Home / Karya Inovatif

Senin, 15 Agustus 2022 - 15:23 WIB

Guru Perlu Mengikuti Webinar yang Bermanfaat Demi Keberlangsungan Kariernya

WebinarWebinar sama dengan seminar yaitu merupakan sebuah presentasi pembelajaran yang diikuti oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan tempat secara tatap muka dengan media online dari aplikasi dan web. Dalam kalimat yang sederhana webinar merupakan seminar yang diselenggarakan secara online yang terhubung dengan menggunakan data internet.

Ketika mengikuti webinar, ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh anda, yakni mulai dari koneksi jaringan internet yang harus tetap stabil, smartphone atau laptop dan aplikasi yang bisa digunakan untuk seminar secara online. Jika ada seminar mengenai dunia pendidikan atau pelatihan guru maka sebaiknya anda harus mengikutinya karena itu merupakan sebuah pembelajaran baru untuk nantinya menambah ilmu dan relasi untuk sesama guru.

Manfaat Mengikuti Webinar Pendidikan untuk Guru

Webinar bukanlah istilah yang asing untuk saat ini. Karena sudah banyak webinar yang diselenggarakan bagi siapapun salah satunya bagi guru. Hal ini tentunya menjadi sebuah kesempatan bagi anda untuk bisa belajar meningkatkan diri dan pengetahuan dengan mengikuti webinar ini. Apalagi jika pelatihan diselenggarakan dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun. Hal ini tentu merupakan hal yang jangan dilewatkan. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat webinar yang bisa diikuti oleh guru. Diantaranya yakni :

Baca juga:   Pentingnya Inovasi Digital Untuk Pengembangan Pendidikan

Penyesuaian diri di tengah pandemi

Seperti yang telah diketahui,seluruh dunia sekarang sedang dilanda musibah pandemi Covid-19 atau sering dikenal dengan sebutan Virus Corona. Semua kegiatan belajar mengajar sampai ranah pekerjaan baik kantor maupun pekerjaan biasa harus menjalankan pekerjaannya di dalam rumah atau sering disebut dengan WFH (Work From Home).

Begitu juga dengan seminar yang diselenggarakan oleh guru. Biasanya seminar pendidikan ini dilakukan secara tatap muka, namun sayangnya sekarang harus diselenggarakan secara online melalui webinar. Webinar pendidikan yang diselenggarakan untuk guru nantinya akan membantu dalam menyesuaikan diri dengan kondisi di tengah pandemi, dimana semuanya sudah berubah dan terpaksa butuh penyesuaian kembali.

Baca juga:   Kumpulan Ide Ice Breaking SD yang Menyenangkan

Meningkatkan diri

Pelatihan merupakan isi dari presentasi atau sebuah pembelajaran yang sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jika ada yang mengikuti pelatihan yang bertemakan pendidikan atau beberapa hal yang dibutuhkan dalam mengajar, maka anda akan mendapatkan ilmu yang berharga melalui pelatihan tersebut.

Dengan mengikuti pelatihan pendidikan, guru juga dapat membantu dalam hal pelajaran dan mengerti mengenai teknologi yang sedang digunakan saat ini. Dalam kegiatan belajar dan pembelajaran ini tidak lagi dilakukan secara tatap muka melainkan secara virual melalui Zoom dan Google Meet.

Ilmu yang bermanfaat

Mengikuti pelatihan ini pastinya akan menambah ilmu pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi pemberian materi di dalam kelas yang diberikan kepada siswa. Dengan adanya ilmu pengetahuan yang telah didapatkan dari webinar tersebut guru juga dapat membagika ilmu yang bermanfaat tersebut kepda siswa.

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

Penjelasan ANBK 2022, Tujuan, sampai Tanggal Pelaksanaannya: Siswa kelas 5 MI Miftahul Huda sedang berlatih soal-soal ANBK, Rabu (17/11/2021). [Ninda Novita Arieani/dok.pribadi]

Admin Sekolah

Computer Based Test Menguntungkan atau Merugikan?

Karya Inovatif

Sistematika Makalah Best Practice dan Cara Menulisnya

Karya Inovatif

Tutorial Membuat Jurnal Pendidikan Harian
ice breaking games di kelas

Karya Inovatif

5 Contoh Ice Breaking Games di Kelas, Dijamin Seru
cara membuat laporan best practice guru

Karya Inovatif

Cara Membuat Laporan Best Practice Guru yang Benar

Karya Inovatif

Kenali Hubungan Kepribadian, Karakter, Dan Perilaku Dalam Lingkup Pendidikan

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Admin Sekolah

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini