. Di antaranya adalah:

  1. Ini berkaitan dengan classroom reform. Artinya, MGMP bertugas untuk mengadakan perubahan demi tercapainya pembelajaran yang efektif.
  2. MGMP menjadi perantara dalam rangka memupuk kualitas serta kompetensi guru.
  3. Collaborator, merangkul guru-guru untuk berkolaborasi dengan organisasi atau unit lain yang relevan.
  4. Supporting agency, mendukung pengelolaan sekolah dan kelas setiap anggota MGMP.
  5. Evaluator, mengevaluasi reformasi yang telah dilakukan oleh masing-masing anggota terhadap pembelajaran di kelas atau sekolah yang ditempati.
  6. Supervisor, mengawasi dan menilai setiap program yang telah disepakati dan dilaksanakan bersama.

Selain enam peranan di atas, MGMP masih mempunyai banyak tujuan, antara lain :

  1. Mengupgrade keterampilan guru dalam kegiatan pembelajaran. Keterampilan tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
  2. Menyetarakan kemampuan semua pendidik sesuai bidang yang diampu. Hal ini bertujuan agar peningkatan keefektifan program pembelajaran merata.
  3. Mendiskusikan dan memecahkan setiap permasalahan yang sering muncul pada saat proses belajar mengajar berlangsung.
  4. Memfasilitasi guru dengan beragam informasi pendidikan, seperti metode pembelajaran, perubahan kurikulum, IPTEK, dan lain sebagainya.
  5. Sebagai wadah untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman. Misalnya, salah satu anggota MGMP Kimia mengikuti webinar di Jakarta. Guru tersebut bisa membagikan ilmu yang didapat pada guru lain yang tidak mengikuti.
  6. Mengembangkan dan meningkatkan administrasi pembelajaran bersama-sama.
  7. Mengupayakan terwujudnya PAIKEM (pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, serta menyenangkan).

Program Kerja MGMP

Pada dasarnya, program MGMP merupakan salah satu visi yang harus digarap dan dilaksanakan secara konsisten. Semua program tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru. Lantas, apa saja programnya? Well, berikut adalah uraian kerangka kegiatan atau program kerja MGMP:

  1. Kerangka Dasar Proker MGMP

Dalam hal ini, program terdasar adalah merangkai kegiatan-kegiatan yang mencakup 4 kompetensi guru. Kompetensi tersebut antara lain; pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

  1. Struktur Program
Baca juga:   Guru Berpeluang Besar Dapatkan 12,5 Angka Kredit Hanya Dari Bahan Ajar ini. Begini Penjelasannya!

Program-program yang masuk dalam point ini adalah program umum, pokok, dan juga kegiatan-kegiatan penunjang. Berikut uraiannya:

  1. Program umum meliputi kegiatan-kegiatan yang bisa menambah wawasan pendidik terkait kebijakan pendidikan setempat hingga pusat. Misalnya, kebijakan profesionalisme guru, kualifikasi guru, dan lainnya.
  2. Program inti merupakan program atau kegiatan utama yang bertujuan untuk mengembangkan serta meningkatkan kualitas para pendidik. Program ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu :
  • Program rutin, meliputi penyusunan silabus, prota, promes, program pembelajaran, pedalaman materi, analisis kurikulum, penyusunan soal ujian, pelatihan guru, dan lain-lain.
  • Program pengembangan, meliputi PTK (Penelitian Tindakan Kelas), lokakarya, seminar, karya ilmiah, diklat berjenjang, pengembangan website MGMP, penerbitan buletin atau jurnal, lesson study, dan lainnya.
    1. Program penunjang. Program ini berisi rangkaian kegiatan yang memiliki tujuan utama, yakni memperluas pengetahuan dan wawasan anggota MGMP terkait IPTEK, bahasa, dan lainya.
  1. Materi Program MGMP

Faktanya, forum MGMP selalu mengupayakan adanya materi-materi khusus yang bisa disampaikan saat mengadakan pertemuan atau pelatihan tertentu. Tentunya, materi itu harus merujuk pada keahlian atau kompetensi guru.

Selain mengadakan pertemuan, pelatihan, dan disertai materi, semua anggota MGMP, khususnya ketua, wajib mengamati pencapaian setiap kegiatan yang telah berjalan. Ini karena guru tidak sekadar berkumpul dan musyawarah dalam forum, tetapi juga mengimplementasikan apa yang telah disepakati bersama. Maka, perlu adanya penyusunan indikator pencapaian, seperti:

  1. Meningkatnya mutu pelayanan PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, serta menyenangkan). Ini bisa dilihar dari efektif tidaknya proses pembelajaran saat PAIKEM diterapkan.
  2. Meningkatnya prestasi belajar peserta didik.
  3. Meningkatnya wawasan, pengetahuan, sikap, keterampilan, dan kinerja anggota MGMP.
  4. Terjadinya interaksi bermanfaat, seperti umpan balik atau tukar pengalaman antar guru.

Itu hanyalah contoh indikator keberhasilan program MGMP. Tentunya, indikator itu terbentuk atas kesepakatan ketua dan anggota.

Nah, dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa forum MGMP memang sangat penting untuk menunjang jenjang karir guru. Sekarang, tugas MGMP adalah bergerak cepat dalam mentransformasikan semua programnya secara total dan utuh ke seluruh pendidikan di Indonesia. Selamat berdedikasi para pahlawan tanpa jasa.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Admin Sekolah

5 Prinsip Penting Administrasi Kurikulum

Kenaikan Pangkat

Inilah Tandanya Kelas Menjadi Surga Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Selamat! 5 Kategori ini Bisa Mendaftar CPNS dan PPPK 2022, Simak dalam SE Terbaru Menpan-RB

Kenaikan Pangkat

Update Terbaru : Program Guru Penggerak Dibuka Lagi

Kenaikan Pangkat

Asesmen Nasional: Mengukur Karakter Peserta Didik

Kenaikan Pangkat

Pentingnya Laporan Publikasi Ilmiah Bagi Guru

Kenaikan Pangkat

Pemulihan Pendidikan

Kenaikan Pangkat

Beasiswa Microcredential untuk Guru PAUD dan SD Diperpanjang
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.