Home / Media Pembelajaran

Jumat, 18 Maret 2022 - 17:16 WIB

Panduan Lengkap Liveworksheets untuk Hadirkan Kelas Online Lebih Interaktif

Panduan Lengkap LiveworksheetsPembelajaran secara online sekarang mulai berjalan di berbagai sekolah di Indonesia. Meski sempat dilakuka pembelajaran tatap muka, tetapi hal itu tidak bertahan lama karena kondisi yang semakin memburuk. Tidak sedikit pula yang mengeluh akan sulitnya belajar secara online karena sangat pasif dan kurang komikatif dengan kelas dan gurunya. Maka, seorang guru harus mampu melakukan inovasi agar proses pembelajaran bisa diterima dengan baik oleh peserta didik. Salah satunya adalah mempelajari panduan lengkap Liveworksheets.

Liveworksheets ini adalah salah satu media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran di kelas online.  Anda dan peserta didik akan lebih mudah dalam memberikan dan menerima pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran. Selain itu, suasana di kelas juga akan lebih berwarna dan bisa membuat peserta didik semangat belajar.

Pengertian Liveworksheets

Konsep media pembelajaran ini adalah untuk meghadirkan sebuah lembar kerja untuk peserta didik dalam bentuk online. Sehingga peserta didik bisa mengisi secara langsung jawaban di lembar kerja tersebut.

Sistem seperti ini jelas akan sangat sesuai dengan sistem pembelajaran yang berbasis online. Dalam Liveworksheets, Anda tidak hanya dapat menyampaikan soal melalui lembar kerja tersebut, tetapi juga materi pembelajarannya. Anda tidak perlu khawatir bila menggunakan layanan pembuatan media ini karena sistem pembuatannya relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk mereka yang masih pemula.

Dengan memahami panduan lengkap Liveworksheets, Anda sudah memiliki cukup bekal untuk membuat sendiri lembar kerja berbasis online untuk mengajar di kelas. Anda juga bisa dengan bebas mengkreasikan layanan situs sesuai dengan kebutuhan kelas Anda. Sehingga fungsinya dalam membuat suasana kelas menjadi lebih interaktif dan komunikatif bisa berjalan dengan baik.

Keunggulan Media Pembelajaran Online Liveworksheets

Ada banyak sekali keunggulan yang ada di layanan pembuatan materi dan latihan soal, Liveworksheets. Nah, berikut ini adalah beberapa ulasannya sehingga Anda akan semakin tertarik untuk memanfaatkan keberadaan situs pembuatan media satu ini.

Terdapat Banyak Panduan Liveworksheets

Keunggulan pertama dari layanan pembuatan media yang satu ini adalah banyaknya panduan lengkap Liveworksheets yang bisa Anda akses dengan bebas di internet. Anda juga bisa melihat hasil karya guru-guru lain di seluruh dunia sehingga bisa mendapatkan banyak sekali inspirasi lembar kerja.

Kelas Belajar Online Jadi Paperless

Belajar secara online membuat Anda dan peserta didik berkomunikasi sepenuhnya melalui platform digital. Bahkan, dalam pengumpulan tugasnya semuanya juga online yang mana tugas akan berbentuk file digital. Nah, dengan Liveworksheets peserta didik tidak perlu repot-repot menuliskan jawaban, memfoto, dan kemudian mengirimkannya kepada Anda.

Baca juga:   3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Koreksi Jawaban Otomatis

Ini adalah keuntungan yang paling banyak membuat pendidik merasa senang karena tidak harus memeriksa satu per satu jawaban peserta didiknya. Sehingga Anda bisa fokus untuk mempersiapkan konsep kelas online berikutnya untuk peserta didik yang Anda ajar. Anda bisa memahami dan mengaturnya dengan mudah melalui panduan lengkap Liveworksheets.

Fitur-Fitur yang Ada di Liveworksheets

Hanya dengan mengetahui apa itu Liveworksheets tentu Anda tidak akan tertarik untuk menggunakan layanan pembuat media yang satu ini di kelas Anda, bukan? Maka, Anda bisa mengetahui fitur-fitur apa saja yang tersedia di Liveworksheets. Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan dengan baik penggunaan media pembelajaran ini di kelas online Anda.

Selain itu, bila Anda mengetahui semua fitur-fitur melalui panduan lengkap Liveworksheets ini, Anda bisa membuat kreasi lembar kerja peserta didik dengan lebih kreatif dan inovatif lagi. Hal ini akan membantu Anda untuk memberikan banyak sekali media pembelajaran pada materi-materi peserta didik. Namun, Anda tidak akan membuat mereka bosan dengan suasana pembelajaran yang mereka jalani.

Fitur Drop Down Select Box

Fitur pertama yang bisa Anda pilih adalah fitur drop down untuk memilih jawaban yang tepat. Jadi, Anda bisa menyajikan sebuah soal dalam bentuk tulisan maupun gambar dengan dua pilihan jawaban yang benar. Peserta didik akan bisa memilih dengan mengklik kotak drop down dan pilihan jawaban akan muncul. Dari semua pilihan jawaban tersebut peserta didik harus memilih salah satu jawaban yang paling tepat.

Fitur Multiple Choice

Mendengar nama ini mungkin Anda sudah merasa familiar dengan model soalnya. Dan yah, ini adalah fitur untuk membuat soal dengan model pilihan ganda. Anda bisa menghadirkan bentuk soal dengan 4 pilihan jawaban yang berbeda. Peserta didik bisa memilih jawaban yang menurutnya benar dengan mengklik pada box jawaban tersebut. Langkah untuk menggunakan fitur ini ada pada panduan lengkap Liveworksheets.

Fitur Workbook

Fitur yang satu ini cukup menarik karena fitur ini bisa Anda gunakan untuk menggabungkan banyak sekali Liveworksheets ke dalam satu buku bernama workbook. Anda bisa juga mengambil dan memasukkan worksheets buatan guru lain. Dengan fitur ini Anda bisa memberikan banyak latihan soal sekaligus untuk peserta didik sehingga mereka semakin mampu dalam materi tersebut.

Baca juga:   Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak

Menginstal dan Mengakses Liveworksheets

Panduan lengkap Liveworksheets tentu akan memberikan informasi pula terkait bagaimana Anda bisa menggunakan layanannya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke situs resmi dari Liveworksheets dan membuat akun sesuai dengan peran Anda. Mintalah peserta didik untuk membuat akun sebagai siswa.

Karena Liveworksheets sendiri berupa sebuah situs, maka Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apapun dan memasangnya di perangkat Anda. Cukup siapkan koneksi internet dan Anda sudah bisa berkreasi menggunakan layanan Liveworksheets.

Bekerja dengan Liveworksheets dengan Mudah

Panduan Lengkap Liveworksheets berikutnya akan mengajak Anda untuk membuat sebuah media pembelajaran sederhana. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya untuk membiasakan diri dengan tampilan dan fitur yang ada di Liveworksheets.

Pembuatan Materi Baru

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan topik pembelajaran Anda dan membuat lembar kerjanya menggunakan Microsoft Office terlebih dahulu. Kemudian, file tersebut Anda unggah ke Liveworksheets untuk melakukan pengeditan dan penerapan fiturnya.

Memodifikasi Lembar Kerja di Liveworksheets

Langkah selanjutnya adalah mengedit lembar kerja tersebut agar dapat berfungsi dengan baik. Untuk soal menjodohkan, Anda bisa menggunakan rumus “join:1”, “join:2”, dan seterusnya. Banyaknya rumus ini sesuai dengan jumlah soal yang menggunakan cara menjodohkan sebagai pemilihan jawabannya.

Rumus “select:yes” dan “select:no” adalah rumus Liveworksheets yang berfungsi untuk mengatur soal pilihan ganda. Jawaban pilihan ganda dari soal Anda yang benar berikan rumus “select:yes” dan yang salah dengan rumus “select:no.”

Lakukan peninjauan terhadap hasil modifikasi lembar kerja yang sudah Anda lakukan di Liveworksheets. Bila sudah tidak ada bagian yang salah dan semua fiturnya berfungsi semua, Anda bisa menyimpan dan membagikan Liveworksheets tersebut kepada peserta didik Anda.

Demikianlah panduan lengkap Liveworksheets yang dapat Anda pelajari. Silakan mengeksplor semua fitur-fitur menarik dari Liveworksheets dan segera ciptakan kelas interaktif serta komunikatif.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dengan cara klik pada link INI

Share :

Baca Juga

gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

3 Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Zaman Now

Media Pembelajaran

Cara Menginstal iSpring QuizMaker untuk Membuat Soal Otomatis
Guru

Media Pembelajaran

Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka

Media Pembelajaran

Simak Berbagai Manfaat Fitur Google Workspace For Education dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Media Pembelajaran

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif

Kurikulum

Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Prinsip Penyusunan Silabus untuk Pembelajaran

Media Pembelajaran

Sangat Mudah ! Berikut Cara Mendaftar Canva for Education
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.