Home / Media Pembelajaran

Minggu, 14 Agustus 2022 - 21:14 WIB

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Anak-anak zaman sekarang sepertinya telah menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari keseharian mereka. Hal ini juga di fasilitasi dengan banyaknya lembaga kursus bahasa Inggris yang terus bermunculan.

Bahkan, untuk sekolah swasta kelas atas, mereka sudah menggunakan sistem dua bahasa saat memberikan mata pelajaran. Jadi bagi Anda yang tidak berada di sekolah yang menggunakan sistem dual language atau tidak memiliki cukup uang untuk mengikuti kursus bahasa Inggris, tidak perlu khawatir.

Karena sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa membantu Anda menguasai bahasa internasional ini.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional penting yang harus di kuasai apalagi oleh para calon pekerja. Ya, di era globalisasi sekarang ini, penguasaan bahasa asing memberikan nilai tambah.

Bagi Anda yang ingin fasih berbahasa Inggris, Anda sudah mulai bisa belajar bahasa Inggris melalui aplikasi di smartphone. Selain mudah dan praktis, Anda juga bisa mengakses sejumlah aplikasi secara gratis. Nah, berikut ini merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa Anda coba.

Duolingo

Mungkin Sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan nama Duolingo. Ini karena Duolingo adalah salah satu aplikasi belajar bahasa asing yang paling populer. Duolingo menyediakan berbagai fitur pendukung pembelajaran bahasa Inggris yang cukup lengkap.

Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengasah kemampuan pengucapan, mempelajari kosakata baru, dan melatih keterampilan mendengarkan bahasa Inggris. Untuk menguji sejauh mana kemampuan pengguna dalam berbahasa Inggris, Duolingo juga menyediakan kuis dengan gambar-gambar interaktif.

Oleh karena itu, pengguna dapat belajar berbicara bahasa Inggris secara teratur. Tidak hanya menyediakan fitur belajar bahasa Inggris, Duolingo menawarkan 35 bahasa lain yang bisa dipelajari pengguna, mulai dari bahasa Spanyol, Prancis, Mandarin, Italia, Jerman dan masih banyak lagi. Pengguna dapat mengunduh Duolingo secara gratis melalui Google Play Store atau App Store.

TopEdu

Aplikasi belajar bahasa inggris selanjutnya adalah TopEdu, meskipun masih tergolong baru, namun situs pelatihan online ini memiliki banyak pilihan belajar bahasa Inggris yang bisa Anda ikuti. Aplikasi ini terhubung dengan akun TopKarir, bagi anda yang sudah memiliki akun TopKarir bisa langsung login dan belajar. Pilih kategori Bahasa dan temukan pelatihan yang Anda inginkan.

Selain bahasa Inggris, Anda juga dapat menemukan kursus pelatihan lain yang dapat menunjang karir Anda. Mulai dari pelatihan bisnis, desain, developer, psikologi, bahasa, perhotelan, hingga pemasaran.

Baca juga:   Cara Membuat Akun Telegram di HP

Busuu

Busuu adalah salah satu aplikasi pembelajaran bahasa paling populer. Busuu juga mendukung bahasa Inggris dari berbagai bahasa lainnya. Aplikasi ini menggunakan metode yang agak tradisional. Pelajari tata bahasa, ejaan, kata, frasa, dan percakapan bahasa Inggris.

Aplikasi ini juga mencakup pelatihan aksen dan merupakan salah satu dari sedikit aplikasi bagus untuk belajar bahasa Inggris secara offline. Agak mahal untuk tiket tahunan. Namun, Anda bisa mendapatkan jumlah konten yang layak secara gratis ketika memulainya.

Speaky

Seperti judulnya, Speaky menyambut Anda yang mencari cara untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris, melalui pertukaran pengetahuan. Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, hanya cari pengguna terdaftar yang menggunakannya sebagai bahasa ibu mereka.

Cukup masuk menggunakan akun Google+ atau Facebook. Kemudian pilih bahasa Inggris sebagai bahasa untuk dipelajari dan tentukan level Anda. Untuk saat ini, Speaky menawarkan metode obrolan untuk berkomunikasi dengan rekan latihan Anda.

Namun, ada fungsi pemeriksaan kosakata, sehingga Anda tahu kata yang Anda tulis salah atau benar. Nantinya, Speaky juga akan memfasilitasi komunikasi dengan pesan audio dan file sharing.

Cake

Aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris yang di sediakan melalui video YouTube. Video ini berisi materi lisan bahasa Inggris dan di sertai dengan subtitle bahasa Indonesia. Aplikasi ini juga mampu membantu mengasah kemampuan berbicara dengan fitur AI Speech Recognition. Pengguna dapat melafalkan kalimat dalam bahasa Inggris dan segera menerima umpan balik koreksi dari aplikasi.

Grammarly

Aplikasi satu ini adalah salah satu aplikasi pembantu yang dapat membantu pengguna belajar menulis dalam bahasa Inggris. Saat aplikasi ini di pasang di ponsel pengguna, Grammarly akan menggantikan fungsi keyboard bawaan ponsel. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah fungsionalitas untuk memeriksa ejaan dalam bahasa Inggris.

 

Jika pengguna salah mengeja kata dalam bahasa Inggris, Grammarly dapat memperbaiki ejaan kata yang di maksud. Manfaat lain Grammarly adalah kemampuannya mendeteksi konteks yang terdapat dalam sebuah kalimat. Aplikasi ini dapat memodifikasi saran ejaan berdasarkan isi kalimat yang di ketik oleh pengguna, menggunakan bahasa formal atau kasual.

Alhasil, pengguna Grammarly bisa terbantu dalam hal studi dan pekerjaan mereka, misalnya ketika mereka menulis esai atau surat dalam bahasa Inggris. Pengguna Android dan iOS dapat mengunduh aplikasi Grammarly secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

Baca juga:   Canva, Aplikasi untuk Anda yang Ingin Berpikir Kreatif

Hello English

Hello English merupakan aplikasi populer untuk belajar bahasa Inggris. Aplikasi ini memungkinkan Anda mempelajari bahasa dari 22 bahasa lain. Aplikasi ini memiliki 475 pelajaran, dapat di gunakan secara offline, kamus 10.000 kata dan guru untuk membantu Anda.

Hello English juga menggunakan beberapa metode pengajaran yang menyenangkan, seperti berita harian, klip audio dan video, serta ebook. Orang-orang sangat menyukai aplikasi ini. Berlangganan juga cukup terjangkau, meskipun kami merekomendasikan berlangganan satu tahun karena jauh lebih murah daripada langganan lainnya.

Marbel Belajar grammar

Sepintas, aplikasi belajar bahasa Inggris ini terkesan berat karena langsung membahas masalah grammar. Karena tata bahasa adalah bagian yang agak sulit dari suatu bahasa. Namun, Marbel belajar Grammar akan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Aplikasi yang dibuat oleh Educa Studio ini menyajikan materi utama artikel seperti a / an dan the.

Ini juga mengajarkan penggunaan frasa pasif dan aktif. Termasuk tenses (kalimat). Educa Studio memudahkan Anda untuk belajar grammar dengan memberikan informasi dalam bahasa Indonesia di setiap materi yang diberikan. Dapat memudahkan pemahaman materi secara lebih mendalam. Jadi, meskipun Anda seorang pemula, Marbel belajar Grammar tetap cocok.

Hello Talk

Bosan belajar bahasa Inggris dengan robot? Jika demikian, Anda mungkin ingin mencoba mengunduh aplikasi HelloTalk. Tidak seperti aplikasi belajar bahasa Inggris lainnya, HelloTalk menyediakan fungsi chatting. Fitur ini memungkinkan pengguna HelloTalk untuk berinteraksi dengan pengguna dari negara lain.

Pengguna HelloTalk dapat berkomunikasi seolah-olah sedang mengobrol melalui aplikasi layanan pesan singkat. Bedanya, setiap kata yang diketik oleh pengguna dapat di deteksi oleh sistem HelloTalk. Jika ada kesalahan dalam ejaan kata bahasa Inggris, sistem dapat segera memperbaiki kesalahan tersebut.

Uniknya HelloTalk juga menyertakan fitur konversi suara ke teks atau sebaliknya. Kalimat tersebut akan langsung di terjemahkan ke dalam bahasa yang di inginkan oleh pengguna. Percakapan bisa di lakukan secara individu atau kelompok. HelloTalk bukan hanya dapat mendeteksi bahasa Inggris, tetapi juga 150 bahasa asing lainnya. Pengguna juga dapat mengobrol dengan pengguna lain dalam berbagai bahasa. HelloTalk bisa unduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran

Media Pembelajaran

Bikin Video Pembelajaran Ala Youtuber Dengan Aplikasi Edpuzzle
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Karya Inovatif

Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Media Pembelajaran

Definisi, Prinsip, Fungsi dan Cara Memilih Bahan Ajar

Kenaikan Pangkat

Membuat Video Pembelajaran Hanya Butuh Smartphone?

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik

Media Pembelajaran

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.