Home / Media Pembelajaran

Kamis, 10 Maret 2022 - 22:32 WIB

3 Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Zaman Now

Di era disrupsi dan digital ini pembelajaran lebih banyak di laksanakan via teknologi informasi. Apalagi di masa Covid-19 ini banyak sekali proses belajar mengajar dilakukan di dalam jaringan (daring). Pembelajaran tidak dilakukan dengan tatap muka, akan tetapi dilakukan dengan program perangkat lunak telekonferensi video. Contohnya seperti Zoom Cloud Meetings, Google Meets, dst. Sehingga proses pembelajaran perlu disampaikan sebaik mungkin dengan media pembelajaran yang menarik dan kekinian. Tenaga pendidik perlu menyampaikan materi dengan cara sebaik mungkin lewat teknologi interaktif. Contoh media pembelajaran kekinian yang bisa digunakan serta efektif adalah multimedia interaktif seperti video pembelajaran, buku digital, games digital, dan power point, dst. Berikut ini beberapa media pembelajaran yang bisa digunakan pendidik secara interaktif yang berbasis teknologi digital.

1. Canva

Aplikasi canva ini dapat digunakan guru untuk membuat materi yang menarik dengan berbagai fitur editing grafis dan visual. Sehingga materi yang akan disampaikan pun dapat lebih menarik dan tidak membosankan. Selain itu juga terdapat tujuh kategori template yang sudah disediakan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kategori yang bisa dinikmati di sini diantaranya adalah media sosial, presentasi, dokumen, personal, pendidikan, marketing, event, dan iklan. Nah, guru zaman now bisa menggunakan template dengan kategori pendidikan. Dengan memilih template ini guru dapat dengan mudah membuat materi biasa menjadi lebih menarik dan interaktif untuk siswa di pembelajaran daring. Canva dapat digunakan untuk membuat leaflet, flyer, pamflet, poster, template presentasi, infografis, rangkuman materi dst. Aplikasi ini dapat diakses dimanapun dan kapanpun lewat handphone maupun personal computer (PC).

Baca juga:   Mengenal RPP Literasi dan Numerasi dan Cara Menyusunnya

2. Powtoon

Powtoon merupakan aplikasi video animasi berbasis online yang dapat digunakan oleh guru dengan mudah. Perangkat video animasi ini mudah sekali digunakan sebagai penunjang media pembelajaran interaktif untuk guru manapun. Kelebihan aplikasi ini adalah menyajikan keluesan dengan gambar bergerak dan tools yang dapat menutupi keterbatasan dalam penyampaian materi dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh. Guru dapat menambahkan character, text effect, animation, link, background, dst. Kita dapat menyimpan hasil editing dari aplikasi powtoon dengan format MP4, PDF, dan PPT. Selain itu hasil yang telah dibuat oleh guru dapat diunggah di sosial media seperti facebook, intagram, dan youtube. Proses editing di aplikasi inipun tidak susah, jadi untuk guru yang sudah berumur juga dapat menggunakannya.

Baca juga:   5 Rekomendasi aplikasi yang memudahkan belajar matematika

3. Edpuzzle

Terakhir adalah edpuzzle, sebuah platform layanan video interaktif yang dapat digunakan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran daring. Guru dapat dengan mudah membuat video dengan berbagai bentuk dan kretivitas. Seperti membuat video yang di dalamnya sudah terdapat tugas, instruksi, penilaian formatif, maupun pemantaun tugas dengan mengatur video tersebut sesuai kebutuhan. Layanan ini dapat di akses di website edpuzzle.com menggunakan handphone maupun personal computer (PC). Selain itu layanan ini dapat dinikmati oleh guru (teacher) maupun murid (student). Terdapat dua pilihan dalam layanan ini, yaitu untuk i’m teacher dan i’m student. Layanan ini memang diperuntukkan untuk pelajaran, kelas dan sekolah berbasis online atau dalam jaringan (daring). Guru zaman now dapat masuk melalui akun Google dan akun Microsoft. Selain itu guru maupun murid dapat juga membuat akun edpuzzle sendiri dengan email pribadi. Banyak sekali manfaat dari layanan video interaktif ini untuk guru zaman now. Layanan ini juga dapat diintegrasikan dengan Google Classroom.

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon

Media Pembelajaran

Definisi, Prinsip, Fungsi dan Cara Memilih Bahan Ajar

Media Pembelajaran

Mengenal Jenis Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Media Pembelajaran

Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Media Pembelajaran

Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran