Home / Media Pembelajaran

Selasa, 17 Mei 2022 - 15:20 WIB

Mengajar Matematika dengan Game agar Pembelajaran Lebih Menarik

Mengajar Matematika – Belajar matematika merupakan salah satu mata pelajaran tersulit dan lumayan memeras otak baik dipelajari oleh anak – anak sampai mahasiswa sekalipun.

Stigma bahwa matematika sulit dan susah dipahami, menjadikan peserta didik kurang bisa menerima bahkan mencintai pembelajaran Matematika.

Kendati demikian, semangat mengajar Matematika tak akan lekang oleh waktu. Malah para pendidik menantikan kehadiran cinta dari para peserta didiknya untuk mau belajar Matematika.

Beberapa inovasi dan informasi senantiasa dibuat untuk menjadikan para peserta pedidik tertarik dengan matematika salah satunya yakni dengan kehadiran game online maupun offline.

Belajar Matematika merupakan suatu upaya untuk memahami konsep dasar dalam kehidupan. Sehingga sangat penting untuk diajarkan sejak dini agar generasi saat ini bisa melakukan perhitungan mulai dari konsep dasar sampai yang kompleks.

Mata pelajaran Matematika sendiri seringkali menjadi pembelajaran yang selalu diujikan di setiap jenjang, tes pencalonan TNI/ POLRI, ASN dan berbagai seleksi masuk kampus.

Semakin bertambahnya tahun, kecanggihan teknologi semakin tak tertandingi bahkan sulit dikejar pencapaiannya. Kecanggihan ini tentu perlu dimanfaatkan dalam memajukan beragam aspek dalam kehidupan tak terkecuali sisi pendidikan, khususnya di bidang Matematika.

Salah satu inovasi yang perlu diapresiasi yakni kehadiran game online maupun offline pada mata pelajaran Matematika. Fenomena yang menjadikan game sebagai inovasi pembelajaran ini berasal dari maraknya ketergantungan peserta didik pada game. Jika dibiarkan berlanjut, maka mereka akan tergerus dengan teknologi dan malah tak dapat meneruskan perjuangan di bangku pendidikan.

Ragam Game untuk Mengajar Matematika

Nah, berikut ini adalah beberapa game Matematika yang bisa menjadikan kelas Anda semakin menyenangkan dan pastinya tidak tegang. Beberapa di antaranya yakni :

1.   Permainan Math Duel

Permainan pertama yang bisa dijadikan rekomendasi yakni Math Duel. Math duel merupakan game khusus Matematika yang menargetkan para pemainnya untuk bertanding dengan lawan main lainnya pada satu device yang sama untuk menjawab soal dengan benar.

Sederhananya seperti permainan cerdas cermat. Prosedur penggunaannya yakni dengan penggunaan animasi yang terbagi dalam dua bagian. Di bagian pertama, pemain 1 akan berusaha untuk menyelesaikan soal pertama berdasarkan pemahaman mereka.

Kemudian, di bagian kedua merupakan wilayah para pemain 2 untuk menuntaskan soal Matematika yang telah diberikan.

Para pemain perlu berhati – hati atau bersiap belajar sebelum menjawab. Sebab soal akan dibuat dalam mode “sedikit susah untuk dijawab” oleh kedua pemainnya. Semakin cepat menjawabnya, maka semakin banyak nilai yang diperoleh.

Baca juga:   Buku Saku Platform Merdeka Mengajar : Tanya Jawab Seputar Platform Merdeka Mengajar

2.   Permainan Math, Games and Mathematics

Permainan ini sangat direkomendasikan untuk menemani para peserta didik dalam mengusirkebosanan belajar Matematika. Variasi soalnya pun sangat beragam. Selain itu, banyak yang menegaskan bahwa game tersebut dapat membantu efektivitas pembelajaran Matematika.

Bukan hanya sekedar mengasah kemampuan dalam penyelesaian soal, namun ada aspek fokus, konsentrasi, logika, kecepatan, memori bahkan yang lainnya. Macam variasi soalnya ada bentuk penambahan, pengurangan, akar kuadrat, perkalian sampai presentase.

3.   Permainan Kids Math

Kemudian, permainan selanjutnya yakni cenderung dimainkan oleh anak – anak untuk menyerap pembelajaran Matematika. Di dalamnya, siswa bisa memilih berbagai variasi soal seperti perkalian, pembagian, pengurangan dan penambahan. Untuk tingkatannya sendiri ada tingkat mudah, medium dan tersulit.

Permainan Kids Math menyediakan beragam animasi kartun. Sehingga siswa tidak akan bosan untuk belajar Matematika.

Permainan ini sangat efektif untuk menemani belajar apalagi di tengah kecanggihan teknologi seperti sekarang. Daripada siswa menggunakan HP untuk bermain saja, alangkah baiknya bila anda mengarahkan mereka untuk mengakses Kids Math.

4.   Permainan Puzzle Math Game

Permainan selanjutnya yakni Puzzle Math Game yang memberikan fasilitas permainan dengan ragam bentuk. Permainan bisa diakses oleh semua kalangan mulai dari anak – anak sampai dewasa sekalipun. Beberapa bentuk soal di dalamnya yakni soal penambahan, perkalian, pembagian dan pengurangan. Anda pun juga bisa mengarahkan siswa untuk memilih tingkatan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

5.   Permainan Math Vs Undead

Selanjutnya, permainan Math vs Undead. Permainan ini memiliki konsep yang menarik dan unik dan akan memberikan daya tarik tersendiri bagi siswa. Selain itu, User Interfacenya juga tidak gampang membuat bosan, ada juga animasi yang digemari anak – anak.

Permainan ini sangat cocok untuk dimainkan sebab tidak terlalu sulit. Supaya menarik, jika para siswa tak segera menyelesaikan permainannya maka akan ada para zombie yang menyerang pemain. Maka dari itu, untuk mencapai keberhasilan, penting bagi siswa untuk mengatur strategi sederhana dalam menjawab pertanyaan. Permainan ini juga mengajarkan siswa untuk berfikir cepat agar dapat meraih kemenangan.

6.   Permainan Multipliction Table Kids Math

Baca juga:   Kenali Karakter Tanggung Jawab Belajar Pada Siswa

Permainan Multipliction Table Kids juga menjadi salah satu permainan yang direkomendasikan. Permainan ini cocok digunakan bagi siswa yang sedang belajar perkalian dengan berbagai variasi soal.

Terdapat beberapa ragam dalam permainan yakni fitur petualangan, belajar, tantangan dan duel. Beragam model ini akan menyenangkan, bukan?

Belajar Matematika di Dunia Digital

Sebagai seorang guru, tentu ada beberapa kekhawatiran sendiri jika Anda mengarahkan siswa untuk mengakses internet.

Sebab sudah mulai banyak fenomena negatif yang merupakan dampak dari penggunaan internet yang berlebihan. Namun, jika Anda menghentikannya, tentu bukan suatu hal yang mungkin. Sebab kecanggihan internet bukan hal yang harus dihindari. Melainkan harus dimanfaatkan.

Misalnya dalam dunia pendidikan, sebisa mungkin lingkungan sekolah dan keluarga saling mensinergi untuk memotivasi dan mendukung anaknya menggunakan internet namun dalam batasan yang wajar. Misal, mengakses hal yang seharusnya dibutuhkan serta tidak melanggar prinsip dan norma yang sudah dipelajari.

Beberapa keuntungan dari pemanfaatan internet pada pembelajaran Matematika yakni :

Pertama, para siswa akan dengan mudah melupakan stigma bahwa mata pelajaran tersebut merupakan mapel tersulit dan menyeramkan. Sebab ada banyak permainan yang lucu dan tentunya tidak membuat mereka bosan untuk bermain sekaligus belajar.

Kedua, mempelajari Matematika lewat dunia digital akan mengajarkan siswa lebih banyak hal daripada yang dipelajari di sekolah. Sebab biasanya materi di sekolah berdasar tingkat ketercapaian keseluruhan siswa. Sementara dengan menggunakan internet, siswa bisa lebih banyak mengakses berbagai macam topik selain yang mereka pelajari.

Ketiga, dengan belajar Matematika di dunia digital, maka siswa akan memiliki peluang untukmemiliki keterikatan dengan pembelajaran Matematika sehingga di sekolah hanya tinggal mengkonfirmasi dan bertanya pada gurunya. Hal ini memungkinkan terjadinya percepatan pembelajaran.

Nah, demikianlah ulasan mengenai pembahasan mengajar Matematika dan beberapa situs permainan yang bisa diakses baik secara offline dan online.

Alangkah baiknya bila orangtua dan lingkungan sekolah saling bersinergi untuk mengajarkan tentang urgensitas mengakses internet sesuai kebutuhan. Semoga dengan kehadiran beragam situs pembelajaran khususnya Matematika, dapat menjadikan generasi saat ini selangkah lebih maju di sisi intelektualitas.(*)

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

Menjadi guru milenial dengan facebook

Media Pembelajaran

Menjadi Guru Milenial Dengan Facebook Pembelajaran

Karya Inovatif

Keren! Inilah 5 Manfaat Menggunakan Moodle untuk CBT (Computer Based Test) Online

Media Pembelajaran

Fungsi dan Tips Membuat Media Pembelajaran

Karya Inovatif

Microsoft Powerpoint, Jalan Ninja Para Guru

Media Pembelajaran

Mengenal Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

Media Pembelajaran

Ragam Aplikasi Game Based Learning Supaya Pelajar Tak MembosanLagi

Media Pembelajaran

Belajar Menyenangkan dengan Aplikasi Edpuzzle
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.