Home / Media Pembelajaran

Jumat, 5 Agustus 2022 - 15:22 WIB

3 Hal Penting Dalam Membuat Power Point Kreatif Untuk Media Pembelajaran Interaktif

Media pembelajaran Power Point kerap digunakan oleh para guru belakangan ini. Selain karena proses penggunaannya yang mudah, Power Point juga menjadi salah satu penambah daya tarik bagi siswa selama menyimak pembelajaran. Pembuatan Power Point perlu memerhatikan 3 hal utama, yaitu tema, teks, dan tambahan daya tarik yang dipilih guru untuk menjelaskan materi.

Tema 

Guru dapat menggunakan tema Power Point yang menarik dan menyesuaikan dengan materi yang akan dibawakan. Guru dapat mencari referensi dan template di beberapa website yang gratis atau berbayar. Misalnya, Canva dan slidesgo.com.

Teks

Dalam pembuatan media pembelajaran Power Point, diperlukan pemilihan typeface (karakteristik huruf) yang menarik dan sederhana, contohnya font Monsterrat. Perlu diperhatikan pula panjang pendeknya teks, sehingga yang disajikan hanyalah poin-poin penting dan tidak bertele-tele. 

Baca juga:   Rekomendasi Media untuk Membantu Meningkatkan Literasi Siswa

Tambahan Daya Tarik

Guru dapat menambahkan gambar atau video yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan. Selain itu, guru dapat memberikan permainan interaktif melalui Power Point. Contohnya, tebak gambar, Proptofs, Quipper, dan Quizziz.

Power Point yang menarik akan membantu untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang dijelaskan karena mencuri perhatian siswa. Selain tema, teks, dan tambahan daya tarik, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan patut dipelajari dalam membuat Power Point untuk pembelajaran interaktif, apalagi jika ingin membuat media pembelajaran Power Point versi level up dari biasanya.

Beberapa hal tersebut, contohnya membuat halaman tombol navigasi, menginput data, mengolah sheet aplikasi, dan memasukkan rumus.

Baca juga:   Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Wah … kemampuan tersebut pastinya akan sangat bermanfaat bagi guru di era digital saat ini. Oleh karena itu, e-Guru.id memfasilitasi para guru untuk mempelajari cara membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Power Point melalui pelatihan online.

Untuk guru yang berminat, dapat mengunjungi e-guru.id/pelatihan dan memilih “Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Power Point” yang akan dilaksanakan pada 5-12 Agustus 2022. Dari pelatihan tersebut, guru akan mendapatkan materi, e-Sertifikat 32JP, full support dari Tim Instruktur, dan Laporan Pengembangan Diri.

Yuk, segera kunjungi e-guru.id/pelatihan untuk informasi lebih lanjut dan segera mendaftarkan diri untuk mewujudkan guru kreatif masa kini!

(gcm/rtq)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Kelebihan media pembelajaran powerpoint dalam pembelajaran

Karya Inovatif

Pentingnya Bahan Ajar Bagi Kesuksesan Pembelajaran

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik

Media Pembelajaran

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi
kelebihan dan kekurangan quizizz

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Cara Membuat Poster Pendidikan yang Menarik
contoh deskripsi pengalaman kerja pppk guru

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran dengan Classpoint