Home / Media Pembelajaran

Jumat, 19 Agustus 2022 - 18:18 WIB

Lebih Praktis! Berikut 5 Kelebihan CBT Menggunakan Platform Moodle

Moodle adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment merupakan sebuah platform pembelajaran yang dirancang untuk menyediakan pendidik, pelajar, dan administrator dengan satu sistem yang aman, dan terintegrasi.

Seperti dengan Google Classroom, Moodle menyediakan ruang kelas digital bagi siswa untuk mengakses materi atau segala hal yang berhubungan dengan pembelajaran sehingga moodle didesain untuk bisa digunakan, baik oleh guru, siswa, dan admin. Fitur-fitur yang tersedia memungkinkan ketiga elemen tersebut saling terintegrasi dalam satu sistem untuk proses pembelajaran daring yang terpadu.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, platform pembelajaran online menjadi semakin populer. Moodle adalah salah satu platform yang paling memenuhi kebutuhan ini karena sifatnya yang  open source dan bebas untuk digunakan dan diubah sesuai kebutuhan pengguna, Moodle telah menjadi platform pilihan para pendidik.

Selain itu, dilansir dari laman iconews, Moodle telah teruji di 238 negara dan digunakan oleh 197 juta pengguna. Bahkan di Indonesia sendiri, terdapat sebanyak 4.466 situs pembelajaran yang dibangun menggunakan Moodle. Salah satu pemanfaatan moodle sebagai situs pembelajaran ialah dapat digunakan untuk CBT atau lebih dikenal dengan ujian berbasis komputer secara online.

Baca juga:   Memahami Cara Penggunaan Platform Rapor Pendidikan Indonesia

CBT adalah singkatan dari Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer merupakan tes/ujian dengan menggunakan komputer. Penyajian dan pemilihan soal CBT dapat dilakukan secara acak, sehingga soal antara satu siswa dengan lainya bisa berbeda ditiap nomor atau tiap jawabannya.

5 Kelebihan CBT Menggunakan Moodle 

1. Sangat fleksibel dan mudah dimodifikasi

Moodle bersifat open source  sehingga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan guru. Moodle dapat digunakan dalam rangkaian pembelajaran mulai dari Moodle CBT online, e-learning, kuis, hingga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Selain itu, Moodle menyediakan berbagai macam plugin dan add-ons yang dapat digunakan secara gratis

2. Dapat diakses kapanpun, dimanapun, dan melalui perangkat apapun

Moodle merupakan platform berbasis website sehingga dapat diakses melalui perangkat apapun, termasuk gawai (responsif).

3. Penilaian Otomatis

Moodle dapat melakukan penilaian secara otomatis sehingga guru tidak perlu menghabiskan banyak waktu saat menilai. Selain itu, pengajar juga bisa menggunakan berbagai jenis pertanyaan yang menarik dalam kuis untuk menilai pembelajaran.

Baca juga:   Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

4. Pemberian Feedback

Selain memberikan nilai, moodle juga dapat memberikan umpan balik mendetail langsung kepada murid. Selain itu, Moodle juga dapat memberikan ruang pribadi bagi peserta didik untuk merefleksikan perjalanan belajar mereka yang mencakup rangkuman catatan tiap umpan balik dari pengajar ataupun menetapkan target belajar kedepannya.

5. Memantau Laporan

Salah satu fitur yang tidak kalah menarik lainnya ialah moodle dapat menyimpan nilai tiap siswa dari berbagai aktivitas tugas yang dilakukan di dalamnya sehingga para pengajar tidak perlu lagi menyiapkan laporan di lembaran Excel ataupun secara manual

Nah, sudah terbukti bahwa penggunaan moodle sebagai Learning Management System yang paling populer di dunia memang sangat memudahkan para pengajar khususnya dalam melaksanakan CBT .

Apa anda tertarik ingin mengembangkan kemampuan anda dalam menggunakan Moodle? Mari ikuti segera pelatihan dari e-guru.id dengan judul “Membuat Computer Based Test (CBT) Menggunakan Platform Online”

DAFTAR SEGERA!

(fas/rtq)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terbaik

Media Pembelajaran

Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran
HOTS

Karya Inovatif

Instrumen HOTS untuk Guru Berkualitas

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Media Pembelajaran

Aplikasi Pengolah Nilai untuk MI dan MTS

Media Pembelajaran

Fitur-Fitur Menarik dari Virtual Asisten untuk Video Pembelajaran Interaktif

Karya Inovatif

Era yang Maju Tapi Metode Belajar Masih Konvensional? Simak Metode Belajar Asyik Berikut Ini

Karya Inovatif

Keren! Inilah 5 Manfaat Menggunakan Moodle untuk CBT (Computer Based Test) Online
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.