Home / Karya Inovatif

Kamis, 11 Agustus 2022 - 14:50 WIB

Tutorial Membuat Jurnal Pendidikan Harian

Tutorial membuat jurnal pendidikan – Bagaimana cara membuat jurnal pendidikan harian? Sebelum masuk ke pembahasan, Anda harus tahu dulu seperti apa jurnal harian itu. Jika dilihat dari sudut pandang umum, jurnal harian adalah buku harian atau bentuk khusus yang digunakan untuk mencatat semua kegiatan. Catatan harus dalam urutan tanggal dan kronologi.

Oleh karena itu, jurnal harian ini perlu ditulis secara berurutan agar pembaca selanjutnya dapat dengan mudah mengetahui setiap kegiatan lengkap dengan riwayatnya. Menulis jurnal harian atau journaling memiliki banyak manfaat untuk pengembangan diri. Tidak hanya melatih produktivitas dan konsentrasi, tetapi juga merilekskan dan mengurangi stres.

Membuat jurnal harian dengan tangan juga memiliki kelebihan dibandingkan mengetik. Menulis jurnal secara langsung dengan tangan dapat melatih daya ingat, mengatasi kecemasan, dan membantu mengendalikan emosi.

Namun, tak jarang kegiatan journal bisa membingungkan bagi mereka yang baru memulai. Tenang saja, kamu yang baru ingin mencoba menulis jurnal harian bisa simak tipsnya di bawah ini!

Tutorial Membuat Jurnal Pendidikan

Jurnal Pendidikan secara teratur menerbitkan artikel dan isu-isu khusus tentang topik-topik tertentu yang menarik bagi para peneliti pendidikan internasional. Tujuan dari jurnal harian ini adalah untuk membantu mereka lebih memahami peran satu sama lain dalam proses pendidikan secara keseluruhan dan bagaimana mereka dapat saling mendukung.

Jurnal harus asli, belum diterbitkan, dan tidak dapat dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain pada saat diajukan ke Jurnal Pendidikan dan satu bulan setelahnya.

Miliki strategi, buat rencana

Memiliki strategi menulis berarti memastikan Anda memiliki dua alasan yang mendorong Anda, yaitu alasan eksternal dan internal. Alasan eksternal seperti evaluasi dalam penelitian atau promosi dan alasan internal termasuk mencari tahu mengapa menulis untuk jurnal pendidikan penting bagi Anda.

Memiliki kedua alasan motivasi di atas akan membantu Anda mempertahankan motivasi yang Anda butuhkan untuk menulis dan memposting dalam jangka panjang. Karena waktu antara pengajuan dan publikasi bisa sampai dua tahun (walaupun di beberapa bidang jauh lebih sedikit), jadi motivasi Anda perlu jelas.

Analisis berbagai artikel jurnal di bidang pendidikan

Ambil beberapa jurnal di area yang ingin Anda targetkan. Pindai semua abstrak dari edisi terbaru. Analisis semuanya: Perhatikan baik-baik semua kalimat pertama dan terakhir.

Pindai bagian lain dari artikel: bagaimana strukturnya? Apa saja komponen topik? Sorot semua kalimat topik, kalimat pertama setiap paragraf, untuk menunjukkan tahap topik.

Pilih dua jenis kertas: satu adalah jenis kertas yang dapat Anda gunakan sebagai template untuk artikel Anda dan satu lagi yang dapat Anda kutip dalam artikel Anda, sehingga bergabung dengan percakapan penelitian yang sedang berlangsung di jurnal Anda.

Baca juga:   Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini

Buat garis besar dan tuliskan

Penulis macam apa Anda? apakah Anda selalu membuat sketsa sebelum menulis, atau Anda hanya menyelam dan mulai menulis? Atau apakah Anda melakukan sedikit dari keduanya?

Apa pun yang Anda pilih, semuanya akan berguna, jadi sebaiknya gunakan keduanya. Namun, buat garis besar Anda sangat rinci: garis besar bagian utama dan kalibrasikan ini terhadap jurnal target Anda.

Jenis header apa yang biasanya digunakan di sana? Berapa panjang normal bagian tersebut? Tetapkan batas kata untuk bagian Anda, subbagian dan, jika perlu, subbagian. Ini melibatkan penentuan konten yang ingin Anda sertakan, jadi mungkin perlu waktu dan umpan balik Anda akan membantu pada tahap ini.

Apakah Anda menggunakan kerangka sebagai agenda untuk menulis bagian jurnal Anda? Tentukan tugas menulis Anda dengan berpikir tentang kata kerja: kata kerja mendefinisikan tujuan: meringkas, meringkas, mengkritik, mendefinisikan, memperkenalkan, menyimpulkan, dll.

Dapatkan umpan balik dari awal hingga akhir

Pada tahap awal, Anda mendiskusikan ide-ide Anda untuk sebuah makalah dengan empat atau lima orang, mendapatkan umpan balik pada draf abstrak. Mereka hanya perlu beberapa menit untuk membaca dan merespons. Lakukan beberapa revisi sebelum mengirimkan artikel Anda ke majalah.

Tetapkan tujuan dan sub-tujuan penulisan yang spesifik

Membuat tujuan penulisan Anda spesifik berarti Anda perlu menentukan konten, kata kerja, dan panjang kata untuk bagian tersebut.

Beberapa menganggapnya terlalu mekanis untuk penulisan akademis, tetapi ini adalah cara untuk memaksa Anda membuat keputusan tentang konten, urutan, dan proporsi artikel Anda.

Menulis dengan orang lain

Sementara kebanyakan orang melihat menulis sebagai kegiatan yang menyendiri, menulis bersama – menulis dengan orang lain yang menulis – dapat membantu mengembangkan kepercayaan diri, kelancaran, dan fokus.

Cara ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan rasa disiplin untuk menulis secara teratur. Melakukan penulisan jurnal pendidikan Anda dalam kelompok menulis atau retret adalah cara untuk mengerjakan tulisan Anda, serta mengembangkan konsentrasi yang diperlukan untuk penulisan akademis tingkat tinggi yang teratur.

Pada titik tertentu, idealnya secara teratur, Anda dapat melakukan lebih banyak jika Anda hanya fokus pada menulis. Kebanyakan orang melakukan banyak hal sekaligus, tetapi ini tidak selalu berhasil untuk penulisan artikel surat kabar biasa.

Pada titik tertentu, akan sangat membantu jika Anda memberi diri Anda waktu tertentu untuk menulis, untuk jangka waktu tertentu, misalnya 90 menit, yang cukup lama untuk melakukan sesuatu di kertas Anda, tetapi tidak selama membuatnya mustahil untuk menemukan waktu.

Baca juga:   Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Pemanasan sebelum menulis

Saat memutuskan apa yang ingin Anda tulis, pemanasan yang sukses terdiri dari menulis selama lima menit, dalam kalimat, sebagai tanggapan atas pertanyaan, dan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya? dalam jangka panjang, menengah dan pendek?’

Setelah Anda mulai menulis artikel Anda, gunakan variasi pada pertanyaan sebagai pemanasan: Apa yang telah Anda tulis untuk proyek ini dan apa yang ingin Anda lakukan dalam jangka panjang, menengah dan pendek?

Seperti yang sudah dibahas, jika tidak ada angka, tidak ada tujuan. Sasaran sukses harus spesifik dan Anda perlu memantau seberapa jauh Anda mencapainya. Dengan cara ini Anda belajar menetapkan tujuan yang realistis.

Analisis umpan balik pengulas pada posting Anda

Apa sebenarnya yang mereka minta Anda lakukan? Cari tahu apakah mereka ingin Anda menambahkan atau menghapus sesuatu. Berapa banyak? Dimana itu? Tulis daftar tindakan peninjauan.

Saat Anda mengirim ulang artikel Anda, sertakan dalam laporan jurnal Anda, sebutkan bagaimana Anda menanggapi umpan balik pengulas. Jika artikel Anda ditolak, masih berguna untuk menganalisis umpan balik, mencari tahu alasannya, dan meninjaunya di tempat lain.

Sebagian besar umpan balik akan membantu Anda meningkatkan makalah Anda dan mungkin penulisan artikel surat kabar, tetapi kadang-kadang bisa terasa terlalu panas, tidak personal, atau bahkan pendendam.

Beberapa dari mereka bahkan mungkin terlihat tidak profesional. Diskusikan umpan balik dari pengulas – lihat pendapat orang lain. Anda mungkin menemukan bahwa orang lain, bahkan peneliti terkemuka, masih menerima ketidaksetujuan dan ulasan negatif; setiap penolakan adalah alasan untuk perayaan. Harap tinjau dan kirim ulang sesegera mungkin.

Jadilah gigih, berkulit tebal dan tangguh

Ini adalah kualitas yang mungkin Anda kembangkan dari waktu ke waktu atau mungkin sudah Anda miliki. Mungkin lebih mudah untuk mengembangkan ini dengan berdiskusi dengan orang lain yang menulis untuk jurnal.

Jaga dirimu

Menulis untuk jurnal pendidikan sangat kompetitif. Ini bisa sangat menegangkan. Meluangkan waktu untuk menulis juga bisa membuat stres. Dan ada risiko kesehatan untuk duduk dalam waktu lama, jadi cobalah untuk tidak duduk dan menulis lebih dari satu jam.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

 

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Karya Inovatif

Karya Inovatif untuk Kenaikan Pangkat Guru
Model Pembelajaran Inkuiri

Guru Honorer

Khusus guru, ubah akun menjadi Canva pro dengan tanpa biaya

Karya Inovatif

Mengenal Microsite sebagai Salah Satu Penunjang Pendidik dalam Melaksanakan Pembelajaran

Karya Inovatif

Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Karya Inovatif

Collaborative Learning Secara Daring? Cari tahu Di Sini!

Karya Inovatif

Manfaat makalah best practice untuk kenaikan pangkat
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.