Home / Kesiswaan

Minggu, 20 Februari 2022 - 22:19 WIB

LPDP 2022 di Depan Mata : Apa Saja Persiapannya ?

Beasiswa LPDP 2022 tahap satu akan segera di buka bulan Februari ini. Pendaftaran dapat dilakukan di laman resmi LPDP ( beasiswalpdp.kemenkeu.go.id ) mulai tanggal 25 Februari hingga 27 Maret 2022 mendatang.

Secara lengkap setelah pendaftaran beasiswa LPDP 2022 tahap satu ditutup tanggal 27 Maret 2022, seleksi administrasi akan dilakukan pada tanggal 28 Maret. Hasil dari seleksi administrasi tersebut kemudian akan diumumkan di tanggal 12 April 2022.

Sedangkan seleksi  bakat skolastik akan dilaksanakan tanggal 18 April 2022 dan hasilnya akan diumumkan pada 27 April. Untuk seleksi terakhir adalah seleksi substansi yang dimulai tanggal 16 Mei  dan berakhir tanggal 25 Juni 2022. Pengumuman hasil seleksi substansi final akan dilakukan pada tanggal 30 Juni 2022.

Berdasarkan laman resmi LPDP, teradapat 7 kategori pilihan beasiswa LPDP yang dibuka di tahun 2022 ini. Pertama adalah beasiswa S2/S3 untuk dalam dan luar negeri. Kedua, beasiswa S1/D4 untuk dalam dan luar negeri khusus untuk guru vokasi, pelaku budaya, siswa dan mahasiswa berprestasi.

Kategori ketiga yaitu beasiswa S2/S3 dosen dan beasiswa joint degree atau dual degree untuk dalam dan luar negeri. Beasiswa ini dikhususkan untuk dosen perguruan tinggi akademik serta perguruan tinggi vokasi. Keempat, beasiswa S2/S3 non dosen untuk dalam dan luar negeri yang dikhususkan untuk Guru Tenaga Kependidikan (GTK), pelaku budaya dan mahasiswa berprestasi nasional.

Baca juga:   Penanaman Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa

Kelima, beasiswa non degree Direktoral Jenderal Dikti untuk dalam dan luar negeri. Keenam, beasiswa  non degree Direktoral Jenderal  Guru Tenaga Kependidikan (GTK) untuk dalam dan luar negeri. Ketujuh, beasiswa non degree Ditjen Diksi untuk dalam dan luar negeri.

Sebelum mendaftar beasiswa, peserta akan diminta untuk login terlebih dahulu. Apabila belum memiliki akun, maka peserta harus membut akun dengan mengisi informasi akun dan informasi pribadi. Peserta sebaiknya menyiapkan KTP, Kartu Keluarga, serta file foto 4×6 untuk melengkapi akun.

Secara resmi, persyaratan pendaftaran beasiswa LPDP 2022 serta buku panduannya belum dikeluarkan. Namun untuk dapat mempersiapkan dengan baik, berikut perkiraan persyaratan pendaftaran beasiswa LPDP dilihat dari tahun sebelumnya.

  1. Ijazah S1/S2 asli atau legalisir atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
  2. KTP
  3. Sertifikat bahasa asing asli
  4. Transkip nilai S1/S2 asli atau legalisir
  5. Surat pernyataan bermaterai biasanya sesuai format LPDP
  6. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional sesuai perguruan tinggi serta program pilihan
  7. Surat rekomendasi akademisi atau atasan kerja
  8. Surat ijin ikut seleksi dari instansi tempat kerja bagi yang sudah bekerja.
Baca juga:   Mengenal Istilah dan Tujuan Peta Hidup (Life Mapping)

Jumlah penerima beasiswa program degree tahun ini ditargetkan akan mencapai 4.000 orang secara keseluruhan dari luar dan dalam negeri. Jumlah ini kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya. Masih ada lima hari sebelum pendaftaran dibuka. Oleh karena itu, sebaiknya para calon peserta menyiapkan kelengkapan berkas LPDP dengan sebaik-baiknya. Jangan tergesa-gesa karena dapat menimbulkan kecerobohan. Lakukan persiapan dengan teliti dan rapi. Meskipun bisa saja kegugupan muncul, tetap jaga rasa percaya diri dan hindari berfikir negatif. Tetap berusaha maksimal dan jangan lupa untuk berdoa dengan sepenuh hati.

Demikian informasi LPDP 2022 dan perkiraan berkas persiapannya. Anda dapat memantau laman resmi LPDP ( lpdp.kemenkeu.go.id ) untuk mengetahui perkembangan terbaru sebutar beasiswa LPDP atau juga gurubelajar.id untuk mendapat berita dan artikel sepurtar pendidikan.

 

Bergabunglah menjadi member e-guru.id dan dapatkan informasi mengenai pelatihan-pelatihan guru. Anda dapat mengaksesnya secara GRATIS sebagai member. Klik LINK INI untuk mendaftar.

Penulis : Agriantika Fallent

 

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Ajarkan Siswa Untuk Hormat Kepada Orang Tua Melalui 10 Cara Ini!

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini

Admin Sekolah

Administrasi Sekolah Semakin Mudah dengan Microsoft Excel

Kesiswaan

Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter

Kesiswaan

Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Digital

Kesiswaan

Cara Mewujudkan Perkembangan Siswa dengan Baik

Kesiswaan

Pentingnya Penanaman Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini

Kesiswaan

Materi MPLS Pendidikan Karakter tahun 2022
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.