Home / Karya Inovatif / Kesiswaan / Media Pembelajaran

Senin, 5 September 2022 - 10:06 WIB

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran

Teka-teki silang – Sejatinya belajar adalah melatih kebiasaan untuk memiliki perubahan-perubahan dalam masa tumbuh kembang anak. Memang perlu banyak cara untuk membuat anak semakin memiliki semangat tinggi dalam belajar di kelas. Di samping itu, kegiatan ini mampu membangkitkan emosional anak, mengaktifkan panca indra, serta memberikan stimulus untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangannya.Di usia yang belia tersebut, anak lebih senang belajar sambil bermain. Karena dengan bermain juga anak merasa nyaman dan menyenangkan. Sehingga memudahkan anak menerima ilmu baru yang sedang dipelajari. Banyak cara untuk memfasilitasi anak dalam belajar salah satunya adalah dengan bermain teka-teki. Di era sekarang membuat teka-teki bukanlah hal yang sukar untuk dikerjakan. Terdapat banyak aplikasi yang memudahkan dalam membuat teka-teki seperti Puzzlemaker dan masih banyak lainnya

Simak ulasan berikut ini tentang teka-teki

Apakah teka-teki silang itu?

Teka-teki merupakan sebuah permainan yang mana cara memainkan nya dengan mengisi ruang-ruang kosong yang berupa kotak dengan satu karakter huruf tiap kotaknya sehingga membentuk sebuah kata yang sesuai dengan petunjuk. Di lain sisi teka-teki juga memiliki manfaat yang besar dalam mengembangkan imajinasi dan pola pikir seseorang.

Baca juga:   Kiat-Kiat Sukses Lolos SBMPTN 2022!

Penggunaan teka-teki silang sebagai media yang mengasyikkan dalam proses pembelajaran dapat menjadi alternatif media belajar. Namun penggunaan teka-teki ini hanya berlaku untuk mata pelajaran yang tidak menggunakan operasi perhitungan.

Manfaat bermain teka-teki silang

Teka-teki tidak hanya memberikan suasana baru dalam pembelajaran, melainkan untuk menjaga kesehatan otak. Hal ini terjadi karena teka-teki mendorong seseorang untuk menganalisis dan memikirkan sesuatu. Selain itu, kegiatan ini dapat membantu mempertajam ingatan, khususnya ingatan jangka pendek. Manfaat lain dari memainkan teka-teki yaitu dapat membantu anak untuk selalu berpikir secara kritis sehingga mampu memecahkan masalah dengan baik.

Di samping itu, teka-teki juga dapat mengembangkan keterampilan dalam berkomunikasi karena ketika seseorang menjawab maka ia akan berusaha untuk menata cara komunikasi sehingga guru dan orang lain akan mudah memahami jawabannya.

Sudah banyak aplikasi atau website yang menyediakan kemudahan dalam membuat teka-teki. Salah satu yang populer adalah Puzzlemaker.

Baca juga:   Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

Puzzlemaker

Sebuah website yang dapat membuat teka-teki untuk membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif lagi. Dalam website ini memiliki beberapa jenis yang mana pengguna dapat mengatur sendiri isian jawaban tersebut. Puzzlemaker memiliki beberapa jenis nya diantaranya: teka-teki pencarian kata, teka-teki silang, teka-teki labirin, teka-teki ganda bahkan teka-teki matematika pun ada.

Kelebihan Puzzlemaker

Dengan banyaknya website yang dapat membuat teka-teki serupa, namun puzzlemaker memiliki kelebihan yaitu

  1. Tidak perlu mengunduh aplikasi
  2. Penggunaannya yang mudah dan ringkas
  3. Dalam satu website dapat menggunakan lebih dari satu jenis teka-teki

Puzzlemaker memiliki kelebihan yang berbeda dengan yang lainnya. Hal ini dapat dimanfaatkan guru dalam membangun suasana kelas yang baik dengan menggunakan kegiatan bermain berupa memainkan teka-teki silang.

Ikutilah pelatihan “Belajar Sambil Bermain Teka-teki menggunakan Puzzlemaker” dan dapatkan fasilitas berupa full support dari tim instruktur dan mendapatkan e-sertifikat 32 JP.

<<DAFTARKAN DIRI ANDA DISINI>>

(muf/muf)

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Guru Mengajar
Ranking

Kesiswaan

Ranking Itu Bukanlah Urutan Kecerdasan Seorang Murid di Dalam Kelas
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Mendesain Slide Presentasi yang Baik dan Menarik
Orang Tua

Kesiswaan

Keterlibatan Orang Tua Siswa SD Untuk Berkualitas

Karya Inovatif

Panduan Membuat Makalah Best practice dan Manfaatnya bagi Guru

Media Pembelajaran

Media Pembelajaran dan Fungsinya dalam Proses Belajar
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning

Kesiswaan

Penyebab Peserta Didik Tidak Percaya Diri pasca Pandemi
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.