Home / Media Pembelajaran

Senin, 29 Agustus 2022 - 14:21 WIB

Manfaat Blog dan Cara Menerapkan Pada Pembelajaran Tambahan

Apakah Anda pernah mendengar blog? Pastin pernah dong ya, karena memang saat ini blog sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali para guru di dunia pendidikan. Kenapa? Karena memang semasa pandemi kemarin, sebagian sekolah menggunakan blog untuk KBM daring.

Lantas bagaimana dengan sekarang, sekolah bukannya sudah tatap muka? Tentu blog masih bisa digunakan meskipun sekolah sudah tatap muka. Blog bisa Anda gunakan untuk memberikan materi tambahan.

Blog bisa Anda isi juga dengan berbagai informasi menarik tentang pendidikan, materi pembelajaran, pembahasan soal dan beberapa informasi lainnya yang bersifat umum dan bahkan jika Anda adalah pengajar sastra, Anda bisa membagikan karya sastra Anda di blog untuk dibaca oleh siswa, sehingga siswa bisa mendapatkan inspirasi dari cerita Anda.

Lebih rinci lagi kami akan jelaskan manfaat blog bagi dunia pendidikan, apa saja? Yuk kita cari tahu melalui pembahasan berikut ini:

Manfaat Blog Dalam Dunia Pendidikan

Berkat kemajuan teknologi saat ini, blog sudah banyak dikenal masyarakat tapi terkadang masih jarang digunakan untuk pemanfaatan pendidikan. Maka dari itu dengan Anda mengetahui manfaatnya dengan sangat detail, Anda mungkin akan tergerak untuk menggunakan blog juga dalam penyampaian materi tambahan di sekolah.

Berbagi Informasi Tambahan dengan Siswa

Jelasnya, blog sangat bermanfaat untuk berbagi informasi tambahan dengan siswa. Anda bisa menyampaikan beragam informasi baik itu materi tambahan atau pengumuman di blog, sehingga siswa tidak hanya mendapatkan materi hanya dari buku saja, tetapi ia bisa mencarinya di blog Anda.

Dengan blog, selain Anda bisa berbagi informasi dan pengetahuan dengan siswa. Orang lain pun akan bisa mengakses materi Anda dan Anda akan lebih berpeluang membantu banyak orang hanya dengan blog.

Berbagi Pengalaman dan Inspirasi

Di sekolah jam ngajar Anda pastinya akan terbatas, maka ketika di sekolah tidak ada waktu untuk bercerita yang mengandung inspirasi karena memang hal itu diluar dari kurikulum yang ada. Tapi, cerita – cerita inspirasi dan pengalaman yang Anda jelaskan kepada siswa akan sangat bermanfaat, terutama untuk memberikan bayangan bagaimana dunia setelah mereka lulus sekolah atau setelah mereka melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Karena sejatinya, konsep blog Anda dibebaskan untuk menulis apapun yang Anda mau. Akan tetapi untuk konteks pendidikan dan untuk profesi Anda sebagai guru. Baiknya untuk menulis yang berkaitan dengan pendidikan dan informasi yang bermanfaat untuk siswa Anda.

Baca juga:   3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Blog juga bisa meningkatkan minat belajar peserta didik, hal itu karena Anda bisa menulis materi dengan gaya bahasa yang santai. Setelah Anda posting, siswa akan melakukan blog walking yang dapat membuat kegiatan mereka menjadi lebih menyenangkan.

Tugas Guru Lebih Terasa Ringan

Di Indonesia, seorang guru seringkali dikirim keluar kota untuk melaksanakan pelatihan guru dan biasanya jika hal tersebut terjadi, guru tersebut akan memberikan tugas untuk dipelajari dan dikerjakan oleh siswa.

Nah, blog bisa membantu guru tersebut dalam pemberian tugas. Jika Anda menggunakan blog, guru bisa menjadikan blog sebagai wadah untuk menyimpan materi pembelajaran, tugas dan juga informasi lainnya.

Di sisi lain, siswa bisa lebih mudah untuk mendapatkan materi dan juga tugas yang diberikan guru tanpa batasan waktu tertentu. Keren bukan?

Tips Memanfaatkan Blog untuk Pemberian Materi Pembelajaran Tambahan

Setelah Anda mengenal manfaat blog, saatnya kita gunakan blog untuk pemberian materi pembelajaran tambahan. Tapi sebelum Anda gunakan blog untuk pemberian materi, ada beberapa tips yang ingin kami bagikan kepada Anda.

Jadikan Blog Sebagai Tempat untuk Berdiskusi

Dalam penggunaannya, Anda bisa menjadikan blog sebagai tempat untuk berdiskusi dengan siswa dan guru. Tidak hanya itu saja, komunikasi yang dilakukan antara Anda dengan siswa juga bisa diakses dan dilihat oleh banyak orang. Sehingga diskusi tersebut juga bisa berguna untuk banyak orang, tentu saja di blog hanya materi diskusi yang boleh di konsumi masyarakat umum.

Kombinasikan Video dengan Artikel di Blog

Dalam penyampaian informasi materi pembelajaran, Anda bisa mengkombinasikan video dengan artikel. Jadi materinya diperjelas dengan video artikel menjadi pendukung dari video tersebut, Anda bisa menggunakan Youtube untuk platform videonya yang di embed ke blog.

Misalnya saja Anda sedang menjelaskan tentang struktur tubuh manusia, lebih baik lagi tidak hanya gambar tapi ada video dari struktur tubuh manusia. Sehingga lebih menarik perhatian siswa dan buat materinya bisa dengan mudah di download siswa.

Memang, jika menggunakan blog sebagai salah satu tools untuk penyampaian materi. Guru dituntut untuk selalu belajar dan inovatif dalam membuat konten. Jika Anda bisa melakukannya, Anda akan menjadi guru yang kreatif dan inspiratif untuk siswanya nanti.

Baca juga:   Mengenal Jenis Media Pembelajaran

Ajak Siswa untuk Menggunakan Blog

Jadi selain Anda menggunakan blog, ajak siswa untuk menggunakan blog. Caranya bagaimana? Gampang, Anda berikan tugas tambahan di blog dan suruh siswa untuk memberikan laporan pengerjaan tugasnya di blog.

Tujuannya adalah membiasakan siswa untuk menggunakan fasilitas teknologi yang mungkin suatu saat nanti blog ini akan menjadi tools pendukung ketika ia masuk dunia kerja. Selain itu, Anda juga secara tidak langsung mengajak siswa untuk menuangkan segala ide dan gagasan melalui tulisan.

Simplenya, blog bisa berguna untuk siswa dalam menuangkan isi pikiran mereka. Oh iya, blog juga bisa sangat bermanfaat untuk personal branding siswa yang mungkin beberapa tahun kedepan akan sangat berguna untuk karir mereka.

Personal branding adalah proses memasarkan diri melalui suatu citra yang ditampilkan di depan umum. Sehingga melalui blog, siswa bisa memperkenalkan diri mereka ke pada masyarakat umum terkait tentang minat, bakat dan kemampuannya.

Gunakan Blog Sebagai Tempat untuk Mengeluarkan Kreativitas Siswa

Ketika Anda sudah berhasil mengajak siswa untuk membiasakan menuangkan isi pikiran kreatifnya di blog. Nantinya Anda akan dapat melihat potensi dan kreativitas siswanya terhadap blog mereka sendiri.

Mungkin saja Anda akan menemukan sebuah pemikiran yang perlu diarahkan dan Anda tidak menyangka bahwa itu adalah pemikiran dari siswa Anda.

Dengan Anda memanfaatkan blog, maka proses KBM akan menjadi lebih menyenangkan dan efisien. Hal ini bisa terlihat saat ini, banyak anak-anak bangsa yang mulai melek dengan blog dan mem-branding diri mereka dengan mulai aktif membuat konten di blog.

Tidak hanya itu saja, blog juga bisa Anda bagikan linknya ke media sosial yang dimiliki, sehingga informasinya akan cepat tersebar luas lagi dan masyarakat luas bisa merasakan manfaatnya. Semoga blog bisa membantu Anda menjadi guru yang kreatif, inovatif dan menginspirasi.

Jangan sampai Anda kalah dengan para influencer yang notabenenya kurang mendidik siswa, jadilah influencer dalam hal pendidikan untuk perkembangan siswa menjadi lebih baik, sehingga bisa menghasilkan pemimpin yang baik di masa depan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Membuat Akun Telegram di HP

Media Pembelajaran

3 Hal Penting Dalam Membuat Power Point Kreatif Untuk Media Pembelajaran Interaktif

Media Pembelajaran

Ragam Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP

Guru Honorer

Inilah 5 Manfaat Belajar Matematika Sejak Dini Bagi Anak

Media Pembelajaran

Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Membuat Video Pembelajaran Hanya Butuh Smartphone?

Karya Inovatif

Dijamin Seru! Inilah Manfaat dan Contoh Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Admin Sekolah

Google Workspace Penakluk Online Learning
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.