Home / Kesiswaan

Selasa, 29 Maret 2022 - 10:53 WIB

3 Strategi Masuk ke Perguruan Tinggi Idaman

Banyaknya kekhawatiran bagi siswa maupun bagi orang tua untuk masuk ke bangku perkuliahan adalah hal yang lumrah pada setiap tahunnya. Kekhawatiran itu disebabkan oleh banyaknya jumlah siswa setiap tahun yang dianggap akan menjadi pesaingnya untuk masuk Perguruan Tinggi. Untuk masuk Perguruan Tinggi sekarang tidaklah mudah, siswa yang benar-benar kompeten dan sesuai kriteria yang bisa masuk Perguruan Tinggi. Bahkan sekarang masuk Perguruan Tinggi harus melalui seleksi tes. Hal ini tentu menimbulkan orang tua merasa putus asa dan langsung mendaftarkan anaknya ke perguruan tinggi swasta untuk melanjutkan anaknya ke jenjang berikutnya.

Jalur yang saat ini banyak peminatnya adalah jalur SNMPTN. Dengan jalur ini sekolah dapat mendaftarkan seluruh siswanya untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri tanpa tes. Karena seluruh siswa bisa mendaftar, maka tak sedikit siswa yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti SNMPTN.

Nah, mungkin memang jalur SNMPTN terlihat mudah karena tidak melalui jalur tes. Akan tetapi jalur ini juga diperlukan perjuangan karena ditentukan dari nilai raport. Artinya siswa yang berkeinginan kuliah harus memiliki nilai rapor  yang bagus dari semester awal.

Selanjutnya, siswa tentu ingin bisa tetap bisa masuk ke Perguruan Tinggi dan menjadi mahasiswa di jurusan atau prodi harapannya. Maka sangat diperlukan strategi khusus agar siswa bisa lolos dan masuk ke Perguruan Tinggi impiannya. Karena tidak mungkin hanya mengandalkan dari jalur SNMPTN saja untuk bisa masuk Perguruan Tinggi tapi diperlukan juga langkah atau cara lain agar tetap bisa masuk ke Perguruan Tinggi.

Baca juga:   6 Situs Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris

Berikut ini beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk bisa masuk Perguruan Tinggi

  1. Pertama, Pergunakan waktu secara efektif. Waktu adalah hal yang sangat penting apabila kita tau maknanya. Kita di haruskan memanfaatkan waktu sebelum kita sendiri terlambat. Sama seperti halnya kita masuk perguruan tinggi, bukan hanya sekedar mencari informasi kita harus daftar masuk ke perguruan tinggi negeri yang kita minati sebelum akhir pendaftaran. Khusus untuk mencari informasi perguruan tinggi negeri, disarankan untuk mencarinya pada jam 18.00, karena kebanyakan web perguruan tinggi ada yang error ketika sebelum pukul 18.00. Penggunaan waktu di sini juga berkaitan dalam belajar ketika di sekolah harus bisa belajar maksimal untuk mendapatkan nilai yang bagus dan memuaskan. Selain itu waktu untuk siswa kelas XII biasanya cukup banyak ketika selesai menempuh ujian. Nah waktu ini bisa digunakan untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.
  2. Kedua, daftarkan dirimu ke banyak PTN. Sebelum anda akan mendaftar ke perguruan tinggi negeri yang Anda inginkan, maka Anda harus bisa menentukan pilihan sebelumnya. Bahwa memang Perguruan Tinggi yang sudah Anda pilih itu adalah yang terbaik. Strategi kedua ini dengan mendaftar ke banyak PTN adalah untuk mencoba peluang baru dan untuk mengetahui kemampuan Anda apakah Anda memang benar-benar cocok untuk masuk Perguruan Tinggi atau belum. Meskipun mendaftar ke banyak Perguruan Tinggi tentu nantinya kamu harus menentukan satu pilihan yang akan kamu jalani. Tapi tidak salahnya untuk mencoba dulu ya.
  3. Ketiga, memiliki jiwa semangat yang tinggi. Semangat sangat perlu sebagai modal awal sebelum menempuh pendidikan yang sebenarnya di Perguruan Tinggi. Siswa yang sudah benar-benar niat melanjutkan sekolah harus tertanam jiwa semangatnya. Hal ini akan berguna ketika misalkan sampai gagal masuk Perguruan Tinggi jalur SNMPTN atau jalur SBMPTN. Ketika beberapa jalur untuk masuk Perguruan Tinggi gagal dilewati, namun dengan adanya semangat tentu tidak akan langsung menyerah. Akan tetapi, terus bangkit dan mencoba cara lain agar tetap bisa masuk Perguruan Tinggi.
Baca juga:   H-6 Menuju Pengumuman SBMPTN 2022, Begini Cara Cek Hasilnya!

Nah, mudah bukan tiga strategi untuk masuk ke Perguruan Tinggi? Sebenarnya semua itu kembali kepada pribadi masing-masing. Akan tetapi, jika tidak memiliki strategi biasanya ketika sudah gagal masuk Perguruan Tinggi maka yang terjadi adalah langsung menyerah begitu saja. Semoga kamu tidak demikian ya.

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

6 Situs Penunjang Pembelajaran Bahasa Inggris

Kesiswaan

Ini Dia Kriteria dan Standar Kelulusan Siswa Terbaru di Tahun 2022

Kesiswaan

Pembentukan Karakter Prestatif Pada Siswa

Kesiswaan

Membangun Pendidikan Indonesia ke Arah Lebih Baik dengan Strategi Jitu
Siswa Mengalami Back To School Anxiety? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Kesiswaan

Siswa Mengalami Back To School Anxiety ? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat
jenis metode pembelajaran untuk anak SD

Guru Honorer

Tips Bagi Guru SD Agar Menguasai Kelas Ketika Kegiatan Belajar Mengajar atau Menguasai Kelas