Home / Metode Pembelajaran

Kamis, 11 Agustus 2022 - 14:11 WIB

Belajar Matematika Itu Seru Loh! Simak Metode Hitung Cepat Berikut Ini

Metode Hitung Cepat – Matematika dapat membantu mengembangkan pola pikir yang sistematis. Menyelesaikan soal matematika memerlukan operasi yang terkadang membutuhkan waktu yang panjang. Tanpa memahami soal terlebih dahulu, solusinya tidak dapat ditemukan. Belajar matematika akan membantu mengembangkan cara berpikir yang sistematis. Sayangnya, bagi sebagian besar siswa Indonesia, matematika adalah pelajaran yang menakutkan.

Kondisi di lapangan saat ini menunjukan bahwa masih banyaknya guru matematika yang menggunakan cara pendekatan konfensional yang menimbulkan kejenuhan dalam kelas, serta pendekatan keterampilan dengan pembelajaran teoritis. Akibatnya, hal ini menjadi sebab rendahnya prestasi belajar siswa karena tidak adanya pembelajaran siswa aktif dalam kelas sehingga guru dituntut untuk lebih professional, inofatif, dan proaktif dalam melaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik siswa agar lebih aktif.

Gambaran permasalahan tersebut menunjukan bahwa perlunya bagi guru untuk mengadakan pembaharuan pendidikan khususnya dalam metode pembelajaran guna meningkatkan keaktifan siswa sehingga siswa dapat memahami konsep matematika dengan baik. Salah satu pembaharuan dalam metode pembelajaran yaitu dengan mengubah pola – pola pembelajaran lama dengan pola pembelajaran yang baru yang lebih efektif dan bermakna bagi siswa yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran menggunakan metode hitung  cepat.

Baca juga:   Orang Tua Harus Mengajarkan Anaknya Bisa Mencintai Diri Sendiri

Metode hitung cepat dapat membantu seseorang melakukan perhitungan cepat dengan lebih mudah. Seseorang dapat menggunakan waktu lebih efektif dan praktis dengan menggunakan metode ini. Metode ini sangat dibutuhkan terutama dalam perkembangan pendidikan yang kini berlomba – lomba menghadirkan suatu yang inovatif yang menjadi incaran para pelajar.

Metode hitung cepat metris parsial merupakan salah satu metode hitung cepat yang ditemukan oleh Muchamad Hamam. Metris Parsial adalah metode berhitung mudah, cepat, praktis, dan menyenangkan yang mana untuk mencari hasil suatu operasi bilangan dilakukan secara mendatar dengan  memandang bagian dan unsur-unsur bilangan.

Penyelesaian dalam mencari hasil suatu operasi bilangan menggunakan metode ini  memanfaatkan komplemen/pasangan angka 10, 100, 1.000, … metode ini juga memanfaatkan komplemen/pasangan angka 9, 99, 999, …, komplemen/pasangan angka 11, 101, 1.001, …, dan komplemen/pasangan angka 111, 1.111, 11.111, …

Ciri Khas Metode Metris Parsial oleh Muchamad Hamam

1. Metode Muhamam memandang bilangan dari Angka satuan, Jumlah semua unsur bilangan, Jumlah semua unsur bilangan di tempat ganjil dikurangi jumlah semua unsur bilangan di tempat genap,

Baca juga:   Model Pembelajaran abad 21: Karakteristik dan Strategi

2.      Sebagian formula Metode Muhamam – Metris Parsial menggunakan notasi pagar |, ||, ||| , …

3.      Dalam Metode Muhamam – Metris Parsial terdapat 7 aturan dalam penggunaan notasi pagar

4.      Metode Muhamam – Metris Parsial memanfaatkan memanfaatkan komplemen/pasangan angka 9, 99, 999, …, komplemen/pasangan angka 11, 101, 1.001, …, dan komplemen/pasangan angka 111, 1.111, 11.111, …

5.      Dalam Metode Muhamam – Metris Parsial terdapat cara penulisan bilangan menggunakan notasi pagar.

Menerapkan metode hitung cepat di dalam kelas tidak hanya mampu menarik perhatian siswa namun juga memudahkan mereka dalam menyelesaikan soal dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Selain itu, pembelajaran bermakna juga tercapai karena siswa terlatih menggunakan metode hitung cepat sehingga setiap menyelesaikan soal matematika, metode ini akan selalu diingat.

Bagi anda calon guru, guru, orangtua atau siswa yang tertarik menggunakan metode hitung cepat metris parsial. Anda dapat mendaftarkan diri dalam pelatihan e-Guru.id “Pelatihan Matematika Asyik: Super Mudah Menemukan Jawaban Soal Pilihan Ganda & Essai”

DAFTAR SEKARANG JUGA!!!

(Fas/rtq)

Share :

Baca Juga

7 Gaya Belajar Siswa yang Wajib Guru Ketahui

Metode Pembelajaran

Gunakan 4 Model Pembelajaran Efektif Ini di Sekolah
Orang Tua

Metode Pembelajaran

Cara Jitu Orang Tua Mendidik Anaknya yang Memasuki Usia Praremaja

Metode Pembelajaran

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Menghindari Kebosanan

Metode Pembelajaran

Mengenal Teknik Self Management dalam Layanan Konseling Individu

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini

Media Pembelajaran

5 Rekomendasi aplikasi yang memudahkan belajar matematika

Metode Pembelajaran

Cara Menerapkan Pembelajaran dengan Konsep Learning Disability
Tips-tips mengajar

Metode Pembelajaran

Tips-Tips Mengajar Untuk Guru Baru!
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.