Home / Media Pembelajaran

Selasa, 9 Januari 2024 - 10:30 WIB

Cara Memasukkan File Audio di LiveWorksheets Ketika Membuat LKPD

Belakangan, para guru sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses pembelajaran di dalam kelas. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan LiveWorksheet dalam membuat LKPD.

Liveworksheet ini adalah aplikasi berbasis website. Ia bisa dimanfaatkan untuk membuat lembar kerja peserta didik yang interaktif. Menariknya, aplikasi yang berbasis website ini bisa digunakan dengan sangat mudah oleh seluruh guru di Indonesia.

Dalam menggunakannya, Anda hanya perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu, lalu tinggal akses saja fitur menarik yang sudah disediakan.

Meskipun penggunaannya tergolong mudah, namun tetap saja, masih lumayan banyak yang belum tahu cara menggunakannya. Khususnya ketika akan memasukkan file audio di LiveWorksheet saat membuat lembar kerja peserta didik ini.

Bagi yang ingin memanfaatkan LiveWorksheet, dan berniat menggunakan audio, simak cara memasukkan file audio di Liveworksheet berikut:

  1.     Daftar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Untuk mendaftar, Anda bisa mengakses link https://www.liveworkshtee.com/. Jika sudah ada di halaman pertamanya, Anda bisa mengklik menu register. Isi seluruh data yang diminta oleh situsnya.

Baca juga:   Mengajar Matematika dengan Game agar Pembelajaran Lebih Menarik

Ketika mendaftar, Anda harus memasukkan alamat email yang aktif yang berguna untuk konfirmasi akun pendaftaran. Jika sudah, maka Anda akan menerima email dari situs ini. Klik saja link yang sudah Anda terima.

Apabila akun Anda sudah aktif, maka silahkan login menggunakan akun yang didaftarkan tadi.

  1.     Buat LKPD

Jika sudah mempunyai akun, barulah Anda bisa mulai membuat lembar kerja peserta didik.

Untuk membuat, Anda perlu masuk ke menu “teachers access”. Dengan mengklik menu tersebut, maka Anda sudah dapat membuat LKPD melalui Liveworksheets sekarang.

Jangan lupa untuk mengklik menu “get started”. Untuk memulainya, Anda dapat menulis materi yang akan dibuat pada Microsoft Word. Kemudian tinggal disimpan saja dengan format PDF. Yang nantinya tinggal diunggah saja ke situsnya.

Untuk ukuran filenya usahakan tidak lebih 5 MB. Selain bisa mengunggah file dalam bentuk PDF, Anda juga bisa mengupload file dalam format yang lainnya. Mulai dari JPG, hingga dengan file dalam bentuk audio.

Baca juga:   3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Nah, bagaimana cara memasukkan file audio di Liveworksheet saat membuat LKPD? Maka caranya tidak berbeda jauh dengan memasukkan file PDF. Anda bisa membuka link Liveworksheet. Kemudian, pilih file yang akan dimasukkan pada bagian “choose file”.

Lalu pilih file dalam bentuk PDF terlebih dahulu. Jika sudah, barulah tambahkan file, dan pilih file audio yang ingin dimasukkan.

  1.     Simpan

Terakhir, tinggal disimpan, dan siap dibagikan kepada para siswa.

Demikian seputar tutorial sederhana mengenai cara memasukkan file audio di Liveworksheet yang bisa Anda coba sekarang juga. Siapkan file  yang dibutuhkan, dan ikuti tutorial tersebut. Selamat mencoba!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

cara membuat promes

Kurikulum

Kurikulum Merdeka dan Model Pembelajaran yang Tepat!

Media Pembelajaran

3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak TK

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran dengan Classpoint

Media Pembelajaran

Mengenal Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah

Media Pembelajaran

Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Media Pembelajaran

5 Rekomendasi aplikasi yang memudahkan belajar matematika