Home / Kesiswaan

Selasa, 21 Juni 2022 - 12:39 WIB

Tips Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa

Tips Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa – Penyesuaian diri dalam diri siswa perlu ditingkatkan agar siswa bisa menjadi pribadi yang bisa menempatkan dirinya pada lingkunan. Namun, bagi sebagian siswa penyesuaian diri tidaklah mudah. Hal Ini biasanya karena munculnya kekhawatiran atau ketakutan pada diri siswa yang terlalu berlebihan pada lingkungan.

Di lingkungan sekolah, penyesuaian diri akan dirasakan oleh hampir semua siswa yang baru memasuki lingkungan sekolah tersebut. Penyesuaian dilakukan sejak pertama masuk sekolah, dari mulai menyesuaikan diri pada orang sekitar, guru di sekolah barunya, serta kebiasaan-kebiasaan yang ada pada sekolah tersebut.

Siswa yang belum mampu menyesuaikan diri biasanya akan cenderung pasif dan masih menerapkan kebiasaan lama yang tidak sesuai dengan kebiasaan sekolah. Akan tetapi, siswa yang mampu menyesuaikan diri dengan baik dia akan lebih mudah dalam berinteraksi dengan orang lain, sehingga membantu siswa dalam berkembang di sekolah.

Nah, untuk kamu yang belum bisa menyesuaikan diri khususnya pada lingkungan sekolah maka perlu mengikuti beberapa tips berikut. Berikut tips meningkatkan kemampuan penyesuaian diri agar kamu lebih mudah dalam berinteraksi di sekolah :

  1. Harus Percaya Diri

Percaya diri penting dilakukan agar kamu lebih mudah dalam menyesuaikan diri. Kamu bisa melatih kepercayaan diri dengan berlatih bicara di depan umum, maju ke depan kelas mengerjakan soal dari guru, menyampaikan pendapat, menemui guru di kantor, dan sebagainya. Percaya diri langkah awal agar kamu bisa menyesuaikan diri di lingkungan sekolah kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan kemampuan komunikasi kamu maupun berlatih berbaur dengan teman yang baru. Jadi, hal ini akan membantu meningkatkan keberanian kamu juga sehingga memudahkan kamu dalam menyesuaikan diri.

  1. Ciptakan Suasana Menyenangkan
Baca juga:   Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri Siswa

Lingkungan baru yang menyenangkan akan memunculkan perasaan nyaman. Tentu saja bagi peserta didik menginginkan sekolahnya adalah tempat yang nyaman baginya. Sekolah yang nyaman akan mengurangi perasaan cemas pada diri peserta didik dalam melakukan setiap interaksi. Di sekolah, guru bisa membuat lingkungan nyaman dengan menciptakan suasana sekolah yang ramah anak. Selain itu, guru juga bisa menerapkan gaya mengajar yang menjadikan peserta didik sebagai sahabat baginya sehingga akan terjalin kedekatan yang menimbulkan rasa nyaman. Menciptakan lingkungan baru yang menyenangkan juga bisa dilakukan dengan menghias kelas maupun lingkungan sekolah sesuai yang diinginkan oleh peserta didik. Hal ini juga akan memunculkan kreativitas peserta didik sehingga akan membantunya untuk tidak menyerah dalam adaptasi di lingkungan sekolahnya yang baru.

  1. Melatih Mengungkapkan Isi Hati
Baca juga:   Kiat-Kiat Sukses Lolos SBMPTN 2022!

Peserta didik biasanya sulit untuk mengungkapkan isi hatinya dan segala perasaan yang sedang dirasakan olehnya. Hal ini tentu akan menghambat proses penyesuaian diri di lingkungan sekolah karena tidak terbukanya akan hal yang sedang dialaminya. Dalam hal ini, yang bisa kamu lakukan adalah berbincang atau curhat ke teman lain atau ke sahabat. Selain itu kamu juga bisa bercerita pada guru yang dekat dengan kamu untuk melatih mengungkapkan perasaan maupun isi hati kamu. Jika kamu kesulitan dalam menyesuaikan diri biasanya guru akan membimbing kamu dengan baik.

Pada dasarnya kemampuan penyesuaian diri bisa dikembangkan ketika ada niat dari dalam diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian dirinya.

Demikian tadi ulasan mengenai tips meningkatkan kemampuan penyesuaian diri pada siswa.  Nah, kamu bisa mengikuti ketiga tips di atas untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Penulis : (GST/GST)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Materi Pendidikan Anti Korupsi
program literasi sekolah

Kesiswaan

Kemdikbudristek dan Twitter Mengembangkan Program Literasi Media Sosial Bagi Pelajar SMP

Kesiswaan

Strategi Membuat Peraturan Kelas agar Terbentuk Suasana yang Kondusif

Kesiswaan

Begini Strategi Agar Siswa Tidak Mencontek Saat Ujian

Kesiswaan

Perilaku Membolos Siswa : Faktor Penyebab dan Dampaknya

Kesiswaan

Pengumuman SBMPTN 2022, Cek Selengkapnya Di Sini!

Kesiswaan

Belajar Sambil Bermain Menggunakan Puzzlemaker

Kesiswaan

Yuk Pahami Dampak Positif dan Dampak Negatif Media Sosial
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.