Home / Kurikulum / Media Pembelajaran

Senin, 14 Maret 2022 - 14:52 WIB

5 Fitur Tersembunyi pada Platform Merdeka Mengajar

Fitur Tersembunyi pada Platform Merdeka Mengajar– Platform merdeka mengajar adalah platform yang dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai dengan kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Platform merdeka mengajar adalah platform untuk guru yang akan berkembang menjadi suatu platform yang bukan hanya materi dan konten kementerian, tapi benar-benar dimiliki guru, dari guru, untuk guru.” kata Nadiem dalam Peluncuran Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

Perlu diketahui juga platform merdeka mengajar diluncurkan agar guru lebih mengembangkan kreativitas yang dimilikinya. Platform merdeka mengajar ini juga memiliki beberapa fungsi. “Intinya dalam Platform Merdeka Mengajar ini ada tiga fungsi, yaitu membantu guru untuk mengajar, belajar, dan berkarya,” ucap Nadiem. Jadi, fungsi dari platform merdeka mengajar ini lebih kepada membantu guru dalam mengajar, untuk terus belajar dan mengembangkan diri untuk terus berkarya.

5 Fitur yang Tersedia di Platform Merdeka Mengajar

Ada beberapa fitur yang tersedia di platform merdeka mengajar. Saat ini, tersedia lima produk yang dikelompokkan menjadi produk. Fitur ini akan bisa diakses oleh semua guru ketika guru mendownload merdeka mengajar. Adapun produk atau fitur yang dimiliki platform merdeka mengajar yaitu :

Fitur yang tersedia di platform merdeka mengajar terbagi menjadi pengembangan guru dan kegiatan belajar mengajar. Pada fitur-fitur ini juga masih terdapat beberapa bagian di dalamnya yang memiliki fungsi dan peranan masing-masing. Semua fitur yang ada bisa dimanfaatkan oleh para guru.

Untuk Produk Pengembangan Guru meliputi:

  1. Video Inspirasi, pada fitur video inspirasi tentunya berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli. Video inpirasi ini adalah sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik. Bagi guru yang mengakses merdeka mengajar bisa mengakses video inspirasi ini yang tentunya bisa membawa dampak positif untuk dirinya. Kemudian ketika sudah melihat video inspirasi ini diharapkan bisa menularkan kepada rekan sejawatnya maupun peserta didiknya guna untuk menebarkan inspirasi dan kebermanfaatan.
  2. Pelatihan Mandiri, pada fitur ini yaitu memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun. Artinya pelatihan ini bisa dilakukan dan dipilih sesuai kebutuhan guru sendiri. Kemudian ketika mengakses fitur ini bisa dilakukan di waktu kapan saja serta di tempat mana saja menyesuaikan dengan kondisi guru yang ada. Selain itu, tentunya pelatihan mandiri ini memberikan manfaat untuk penambahan kompetensi guru.
  3. Bukti Karya Saya, pada fitur ini berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Serta wadah untuk berbagi praktik baik dan mendapatkan umpan balik dari rekan Pada fitur ini berarti merupakan kumpulan dari karya yang dibuat oleh guru itu sendiri. Karya di sini diperoleh selama bekerja sebagai guru maupun kepala sekolah. Kemudian hasil karya yang dibuat oleh guru diharapkan bisa ditularkan minimal ke rekan sejawatnya di sekolah maupun rekan sejawatnya di sekolah lain.
Baca juga:   Penerapan Kurikulum Merdeka Bisa Dilakukan Secara Mandiri, Begini Caranya!

Kemudian untuk Produk Kegiatan Belajar Mengajar meliputi:

  1. Asesmen Murid, fitur ini lebih kepada membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi
    dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Jadi, fitur ini digunakan guru untuk mengetahui bagaimana kondisi peserta didiknya sehingga ketika seorang guru mengetahui kondisi peserta didiknya diharapkan guru bisa membantu proses perkembangan dirinya di sekolah.
  2. Perangkat Ajar, memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Perangkat ajar yang tersedia di platform merdeka termasuk yang cukup lengkap dan bisa digunakan guru untuk kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.
Baca juga:   Materi Pendidikan Anti Korupsi

Nah, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya mengakses platform merdeka mengajar ini?

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakses platform merdeka mengajar. Penjelasannya sebagai berikut :

Pertama, Platform merdeka mengajar saat ini hanya bisa diunduh melalui gawai android. Artinya selain menggunakan android maka platform ini tidak bisa diakses. Kemudian untuk android yang bisa mengakses juga ada spesifikasinya. Hanya android versi 5-lollipop yang bisa mengakses platform merdeka mengajar.

Kedua, platform merdeka mengajar bisa diakses menggunakan web browser. Platform merdeka mengajar untuk saat ini bisa di akses menggunakan web browser melalui tautan https://guru.kemdikbud.go.id// . Dengan membuka tautan tersebut maka Anda akan bisa mengakses platform merdeka mengajar.

Ketiga, platform merdeka mengajar bisa diakses secara luring. Beberapa produk dan fitur di platform Merdeka Mengajar memungkinkan untuk diakses secara luring, misalnya dengan mengunduh materi Perangkat Ajar ke gawai Anda.

Kemudian untuk cara masuk ke platform merdeka mengajar bisa dilakukan dengan masuk ke platform Merdeka Mengajar menggunakan Akun Google dengan domain belajar.id (Akun Pembelajaran) atau madrasah.kemenag.go.id (Akun Madrasah). Lalu, jika menggunakan aplikasi, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Merdeka Mengajar melalui Google Play Store.

Demikian itu tadi 5 fitur yang tersedia di platform merdeka mengajar. Bukankan fitur-fitur tersebut banyak membawa manfaat? Silahkan bagi guru yang ingin mengakses platform merdeka mengajar dengan cara membuka tautan https://guru.kemdikbud.go.id// . Selain itu dibahas pula mengenai cara mengakses dan cara masuk platform merdeka mengajar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik dengan cara klik pada link INI

 

 

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

Kesiswaan

Cara Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Media Pembelajaran

Membuat Presensi Otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terbaik

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik
motivasi belajar

Kurikulum

Manfaat Pelaksanaan Projek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kesiswaan

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Diri Siswa

Kurikulum

Penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) Dalam Kurikulum 2022 Untuk Jenjang SMK Pusat Keunggulan
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.