Home / Media Pembelajaran

Rabu, 31 Agustus 2022 - 20:35 WIB

Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Video Pembelajaran – Pada proses pembelajaran banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik, serta media pembelajaran. Penggunaan media yang kurang bervariasi membuat siswa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.

Apabila siswa mulai merasa bosan maka ia juga akan sulit menerima materi yang diajarkan oleh guru, hal tersebut akan membuat siswa juga kesulitan dalam menjawab dan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru.

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau keterampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.

Seiring dengan berjalannya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya media video yang menjadi kebutuhan penting bagi jalannya suatu pembelajaran yang bersifat mendesak. Hal ini disebabkan sifat pembelajaran yang kompleks.

Terdapat berbagai tujuan pembelajaraan yang sulit dicapai hanya dengan mengandalkan penjelasan guru. Oleh karena itu, agar pembelajaran dapat mencapai hasil yang maksimal diperlukan adanya pemanfaatan media, salah satunya media video pembelajaran.

Baca juga:   Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

Media pembelajaran berbasis video merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi yang tersedia dalam teknologi smartphone. Melalui aplikasi CapCut guru dapat membuat bahan ajar multimedia interaktif dengan aplikasi tersebut yang bisa dibuat di HP Android yang mendukung.

Penyampaian pembelajaran teks prosedur bisa dimasukkan dalam bahan ajar multimedia interaktif tersebut yang dapat dimanfaatkan pada saat mengajar. Bahan ajar yang terlihat seperti animasi sangat digemari oleh siswa.

Keunggulan Aplikasi Capcut Sebagai Aplikasi Video Pembelajaran

1. Tidak Memiliki Watermark

Saat menggunakan aplikasi gratis, watermark sering muncul. Namun, tidak seperti dengan CapCut. Oleh karena itu, anda dapat membuat video pembelajaran tanpa watermark menggunakan aplikasi ini, meskipun aplikasi ini gratis. Setelah mengubah video, anda hanya perlu mengekspornya tanpa watermark.

2. Menampilkan Beberapa Efek dan Filter

Anda dapat menerapkan berbagai efek dan filter secara gratis pada aplikasi edit video dan foto ini agar video pembelajaran terlihat lebih menarik. Anda hanya perlu mengubahnya dan memberi efek nama yang sesuai dengan video.

Baca juga:   Canva, Aplikasi untuk Anda yang Ingin Berpikir Kreatif

3. Fitur Pengeditan yang Lengkap

Aplikasi edit video dan foto ini menawarkan banyak sekali fitur. Contohnya mengunggah gambar atau video, mengedit video, memasukkan musik, dan masih banyak lagi. Fitur aplikasi CapCut saat ini semuanya dianggap sebagai yang terbaik dan semuanya gratis.

4. Template yang Beragam

Saat ini sudah banyak sekali template yang dapat anda pilih yang berhubungan dengan pendidikan.

5. Kualitas Video Terbaik

Video hasil edit dari aplikasi CapCut kualitasnya memang sangat bagus sekali. Bahkan, Anda dapat memilih antara resolusi rendah dan HD. Tetapi pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup RAM. Hal ini dilakukan agar dapat menyimpan video dengan kualitas terbaik.

Mudah, bukan? Tertarik untuk membuat video pembelajaran menggunakan Capcut? Anda dapat mengikuti pelatihan dari e-Guru.id dengan judul “Membuat Video Pembelajaran Menarik Menggunakan Capcut”

Daftar Sekarang

(fas/rtq)

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Kelebihan media pembelajaran powerpoint dalam pembelajaran

Media Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran Daring untuk Solusi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Kurikulum

Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Media Pembelajaran

Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka

Kesiswaan

Mengenal Istilah dan Tujuan Peta Hidup (Life Mapping)

Media Pembelajaran

Mengenal Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital