Home / Kesiswaan / Kurikulum

Jumat, 19 Agustus 2022 - 12:22 WIB

Cara Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Kreativitas merupakan sebuah kemampuan dalam menciptakan dan mewujudkan suatu gagasan baru guna meningkatkan nilai tambah atau manfaat dari bahan yang sudah ada. Kreativitas sangat diperlukan untuk masa depan peserta didik. Dengan meningkatkan kreativitas peserta didik, mereka nantinya akan memiliki bekal di lapangan kerja kelak.

Kreativitas nantinya juga menentukan pola pikir dan karakter peserta didik. Krreativitas tidak hanya penting, tapi juga memberikan banyak manfaat. Kreativitas ikut andil dalam usaha peserta didik mencapai kesuksesan. Berikut ini adalah pentingnya kreativitas bagi siswa.

Pentingnyaaa kreativitas bagi siswa

  • Mempermudah dalam proses belajar

Tentu dapat dibandingkan peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi dan yang tidak. Siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih mudah dalam proses belaajr. Cara berpikir mereka cenderung lebih cepat. Selain itu motivasi belajar juga lebih tinggi. Mudah bagi siswa kreatif menemukan hal baru yang mengesankan.

  • Berpeluang besar

Biasanya, siswa yang kreatif pandai mencari peluang. Kemampuan mereka dalam observasi tak perlu diragukan lagi. Dari pengamatan itulah mereka akan menemukan hal baru. Di sini peran guru untuk membantu siswa mewujudkan ide kreatif yang dimiliki siswa. Guru harus berperan aktif dalam memfasilitasi siswa mewujudkan ide kreatif.

  • Lebih disukai

Sudah bukan rahasia lagi bahwa siswa yang kreatif lebih disukai. Siswa yang kreatif cenderung lebih banyak memiliki teman dibandingkan yang tidak. Hal ini mereka dapat bertukar informasi agar nantinya dapat menciptkana  sesuatu yang baru. Dibandingkan siswa yang pasif dan tak memiliki ide, siswa yang aktif dan kreatif lebih mudah mendapatkan teman.

Meningkatkan kreativitas peserta didik

Salah satu tantangan dalam menjadi seorang guru yaitu meningkatkan kreativitas peserta didik. Kreativitas sanat penting bagi peserta didik untuk kedepannya. Tentunya guru harus aktif dan kreatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Guru tidak hanya dituntut pintar dalam akdemik, melainkan juga pandai menyampaikan materi pada peserta didik. Siswa pastinya lebih nyaman dengan guru yang aktif dan kreatif. Bukan hanya guru yang berpendidikan tinggi namun sangat membosankan saat mengajar di kelas. Guru yang interaktif terhadap murid cenderung lebih disukai. Tidak hanya interaktir, tapi juga ramah dan pandai menyampaikan informasi.

Peran Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Setiap peserta didik yang baru saja memasuki proses belajar pastinya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pada tahap ini, guru diharapkan merangsang siswa melakukan learning skills acquired. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru yakni dengan membiarkan peserta didik mengajukan pertanyaan, menyelidik, mencari, menerapkan, dan menguji coba. Kegiatan ini nantinya mampu meningkatkan kreativitas peserta didik seiring berjalannya waktu. Tentu dalam prosesnya, guru harus senantiasa membimbing siswa.

Baca juga:   Tri Pusat Pendidikan : Sinergi Menyukseskan Pendidikan

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan kreativitas peserta didik.

Menghargai hasil pikiran kreatif siswa

Beberapa siswa ada yang memiliki kreativitas yang tinggi pada bidang yang mereka minati. Misalnya kreatif dalam membuat karya berupa gambar, tulisan, maupun kerajinan. Di sinilah peran guru untuk menghargai hasil pemikiran kreatif siswa. Guru dapat memberikan masukan atas hasil pemikiran cemerlang tersebut tanpa menurunkan semangat peserta didik.

Peserta didik akan termotivasi jika guru menghargai hasil pemikiran mereka. Motivasi kecil ini mampu meningkatkan kreativitas peserta didik untuk kedepannya. Siapa tahu di kemudian hari siswa dapat menemukan passion mereka dari ide kreatif tersebut.

Guru respek terhadap pertanyaan peserta didik

Cara lain untuk meningkatkan kreativitas peserta didik yakni guru respek terhadap pertanyaan yang diajukan siswa. Terkadang, ada siswa yang terlalu kreatif. Tidak hanya terlalu kreatif, tapi juga memiliki rasa penasaran yang terlalu besar. Rasa penasaran ini tak jarang memunculkan pertanyaan di benak siswa. Mulai dari pertanyaan yang terdengar sepele bahkan sampai pertanyaan yang nyeleneh.

Guru harus bisa menyikapi pertanyaan dari peserta didik tersebut dengan bijak. Guru tak menghakimi pertanyaan yang dilemparkan peserta didik. Jika siswa merasa pertanyaan mereka dihargai, mereka akan lebih semangat untuk mencari tahu lebih. Guru juga wajib menyaring iformasi yang diperoleh peserta didik.

Guru harus memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan kepada orang lain

Gagasan kreatif dari siswa haruslah didengar atau dijelaskan pada orang lain. Di sinilah peran guru untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan kepada orang lain mengenai gagasan kreatif tersebut. Dengan membagi ide tersebut, siswa juga secara aktif berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi juga salah satu faktor untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Tak menutup kemungkinan siswa akan mendapatkan masukan dari orang lain atas gagasan kreatif tersebut.

Desain Kreatif Dalam Perencanaan Belajar

Pembelajaran kreatif serta efektif dapat membuat peserta didik mampu mengembangkan kreativitasnya sendiri. Guru membutuhkan yang namanya strategi agar peserta didik dapat menghasilkan ide baru, cara baru, desain baru, atau segala sesuatu yang sifatnya lebih baik dibandingkan yang sudah ada. Sesuatu yang baru tentu membutuhkan semacam pemicu. Salah satu pemicunya yakni informasi yang baru, penemuan baru, teknologi baru, permasalahan baru, dan segala hal baru

Baca juga:   3 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa di Lingkungan Sekolah

Indikator kreativitas dalam perencanaan belajar apabila guru menetapkan target-target berikut ini:

  • Membangun pengalaman belajar baru bagi peserta didik
  • Peserta didik mendapatkan informasi baru
  • Peserta didik mampu mengembangkan gagasan dan ide baru
  • Menghasilkan produk belajar baru
  • Produk belajar diskpresikan dan dikomunikasikan memlalui media yang kreatif

Mengembangkann kreativitas dalam pembelajaran

Cara lain untuk meningkatkan kreativitas peserta didik yakni mengembangkan pembelajaran agar lebih kreatif dan menarik. Sebenarnya meningkatkan kreativitas siswa dapat dilakukan di segala situasi. Guru dapat menciptakan kondisi yang nantinya memicu peserta didik untuk berpikir dan berkarya. Landasan yang harus diperhatikan yakni menguasai pengetahuan dan menerapkan ilmu tersebut dalam bentuk keterampilan.

Guru juga harus memenuhi kompetensi standar untuk bisa mengembangkan siswa yang kreatif. Untuk memenuhi kompetensi dasar tersebut, guru juga harus mengembangkan diri. Tidak hanya murid yang belaajr, namun guru juga masih harus belajar agar tidak ketinggalan. Berikut adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki guru.

  • Memiliki pengetahuan tentang karakter dan kebutuhan siswa kreatif
  • Mampu terampil dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik
  • Memiliki keterampilan dalam mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah
  • Dapat mengembangkan bahan ajar sehingga membentuk siswa yang kreatif
  • Mampu mengembangkan strategi pembelajaran baik secara individual maupun kolaboratif
  • Memberi toleransi dan memberi kebebasan pada siswa untuk lebih kreatif

Siswa yang kreatif dapat dilihat dari ciri-cirinya. Apabila Anda melihat ciri siswa kreatif, maka peran Anda dalam meningkatkan kreativitas peserta didik sangat diperlukan. Berikut adalah ciri-ciri siswa yang kreatif:

  • Mampu terbuka terhadap pengalaman baru
  • Kelenturan dalam bersikap
  • Mampu mengungkapkan diri secara bebas
  • Memiliki minat dalam kegiatan kreatif
  • Percaya diri terhadap ide atau gagasan sendiri
  • Mandiri
  • Mudah memberi pertimbangan

Nah, demikiamlah pentingnya kreativitas bai siswa dan cara meningkatkan kreativitas peserta didik yang dapat Anda terapkan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

 

Share :

Baca Juga

peran apresiasi guru terhadap antusias belajar

Kesiswaan

LPDP 2022 di Depan Mata : Apa Saja Persiapannya ?

Kesiswaan

Ingin Siswa Belajar dengan Optimal? Pahami 7 Jenis Gaya Belajar
Siswa Mengalami Back To School Anxiety? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Kesiswaan

Siswa Mengalami Back To School Anxiety ? Ini Penjelasan dan Cara Mengatasinya
Ranking

Kesiswaan

Ranking Itu Bukanlah Urutan Kecerdasan Seorang Murid di Dalam Kelas

Kurikulum

Mudahnya Mendapatkan Ribuan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Secara Gratis, Begini Caranya!
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Kesiswaan

Begini Strategi Menumbuhkan Karakter Cinta Tuhan pada Siswa

Kurikulum

Cara Mendesain Projek Tahap Awal untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.