Home / Guru Honorer / Karya Inovatif / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Kamis, 8 September 2022 - 19:57 WIB

Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak

Manfaat belajar Matematika – Pelajaran matematika sering dianggap menjadi mata pelajaran tersulit, bahkan sampai sekarang. Anak-anak kerap kali takut atau menghindar jika ditanya soal pelajaran matematika, karena harus menyelesaikan dengan rumus. Namun, apakah kalian tahu apa manfaat belajar matematika? Yak, salah satu manfaatnya yaitu kita dapat menyelesaikan masalah.

Usia anak-anak cenderung lebih mudah menyerap dan mencerna ilmu baru. Sehingga, jika anak sudah mempelajari matematika sejak dini, kemungkinan anak-anak akan lebih cepat untuk menyerapnya. Selain itu, matematika penting bagi anak karena ilmunya sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Matematika sendiri adalah dasar ilmu untuk mempelajari ilmu fisika, biologi, informasi, akutansi dan ilmu-ilmu yang di dalamnya perlu menghitung. Sebenarnya ada beberapa manfaat lain dari mempelajari matematika yang bis akita dapatkan. Berikut penjelasan singkat mengenai manfaat belajar matematika:

  1. Membantu Anak Berpikir Logis

Matematika erat kaitannya dengan menggunakan rumus untuk memecahkan suatu masalah. Karenanya, anak harus bisa melakukan perhitungan cepat dan cermat tanpa adanya asumsi dari orang lain. Sehingga, jika anak sering berlatih soal-soal matematika, ana akan lebih pandai untuk berpikir secara logis. Anak pun akan tidak terpengaruh oleh berita-berita yang belum tentu benar adanya.

  1. Anak Belajar Berpikir Sistematis
Baca juga:   Cara Mengatur Tempat Duduk Siswa yang Baik di dalam Kelas

Pada saat belajar matematika, anak akan sering menghadapi dengan deret dan angka. Sejingga, akan membuat anak cenderung berpikir sistematis dan lebih teratur. Oleh karena itu, anak secara tidak langsung akan lebih mudah dalam mengatur waktu dan jadwalnya sendiri, baik dalam kegiatan sehari-hari, sekolah dan lainnya.

  1. Meningkatkan Ketelitian, Kecermatan, dan Kesabaran Anak

Tentunya, dalam belajar matematika perlu mengutamakan ketelitian, kecermatan dan juga kesabaran. Pengerjaan soal matematika harus perlahan dan penuh kehati-hatian agar mendapatkan jawaban yang tepat serta akurat. Seringnya berlatih soal-soal matematika, anak akan terbiasa dengan ketelitian, kecermatan dan kesabaran. Sehingga ketiga kemampuan tersebut akan meningkat.

  1. Mengasah Kemampuan Berhitung Anak

Manfaat belajar matematika dengan berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasi oleh anak. Apalagi, jika sudah beranjak dewasa, dengan berbagai permasalahan kehidupan sehari-hari banyak kaitannya dengan berhitung. Contohnya, saat berbelanja atau membeli sesuatu, menghitung pendapatan, angsuran, dan hal yang lainnya. Dengan belajar matematika kemampuan anak sudah pasti akan terasah, sehingga mampu menyelesaikan soal-soal dengan cepat dan akurat.

  1. Menambah Kreatifitas Anak
Baca juga:   5 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

Selanjutnya, belajar matematika dapat menambah kreatifitas anak. Seringnya berhadapan dengan rumus-rumus yang terkadang terdapat huruf dan simbol, membuat anak harus paham menyusun rumus tersebut. Oleh karena itu, anak-anak akan lebih kreatif karena mempelajari matematika.

Nah itu tadi 5 manfaat belajar matematika sejak usia dini. Tentu saja, mengajarkan matematika pada anak itu tidak mudah. Seorang guru harus bisa menguasai terlebih dahulu teknik atau media yang dapat menunjang pembelajaran matematika. Sehingga, anak tidak bosan dan takut lagi untuk belajar matematika, selain itu hasil belajar matematika pun maksimal.

Anda ingin mempelajari aplikasi yang membuat pembelajaran matematika agar lebih menyenangkan ? Jangan khawatir e-Guru.id menyelanggarakan Pelatihan 32 JP Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi sebagai Media Mengajar Matematika yang Kreatif, Asyik, dan Menarik.

 Segera daftarkan diri Anda pada Pelatihan 32 JP Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi sebagai Media Mengajar Matematika yang Kreatif, Asyik, dan Menarik.

(nna/rtq)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Tutorial Mengisi Contoh Isian Mempelajari Fokus Perilaku Observasi Di PMM
Webinar

Karya Inovatif

Guru Perlu Mengikuti Webinar yang Bermanfaat Demi Keberlangsungan Kariernya

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Orang Tua Mengutamakan Parenting Ditengah Kesibukan Bekerja Pada Anaknya
Pendidikan

Metode Pembelajaran

Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Harus Guru Ketahui

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Tatap Muka Inovatif dan Interaktif di Kelas
Tips menjadi kepala sekolah yang baik

Media Pembelajaran

Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka

Metode Pembelajaran

4 Jenis Pembelajaran Kooperatif