Home / Media Pembelajaran

Kamis, 24 November 2022 - 23:59 WIB

5 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

Media pembelajaran interaktif berbasis software terdapat beberapa macam yang perlu diketahui oleh guru. Dengan menggunakan media tersebut, diharapkan para guru mampu mencetak generasi masa depan yang andal.

Pendidikan merupakan jalan untuk memberi perubahan positif pada peradaban. Siapapun wajib untuk memperbarui aspek pendidikannya, terutama para pemudanya.

Dunia akan mengalami kekacauan dan kerusakan bila generasi tak dapat menyerap pendidikan dengan benar.

Hanya saja, terkadang pendidikan akan mengalami beberapa kendala dan hambatan. Salah satunya yakni ketidakmampuan sebagian peserta didik untuk menyerap pembelajaran. Fenomena ini akan berdampak pada peserta didik dan juga capaian belajarnya.

Bisa saja malah mengakibatkan penurunan prestasi akademik, perubahan pola sikap bahkan akan mengganggu pertumbuhan mentalnya.

Maka dari itu, para guru dan satuan pendidikan berusaha untuk senantiasa menghidupkan semangat belajar para peserta didik.

Banyak strategi yang dilakukan misalnya dengan melakukan amandemen pada kurikulum. Kemudian juga dengan pembaharuan pada strategi dan teknik pengajaran.

Pun adanya media interaktif juga difungsikan sebagai pelengkap dalam pembelajaran. Selain memudahkan guru untuk memberikan penjelasan mengenai materi tertentu, media interaktif juga dapat digunakan sebagai bahan pelengkap. Sehingga para peserta didik tak dapat menemukan solusi di buku teks.

Baca juga:   Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon

Wujud dari media pembelajaran interaktif sangat bervariasi. Ada yang dibentuk dalam model platform, situs berbasis web dan juga media interaktif berbasis software.

Mengenal Ragam Media Interaktif Berbasis Software

Adapun ragam dari media interaktif yang dapat diketahui yakni sebagai berikut :

1.    Menggunakan Software Rekentest

Software pertama yang bisa digunakan yakni Rekentest. Rekentest merupakan software yang diperuntukkan bagi pendidikan.

Software ini bisa digunakan oleh para guru dan peserta didik secara gratis untuk bisa meningkatkan intelektualitas mereka pada aspek komputasi. Peningkatan tersebut dilakukan melalui fitur kuis.

2.   Menggunakan Sicyon Lite

Software kedua yang bisa digunakna yakni kalkulator ilmiah dengan brand Sicyon Lite. Kalkulator tersebut dapat digunakan oleh peserta didik bahkan yang jurusannya statistika dan IPA.

Peserta didik yang membutuhkan fitur SIN, COS, TAN juga bisa menggunakannya karena software tersebut memberi klaim bahwa memiliki fitur yang lengkap.

3.   Menggunakan Chinese Toolbox

Kemudian software lain yang bisa digunakan yakni Chinese Toolbox. Software ini sangat direkomendasikan untuk digunakan peserta didik pada jenjang satuan pendidikan menengah ke atas, apalagi bagi yang jurusannya bahasa.

Baca juga:   Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran

Sebab,software ini menawarkan fitur pembelajaran bahasa Mandarin. Bahkan anda juga bisa mempelajarinya dari tingkat yang paling dasar.

4.   Menggunakan Chemdigit

Software lain yang anda bisa gunakan yakni Chemdigit. Chemdigit adalah suatu software yang bisa membantu para guru mapel kimia beserta para peserta didiknya. Tentu saja software ini akan menjadikan para peserta didik mudah mengakses pembelajaran kimia.

5.   Menggunakan Portable

Kemudian software lain yang bisa digunakan yakni software Balabolka Portable. Jika anda adalah seorang guru IT dan memiliki para peserta didik yang sangat tertarik di bidang mapel tersebut, ajaklah mereka untuk mengaksesnya.

Software ini dapat difungsikan untuk mengubah bahasa tulis menjadi bahasan lisan dalam bentuk digital.

Nah demikian ulasan mengenai jenis media pembelajaran interaktif berbasis software. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Panduan Lengkap Liveworksheets untuk Hadirkan Kelas Online Lebih Interaktif

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut 6 Aplikasi Game Matematika Terbaik
tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM
kiat-kiat sukses

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik
kelebihan dan kekurangan quizizz

Media Pembelajaran

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Online

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Media Pembelajaran

Langkah-Langkah Membuat Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran