Home / Karya Inovatif / Media Pembelajaran / Metode Pembelajaran

Kamis, 11 Agustus 2022 - 14:16 WIB

Era yang Maju Tapi Metode Belajar Masih Konvensional? Simak Metode Belajar Asyik Berikut Ini

Metode Belajar Asyik –  Guru identik dengan mendidik dan mengajarkan ilmu sehingga memerlukan beberapa metode yang dapat meningkatkan semangat belajar bagi siswa. Sebagian siswa memiliki semangat tinggi karena akan mendapatkan ilmu baru yang diajarkan oleh guru, namun tak sedikit pula siswa yang tidak memiliki semangat belajar karena metode belajar konvensional yaitu mendengarkan guru menyampaikan ilmu nya.

Jika ini terus menerus dilakukan tanpa adanya inovasi dalam pembelajaran maka akan berpengaruh kepada tingkat semangat murid untuk mencari ilmu. Dirasa sangatlah perlu untuk membuat metode belajar yang mengasyikkan dan menyenangkan. Karena metode belajar yang mengasyikkan merupakan hal penting agar tercapainya tujuan pembelajaran seperti:

  • dapat menjaga semangat dan kedisiplinan murid dalam proses belajar
  • dapat mendorong murid dalam memahami sebuah ilmu
  • dapat menambah kualitas belajar lebih baik dalam waktu yang minim

Berikut beberapa metode balajar asyik yang dapat di terapkan agar lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas.

1. Menciptakan kesempatan belajar bersama secara langsung.

Anak-anak memiliki kemampuan mampu memahami sebuah informasi lebih baik apabila tangan dan otak mereka bekerja dan terlibat secara bersama-sama. Sehingga agar dapat memanfaatkan kemampuan ini guru perlu mengembangkan proses kegiatan belajar mengajar yang menuntut siswa untuk berbicara, mendengarkan dan bergerak. Hal ini sangat bermanfaat bagi pembelajar aktif, auditori dan visual.

Untuk menciptakan pembelajaran seperti ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:

  • Kelompokkan siswa berdasarkan minat atau bakat, lalu berikan aktivitas yang memungkinkan untuk menjelajahi topik serta melibatkan mereka,
  • Mencoba lebih banyak proyek seni atau kerajinan yang di terapkan dalam pelajaran,
  • Mencoba melakukan proses kegiatan belajar mengajar di ruangan yang berbeda.
Baca juga:   Memanfaatkan Google Workspace for Education dalam Pembelajaran kekinian

2. Mengajak siswa untuk melakukan kunjungan lapangan.

Kunjungan lapangan ini dapat memberikan kesempatan siswa untuk menghubungkan konsep abstrak yang mereka pelajari di dalam kelas dengan dunia nyata. Sebagai seorang guru, hendaknya dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kunjungan lapangan. Sebagai contoh, apabila sedang mempelajari tentang sejarah Indonesia maka coba ajaklah siswa menuju museum daerah atau sebagainya yang berkaitan dengan materi.

3. Beri kesempatan siswa untuk menggunakan imajinasi mereka

Sebagai seorang pendidik usahakan untuk tidak membatasi imajinasi mereka dalam pembelajran namun harus dapat meningkatkan kreativitas mereka dengan merancang pelajaran yang mampu mendorong penggunaan seni dan kerajinan, bermain peran. Metode pembelajran seperti ini bsai dilakukan dengan cara:

  • Ketika sedang mempelajari tokoh-tokoh sejarah, coba mintalah siswa untuk berdandan seperti subjek yang mereka pelajari untuk presentasi formal,
  • Berikan siswa kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka dalam berbagai bentuk.
  • Biarkalah mereka untuk memilih cara mereka belajar baik menulis cerita, menggambar atau melakukan pemeragaan.

4. Memainkan game edukasi

Metode belajar asyik dapat memberikan sebuah pelajaran baru, cobalah untuk memainkan beberapa permainan edukatif yang dapat menguji pengetahuan baru mereka. Tentunya game edukasi tersebut yang relevan dengan pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya. Dalam mebuat game edukasi ini ada banyak sekali caranya, salah satunya menggunakan Google Sheets dan Flippity.

Baca juga:   Mengenal Microsite sebagai Salah Satu Penunjang Pendidik dalam Melaksanakan Pembelajaran

Flippity meruapakan sebuah aplikasi gratis berbasis web yang dapat mengkonversi konten dari template di Google Sheets. Flippity dapat membuat berbagai game dan aktivitas edukasi, tentunya Anda sebagai guru dapat memilih game sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang akan Anda sampaikan. Apakah membuat game dan aktivitas edukasi menggunakan Flippity sangan sulit di pelajari? Tentu saja tidak, ikuti langkah berikut:

  • Pilih aktivitas yang diingkan

Dengan membuka laman www.flippity.net setelah itu pilih game atau aktivitas apa yang Anda inginkan.

  • Duplikat template yang sudah disediakan

Dengan mengklik “Instructions” lalu pilih “make a copy this template”. Setelah itu Anda akan diarahkan untuk membuka halaman baru dan pilih “buat salinan” pada kotak biru

  • Edit konten sesuai dengan kebutuhan

Pada proses ini anda dapat mengedit konten sesuai dengan kebutuhan dengan tetap mencermati petunjuk dan isian masing-masing kolom

  • Publikasi dan salin URL Flippity

Anda dapat menyalin URL Flippity dengan cara pilih Pilih “File” > “Bagikan” > “Publikasikan di web” > “Publikasikan” lalu pilih sheet terakhir dan klik “Get the link here” langkah terakhri buka link di bawah teks “The link to your flippity .net” dan Anda bisa membagikan kepada siswa.

Untuk mempermudah anda dalam membuat pembelajaran asyik, kami punya solusinya. Ikuti lah Pelatihan Pembelajaran Asyik Dan Menyenangkan Dengan Flippity Dan Sheets dengan cara klik link dibawah ini

KLIK UNTUK MENDAFTAR

Segera daftarkan diri Anda sebelum terlambat!

(muf/rtq)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Sangat Mudah, Begini Tutorial Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Media Pembelajaran

Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI dan MTS
model pembelajaran inkuiri

Metode Pembelajaran

Mengenal Metode Resitasi untuk Kegiatan Pembelajaran

Metode Pembelajaran

Cara Penerapan Model Belajar Make a Match

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran pada Siswa Learning Disability

Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran Make A Match: Kelebihan dan Kekurangannya

Karya Inovatif

Guru Wajib Paham Gaya Belajar Siswa

Guru Honorer

Pentingnya Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL) bagi Anak
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.