Home / Media Pembelajaran

Jumat, 19 Agustus 2022 - 12:12 WIB

Sangat Mudah! Berikut 6 Aplikasi Game Matematika Terbaik

Matematika masih menjadi pembelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar anak,  terutama untuk pelajar SD. Oleh karena itu untuk membantu pemahaman kalkulasi dasar perlu adanya aplikasi game matematika yang menarik dan tidak membuat anak menjadi takut.

Sebab tak jarang, guru pun mengalami kesulitan untuk menanam konsep dasar matematika yang tepat pada setiap anak.  Pasalnya, tidak setiap peserta didik memiliki kemampuan yang sama untuk memahami pembelajaran tersebut.  Ada yang dapat langsung mengerti begitu dijelaskan.  Ada pula yang memerlukan beberapa waktu.

Namun seringkali Hal inilah yang menyebabkan guru menjadi frustasi.  Sebab apa yang dilakukannya berbatas waktu dan membuat pendidik tersebut hanya memberikan langkah mudah untuk memecahkan soal.  Bukannya mengajak siswa untuk berperilaku kritis, tetapi aagaimana caranya memberikan jawaban alternatif terhadap masalah tersebut.

Namun, sebenarnya bukan hanya guru saja yang merasa terganggu ketika seorang siswa tidak menguasai konsep dasar matematika.  Anak pun merasa tertekan. Karena umumnya orang tua pun memberi dorongan negatif ketika sang buah hati tidak dapat menguasai konsep dasar matematika tersebut.

Karena itu dapat dipikirkan suatu aplikasi game matematika untuk membantu baik guru  untuk Menjelaskan konsep dasar matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan.  Juga buat anak untuk mempelajarinya sesuai dengan kapasitasnya serta durasi waktu konsentrasinya sehingga bisa berulang-ulang.

Apa yang dimaksud dengan Aplikasi Game Matematika?

Banyak yang mengenal aplikasi game matematika sebagai salah satu video tutorial untuk mengetahui lebih banyak tentang konsep suatu perhitungan.  Fungsinya tidak hanya itu saja.  Ada yang hendak dicapai dengan pemanfaatannya pada proses pembelajaran sehari-hari.

Aplikasi game matematika merupakan salah satu video yang berisikan tentang tutorial bagaimana cara memahami suatu konsep perhitungan. Bukan hanya untuk memecahkan masalah tersebut tetapi merasionalkan konsep matematika yang digunakan dalam pembelajaran tersebut.

Sehingga pemanfaatannya diharapkan dapat membantu guru untuk menjelaskan konsep matematika yang dimaksud.  Juga dapat membantu anak untuk mengetahui bagaimana cara merasionalisasikan perhitungan matematika yang digunakan dalam rangka untuk memecah masalah itu.

Lalu adakah aplikasi Game matematika khusus untuk anak SD yang baru saja mempelajari konsep dasar perhitungannya?  Tentu saja ada.  Simak penjelasan di bawah ini untuk detailnya.

Moose Math’

Moose Math Merupakan salah satu aplikasi game  matematika yang dapat digunakan untuk anak berusia 5 sampai 7 tahun.  Sehingga seluruh isinya sangat sederhana namun penuh dengan konsep pembelajaran matematika dasar.  Pelajarannya adalah memilih bangunan yang memiliki ukuran sama.

Baca juga:   Rekomendasi Media untuk Membantu Meningkatkan Literasi Siswa

Selanjutnya anak akan diajarkan berhitung dengan cara memasukkan buah sesuai dengan jumlah yang ditentukan.  Sehingga secara tidak langsung sebenarnya anak sudah melakukan perhitungan bilangan dasar. Secara keseluruhan penggunaan Moose Math akan membantu anak untuk memecahkan masalah matematika.

ZeniusLand

Aplikasi game matematika ini sangat interaktif sehingga cocok sekali jika digunakan untuk anak di kelas 4 sampai 6 sekolah dasar.  Pasalnya tidak hanya berisi tentang konsep matematika dasar tetapi juga berbagai pemecahan masalah yang melibatkan perhitungan yang lebih rumit.

Bahkan anak dapat mempelajari matematika dengan cara misi belajar mingguan serta latihan soal yang yang mudah dikerjakan dengan cara yang sangat atraktif. Jika kemudian anak tersebut dapat menyelesaikan masalahnya maka Zeniusland memiliki hadiah yang sangat menarik sebagai reward.

Untuk orang tua yang mungkin saja mengalami kesulitan untuk melakukan pendampingan bagi anak-anak maka dapat memanfaatkan aplikasi game matematika ini.  Sehingga mereka pun merasa dapat belajar bersama orang tua. Jangan ragu untuk mendampingi proses tersebut agar pencapaiannya optimal.

Game Endless Numbers

Aplikasi game matematika online yang menarik adalah Endless number.  Berbentuk game online yang dapat diunduh secara gratis dan cocok sekali untuk pembelajaran konsep dasar matematika anak umur 3 sampai 8 tahun. Usia yang tepat untuk mempelajari angka dasar.

Endless Number ini sangat menarik karena menggunakan berbagai macam karakter monster yang tidak menakutkan Tetapi malah menimbulkan rasa gemas.  Sehingga anak-anak akan tertarik untuk terus-menerus memecahkan tantangannya.  Selain itu pula gambar serta suara yang keluar dari aplikasi tersebut terdengar menyenangkan.

Anak secara tidak langsung belajar matematika dengan cara yang sangat menyenangkan.  Mereka akan mengurutkan bilangan sebanyak mungkin serta diberi tantangan berupa operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan cara yang unik dan menarik.

Math Training for Kids

Aplikasi game matematika selanjutnya adalah Math Training For Kids. Sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi anak berusia 7-10.  Pada umumnya umur segitu berada di sekolah dasar kelas 1 sampai kelas 3.  Sehingga materinya akan lebih berhubungan dengan tema di sekolah.

Bahkan game pembelajaran matematika ini akan membantu anak-anak melakukan operasi matematika yang lebih sulit lagi.  Mulai dari perhitungan penjumlahan pengurangan, perkalian, serta pembagian dengan melibatkan angka-angka yang bernilai besar mulai dari puluhan sampai ratusan.

Baca juga:   Cara Mudah Membuat Teka Teki Silang Untuk Pembelajaran dengan EclipseCrossword

Menariknya lagi di dalamnya berisi quiz matematika yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi konsep matematika. Juga ada tambahan tabel yang berisikan perkalian agar anak-anak lebih mengetahui proses penjumlahan berulang tersebut.

Preschool Math Games For Kids

Pada umumnya orang tua menginginkan anak-anak sudah menguasai konsep bilangan dasar ketika memasuki sekolah dasar. Karenanya diperlukan latihan yang membutuhkan kesabaran serta proses pembelajaran yang menyenangkan agar anak merasa senang mempelajari matematika.

Salah satu game online matematika yang dapat dipelajari adalah Preschool Math Games For Kids.  Anak-anak dapat mempelajari matematika dengan cara yang paling asik karena hampir seperti bermain saja.  Aplikasi ini cocok digunakan mulai dari kelas 4 hingga 7 tahun.

Pasalnya, memuat berbagai ilustrasi yang menarik sesuai dengan tingkat pengetahuan.  anak di dalamnya anak dapat mempelajari berbagai macam angka serta melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan secara.  Dengan proses pembelajaran yang menarik ini tentu anak akan menyenangi matematika.

Kelebihan aplikasi pembelajaran matematika ini adalah guru dan orang tua dapat mengenalkan berbagai macam bentuk geometri secara sederhana.  Selain itu pula dapat membantu anak untuk mengurutkan benda sesuai bentuk dan jumlahnya.  Mereka juga dapat melakukan perbandingan ukuran berdasarkan bentuk benda.

Math Kids: Math Games for Kids

Salah satu aplikasi games matematika yang menyenangkan adalah Math Kids. Ilustrasinya yang sangat cantik karena menggambarkan tepi pantai di mana serasa sedang berlibur.  Karakter yang akan menjadi guru pada permainan tersebut adalah Lukas yang merupakan seekor singa lucu.

Lukas akan memandu anak-anak untuk memecahkan berbagai soal tentang penjumlahan serta pengurangan secara sederhana. Selain itu juga terdapat metode membandingkan jumlah benda dengan cara bermain dan bernyanyi.  Selain itu pula seluruh aplikasi ini dapat diakses secara gratis.

Aplikasi game matematika di atas tidak hanya digunakan oleh para guru untuk membantu proses pembelajaran.  Namun, jika ada orangtua yang ingin terlibat dalam proses pembelajaran, tentu saja dapat mempelajarinya terlebih dahulu. Kemudian bersama anak membantu proses pemahamannya.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan

Media Pembelajaran

Panduan Lengkap Liveworksheets untuk Hadirkan Kelas Online Lebih Interaktif

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon
Ilustrasi model pembelajaran inovatif

Media Pembelajaran

Presentasi Interaktif dan Lebih Menarik dengan Canva for Education

Media Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran Daring untuk Solusi Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Admin Sekolah

Memahami Cara Penggunaan Platform Rapor Pendidikan Indonesia

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Via HP

Media Pembelajaran

5 Hal Penting dalam Membuat Presentasi yang Menarik