Home / Media Pembelajaran

Kamis, 17 Februari 2022 - 22:43 WIB

Web Pembelajaran : Cara Unik Untuk Mengajar

Media pembelajaran kini mulai berkembang dan merambah hingga ke web pembelajaran.Untuk itu, pembelajaran berbasis website ini tentu perlu untuk dipahami agar guru nantinya dapat menerapkan ke dalam lingkungan ajarnya.

Pengertian pembalajaran berbasis web adalah cara belajar mengajar dengan menggunakan bantuan internet sebagai media aksesnya. Contoh website pembelajaran yang terkenal di Indonesia diantarnya adalah brainly, ruangguru, zenius, quipper, dan masih banyak lainnya.

Website sendiri biasanya digunakan sebagai sarana informasi, branding, maupun penjualan bagi perusahaan. Sehingga pembelajaran berbasis website merupakan cara yang terkesan unik. Berikut ini keunikan mengajar dengan web pembelajaran.

Pertama, keunikan akses pembelajaran. Web memiliki sifat yang dapat diakses secara online, kapan saja dan dimana saja. Sehingga media pembelajaran ini akan relevan dan cocok bagi siswa di zaman sekarang yang terbiasa dengan gadget dan menyukai hal praktis.

Siswa juga akan mendapatkan pengalaman belajar seperti ketika mereka mengakses informasi sendiri melalui mesin pencari.

Kedua, keunikan sifat. Website pembelajaran memberikan sifat dan kesan yang lebih menyenangkan. Cara pembelajaran yang sama, akan menimbulkan kebosanan pada siswa. Oleh karena itu, penggunaan media website dapat memberikan kesan yang baru dalam pembelajaran.

Baca juga:   Kuasai 8 Ketrampilan Dasar Mengajar Untuk Jadi Guru Profesional, Ini Caranya!

Siswa yang biasanya malu mengungkapkan pendapatnya secara langsung, juga dapat lebih nyaman dan leluasa.  Sehingga, media pembelajaran ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Ketiga, efisiensi pembelajaran. Website pembelajaran dapat memuat berbagai media seperti dari foto, suara, hingga video sehingga hal-hal yang biasanya tidak bisa dilakukan dalam pembelajaran biasa, dapat diterapkan di website tersebut.

Pembelajaran akan menjadi efisien karena guru tidak perlu menjelaskan berulang-ulang sebab siswa dapat memahami kembali secara mandiri dari materi yang dibagikan di sana. Materi yang dibagikan juga memungkinkan untuk menjangkau banyak siswa sekaligus.

Selain itu, efisiensinya juga dapat dirasakan oleh guru. Dimana guru dapat dengan mudah mengontrol siswa. Dari mulai keaktifan diskusi, waktu tepat pengumpulan tugas maupun ulangan.

Keempat, cepat dalam komukasi dan memberi respon. Dalam pembelajaran tatap muka maupun daring, guru bisa saja lupa menyampaikan satu atau dua poin materi. Atau bisa juga karena waktu ynag terbatas, tidak memungkinkan guru menyampaikan banyak hal. Hal ini akan menimbulkan pembelajaran menjadi lambat.

Namun, hal tersebut dapat diatasi ketika ada web pembelajaran. Komunikasi mengenai tugas dan materi dapat dilakukan dengan cepat dan siswa juga dapat dengan cepat juga merespon.  Sehingga web pembelajaran cocok digunakan untuk pelengkap pembelajaran tatap muka ataupun daring.

Baca juga:   Cara Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah

Kelima, lebih mudah menyimpan materi. Saat pembelajaran siswa biasanya akan mecatat apa yang disampaikan guru. Kebiasaan ini tentu baik, namun bagaimana dengan siswa yang malas. Web pembelajaran memudahkan siswa dalam menyimpan materi pelajaran, sehingga tidak ada lagi alasan bagi siswa tidak tau materi yang disampaikan.

Hal ini juga akan membantu mengurangi miskonsepsi antara apa yang disampaikan guru dan apa yang diterima murid.

Demikian pembahasan mengenai web pembelajaran yang merupakan cara unik untuk mengajar. Dengan memahami hal tersebut, semoga guru tidak lagi bingung dalam mencari media pembelajaran yang relevan. Karena web dapat digunakan sebagai sarana alternatif pengajaran.

Guru juga dapat memanfaatkan berbagai kelebihan web sebagai bentuk perpanjangan tangan dalam mengajar siswa sampai paham.

 

Mari bergabung dalam e-guru.id untuk mendapat berbagai info pelatihan termasuk pelatihan pembuatan web pembelajaran. Klik LINK INI untuk mendaftar menjadi member e-guru.id.

Penulis: Agriantika Fallent

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Rekomendasi Media untuk Membantu Meningkatkan Literasi Siswa

Media Pembelajaran

Cara Membuat Akun Telegram di HP

Media Pembelajaran

Mengajar Matematika dengan Game agar Pembelajaran Lebih Menarik

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis

Media Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran Daring untuk Solusi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Media Pembelajaran

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

Media Pembelajaran

Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran

Kesiswaan

4 Aplikasi Bacaan di Android untuk Meningkatkan Literasi pada Anak