Home / Media Pembelajaran

Jumat, 18 Maret 2022 - 11:16 WIB

Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video– Tahukah Anda bahwa slide powerpoint bisa diubah menjadi sebuah video? Hal ini akan menjadi opsi yang bagus apalagi disaat pandemi covid-19 di mana pendidikan di sekolah sebagian menggunakan metode daring. Anda tidak perlu memakan banyak waktu untuk mengedit video, akan tetapi cukup dengan powerpoint yang sudah Anda miliki untuk kemudian diubah atau dikonversi menjadi sebuah video. Karena ketika pembelajaran daring setidaknya ada interaksi antara guru dengan siswa. Nah, untuk menciptakan interaksi antara guru dan siswa maka diperlukan pembelajaran yang menarik yakni dengan bantuan media video. Siswa akan lebih tertarik untuk menonton sebuah video daripada hanya mendengarkan ceramah dari gurunya.

Powerpoint tentu tidak asing di kalangan para guru. Hampir semua guru bisa membuat powerpoint tapi belum tentu bisa membuat video. Powerpoint menjadi program andalan dalam mempresentasikan materi kepada siswa. Hal ini karena mudah dan di dalam powerpoint juga bisa menampilkan berupa teks, tabel, gambar dan sebagainya. Penggunaan powerpoint akan mudah ketika pembelajaran tatap muka di kelas. Namun, apabila pembelajaran daring maka powerpoint akan begitu sulit untuk diterapkan.

Nah, untuk itu diperlukan keahlian untuk bisa mengubah slide powerpoint menjadi video. Namun Anda dapat mengubah powerpoint menjadi video jika Anda menggunakan microsoft powerpoint versi 2007 ke atas.

Kemudian yang jadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengubah slide powerpoint menjadi video? Dalam artikel ini Anda akan memperoleh jawaban dan penjelasannya. Mari disimak penjelasan berikut ini :

Baca juga:   Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

1. Membuat Slide Power Point

Hal utama tentu adalah membuat slide powerpoint. Powerpoint bisa berisi materi pembelajaran yang akan dibuat video nantinya. Untuk powerpoint ini didesain secara lengkap mulai dari transisi maupun background. Jadi usahakan powerpoint sudah dibuat baik sedemikan rupa. Setelah Anda sudah mendapatkan powerpoint yang  Anda inginkan, maka simpan powerpoint tersebut dengan klik tombol save.

2. Membuka File Powerpoint

Pada langkah kedua ini yaitu membuka file powerpoint yang sudah Anda buat sebelumnya. Anda bisa mengecek sebelumnya mengenai file powerpoint Anda. Jika misalkan akan ada hal yang diedit bisa diedit pada saat itu sebelum nanti akan diubah menjadi video jadi file powerpoint sudah benar-benar fiks.

3. Klik menu File, Pilih Export > Create a Video

Anda masih dalam keadaan membuka file powerpoint. Kemudian lakukan langkah dengan klik tombol file lalu pilih export dan pilih create a Video. Anda bisa melakukannya dengan melihat gambar berikut :

4. Mengatur resolusi dan timing yang dibutuhkan.

Sebelumnya Anda sudah pilih create a video. Nah, di sampingnya akan muncul beberapa pilihan. Anda bisa memilih jenis resolusi untuk video Anda. Pada menu resolusi ada 3 pilihan yaitu computer & HD Displays, Internet & DVD, dan Portable Devices. Kemudian, untuk mengatur timing atau waktunya Anda tinggal pilih misalkan perpindahan dari slide satu ke slide berikutnya selama 5 detik. Maka tulis 05.00 pada bagian seconds spent on each slide. Pada langkah ini misalnya Anda bisa memilih resolusi Internet & DVD dengan timing 5 detik.

Baca juga:   Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

5. Klik tombol create a video

Setelah Anda sudah mengatur resolusi dan timing, langkah berikutnya adalah klik create a video di bagian bawah Anda mengatur timing. Selanjutnya akan muncul jendela penyimpanan video. Silahkan pada langkah ini Anda menamai file video Anda. Kemudian, pilih jenis format video yang diinginkan. Dan yang terakhir adalah klik tombol save untuk menyimpan video. Langkah ini bisa dilihat seperti gambar di bawah ini :

6. Memproses menjadi video

Langkah terakhir, powerpoint akan mulai memproses presentasi menjadi video. Proses pembuatan video bergantung pada banyaknya slide presentasi didalamnya. Nah, pada langkah ini Anda menunggu hingga proses membuat video selesai. Setelah proses selesai Anda bisa membuka file video Anda.

Demikian artikel ini membahas mengenai tutorial mengubah powerpoint menjadi video. Semoga artikel ini membawa manfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk selalu kunjungi web https://gurubelajar.id.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dengan cara klik pada link INI

 

Share :

Baca Juga

kelebihan dan kekurangan quizizz

Karya Inovatif

Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Media Pembelajaran

Cara Memasukkan File Audio di LiveWorksheets Ketika Membuat LKPD

Media Pembelajaran

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Kelas Online

Media Pembelajaran

Bikin Video Pembelajaran Ala Youtuber Dengan Aplikasi Edpuzzle
tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Media Pembelajaran

5 Rekomendasi aplikasi yang memudahkan belajar matematika

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Teka Teki Silang Untuk Pembelajaran dengan EclipseCrossword