Home / Media Pembelajaran

Selasa, 29 Maret 2022 - 18:45 WIB

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

Buku Saku Platform Merdeka Mengajar– Buku saku platform merdeka mengajar berisi kumpulan tanya jawab seputar platform merdeka mengajar. Platform merdeka mengajar dicanangkan oleh Kemendikbudristek untuk membantu Guru dalam proses pembelajaran. Nah, dalam perjalanannya platform merdeka mengajar ini mendapatkan beberapa respon yang baik di kalangan Guru khususnya. Tidak sedikit juga yang sudah menggunakan platform merdeka mengajar ini.

Nah, seiring berjalannya waktu muncullah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan platform merdeka. Pertanyaan yang muncul seperti siapa yang bisa mengakses platform tersebut, kemudian bisa diakses menggunakan apa, isi fiturnya apa saja dan sebagainya.

Oleh sebab itu, buku saku platform merdeka mengajar berisi rangkuman dari beberapa pertanyaan yang muncul dan sudah disertai dengan jawaban dan penjelasannya. Pada buku saku platform merdeka mengajar kurang lebih ada sekitar 25 pertanyaan. Akan tetapi, yang akan di bahas pada artikel ini hanya 10 pertanyaan yang kiranya sering dipertanyakan dan jawaban dari 10 pertanyaan tersebut.

Pertanyaan pertama, Produk atau fitur apa saja yang tersedia di platform merdeka mengajar?

Saat ini, tersedia lima produk yang dikelompokkan menjadi produk Pengembangan Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar.

Produk Pengembangan Guru meliputi:

  1. Video Inspirasi, yang berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli, sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik.
  2. Pelatihan Mandiri, yang memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun.
  3. Bukti Karya Saya, yang berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah. Serta wadah untuk berbagi praktik baik dan mendapatkan umpan balik dari rekan sejawat.

Produk Kegiatan Belajar Mengajar meliputi :

  1. Asesmen Murid, Membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.
  2. Perangkat Ajar, yang memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks.

Pertanyaan Kedua, Bagaimana cara masuk ke platform merdeka mengajar?

Untuk pertanyaan ini sering ditanyakan karena kadang banyak yang belum mengetahui cara masuk ke platform merdeka mengajar. Nah yang bisa dilakukan adalah masuk ke platform Merdeka Mengajar menggunakan Akun
Google dengan domain belajar.id (Akun Pembelajaran) atau madrasah.kemenag.go.id(Akun Madrasah).
Jika menggunakan aplikasi, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Merdeka Mengajar melalui Google Play Store. Jadi untuk masuk bisa menggunakan dua cara. Silahkan pilih cara yang mudah untuk mengakses.

Baca juga:   E-Rapor Kurikulum Merdeka : Rapor Siswa Lebih Simpel dan Terintegrasi dengan Dapodik.

Pertanyaan ketiga, Siapa saja pengguna platform merdeka mengajar?

Platform Merdeka Mengajar diperuntukkan bagi para guru dan kepala sekolah. Jadi, platform merdeka mengajar ini memang belum diperuntukkan selain untuk guru dan kepala sekolah. Mungkin bisa jadi ke depan platform merdeka mengajar bisa diakses oleh siswa. Kita tunggu saja ya.

Pertanyaan keempat, Apakah tersedia layanan pengaduan jika mengalami kendala saat menggunakan platform Merdeka Mengajar?

Setiap aplikasi tentunya akan mengalami sebuah kendala termasuk platform merdeka mengajar ini. Dan ya jika platform merdeka mengajar mengalami kendala maka tersedia layanan pengaduan, untuk menyampaikan pertanyaan atau laporan. Nah, untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buka halaman Pengaturan pada platform Merdeka Mengajar. Lalu klik Pusat Bantuan.
  • Jika Anda menggunakan browser web, klik Bantuan pada bagian bawah halaman awal platform Merdeka Mengajar.
  • Telusuri artikel yang tersedia untuk menemukan jawaban atas pertanyaan.
  • Buka salah satu artikel yang dirasa sesuai. Jika jawaban tidak ditemukan, klik Hubungi Bantuan di bagian bawah halaman, kemudian pilih “Pertanyaan seputar platform Merdeka Mengajar”

Pertanyaan kelima, Bagaimana keamanan data pengguna platform Merdeka Mengajar?

Untuk menyediakan layanan dengan cara yang andal dan bertanggung jawab, tim Kemendikbudristek memproses dan menyimpan informasi pengguna pada server yang telah terjamin keamanannya, sesuai dengan standar dan ketentuan hukum yang berlaku. Kebijakan privasi dapat dilihat pada tautan https://guru.kemdikbud.go.id/policy. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa data Anda akan aman. Buat Anda yang akses platform merdeka mengajar tidak perlu ragu lagi dengan keamanan platform ini.

Pertanyaan keenam, Bagaimana cara mengakses platform Merdeka Mengajar jika telepon genggam (HP) yang dimiliki sangat sederhana?

Di zaman sekarang tidak menutup kemungkinan masih ada guru yang belum memiliki HP sesuai dengan standar yang ada. Nah, ketika akan mengakses platform merdeka mengajar ternyata bisa juga selain menggunakan HP. Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui browser web di https://guru.kemdikbud.go.id/ untuk mengunduh materi-materi yang diperlukan dan digunakan secara luring. Jadi, bisa di searching melalui web ya.

Pertanyaan ketujuh, Apakah semua guru wajib menggunakan platform Merdeka Mengajar?

Tidak wajib. Namun disarankan agar guru dapat memanfaatkan platform Merdeka Mengajar untuk meningkatkan kompetensi dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Sebagai guru tentu tidak ada kata berhenti untuk terus belajar.Nah, platform ini bisa dimanfaatkan selain untuk menunjang pembelajaran juga bisa menambah wawasan diri sendiri.

Baca juga:   5 Prinsip Implementasi Projek di Era Kurikulum Merdeka

Pertanyaan kedelapan, Apa tujuan Kemendikbudristek meluncurkan platform Merdeka Mengajar?

Platform Merdeka Mengajar merupakan langkah lanjutan dari upaya transformasi pendidikan berbasis digital di Indonesia, serta disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Jadi, tujuan diluncurkannya platform merdeka mengajar adalah agar guru memiliki bahan berbasis digital yang bisa membantu segala aktivitas guru di sekolah terutama dalam hal pembelajaran. Selain itu, untuk guru yang sering melakukan inovasi baru bisa diwujudkan dalam sebuah karya maka platform ini sangat tepat sekali untuk diakses oleh para guru semuanya. Tentunya Kemendikbudristek sudah mempertimbangkan segalanya mengenai platform merdeka mengajar ini dari kelebihan maupun kekurangannya.

Pertanyaan kesembilan, Bagaimana platform Merdeka Mengajar dapat menunjang kompetensi profesi dan kinerja guru?

Platform Merdeka Mengajar menyediakan beragam materi mengajar yang dapat diterapkan langsung di kelas, serta beragam materi pelatihan yang bisa menunjang guru dalam berkarya dan meningkatkan kompetensi. Dengan kata lain, platform merdeka mengajar ini membantu guru dalam meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Kompetensi setiap guru jika tidak dikembangkan atau tidak terus diasah biasanya lama-lama akan pudar. Besar kemungkinan guru akan ketinggalan beberapa informasi atau bisa dikatakan kurang update dengan segala pembaruan yang ada di dunia pendidikan.

Pertanyaan kesepuluh, Bagaimana akses bagi guru-guru madrasah di bawah naungan Kementerian Agama?

Di Indonesia jumlah guru termasuk banyak. Guru yang bekerja di madrasah  ada yang di bawah naungan Kementerian Agama. Nah, untuk sekolah di bawah naungan Kementerian Agama tentu para guru dan kepala sekolahnya juga ingin merasakan manfaat dari platform merdeka mengajar. Lantas bagaimana caranya guru-guru madrasah naungan Kementerian Agama bisa mengakses platform merdeka mengajar? Jawabannya adalah saat ini, guru-guru Madrasah dapat mengunduh platform Merdeka Mengajar dan masuk menggunakan Akun Google dengan domain madrasah.kemenag.go.id (Akun Madrasah). Jadi, guru madrasah dapat mengakses platform ini menggunakan akun madrasah.

Demikian pembahasan mengenai buku saku platform merdeka mengajar. Di dalamnya terdapat beberapa pertanyaan beserta jawaban seputar platform merdeka mengajar. Semoga bisa membantu kamu khususnya para guru yang akan mengakses dan merasakan manfaat dari platform merdeka mengajar.

 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI

 

 

 

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon
tips membuat best practice

Media Pembelajaran

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengisi Kolom “Upaya Mempelajari Fokus Perilaku Observasi” di PMM

Media Pembelajaran

Cara Membuat Presentasi di Canva, Guru Wajib Tau!

Admin Sekolah

Kenali Google Workspace for Education sebagai Wujud dari Digitaliasai Pendidikan Era Merdeka Belajar melalui Teknologi

Kesiswaan

Manfaat Chatbot sebagai Media Pembelajaran, Inovasi Baru Dunia Pendidikan
gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

5 Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software

Media Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran Daring untuk Solusi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Media Pembelajaran

Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan