Home / Kesiswaan / Media Pembelajaran

Selasa, 13 September 2022 - 11:58 WIB

Manfaat Chatbot sebagai Media Pembelajaran, Inovasi Baru Dunia Pendidikan

Manfaat Chatbot – Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadikan sector pendidikan ikut berinovasi dengan memanfaatkan Chatbot dalam proses pembelajaran. Mungkin Sebagian orang mengenal Chatbot sebagai kebutuhan dunia bisnis, karena kerap kali membutuhkan tanggapan yang cepat untuk customer.

Namun, tidak hanya popular di dunia bisnis atau sektor-sektor penting seperti kesehatan, atau perbankan, Chatbot merambah ke dunia pendidikan sebagai salah satu inovasi baru yang dapat menunjang pembelajaran. Lalu, bagaimana implementasi Chatbot di dunia pendidikan? dan apa saja manfaat Chatbot sebagai media pembelajaran?

Chatbot sendiri merupakan sebuah fitur dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) untuk membalas pesan seccara cepat. Melansir dari Investopedia, Chatbot merupakan sebuah program computer yang menyimulasikan obrolan atau percakapan manusia. Percakapan tersebut bisa berupa perintah suara, obrolan teks, atau bahkan keduanya.

Chatbot sendiri merupakan rancangan aplikasi interaktif yang bisa melakukan percakapan dengan manusia melalui beberapa platform. Termasuk di dalamnya layanan pengiriman pesan berlangganan layaknya berkomunikasi langsung dengan percakapan yang relevan. Dapat disimpulkan bahwa Chatbot merupakan sebuah layanan percakapan secara virtual dengan pihak keduanya ialah robot.

Namun, tentu saja Chatbot ini tidak bisa sepenuhnya menggantikan peran manusia termasuk guru dalam hal ini Chatbot dalam dunia pendidikan, karena beberapa keterbatasan yang ada. Walaupun begitu, Chatbot ini memiliki manfaat sebagai media pembelajaran, berikut penjelasannya mengenai manfaat chatbot:

  1. Sebagai Media Pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran era digital seperti sekarang tidak cukup jika guru hanya menjelaskan, dan peserta didik hanya duduk diam di kelas untuk mendengarkan. Menggunakan Chatbot, pembelajaran dapat dilakukan kapan dan di mana saja.

Baca juga:   Tips Membuat Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Karena kemampuannya yang bisa membalas chat secara otomatis, maka memungkinkan untuk Chatbot ini menganalisis kebutuhan siswa, dan memberikan bahan ajar yang sesuai juga spesifik denga napa yang kita pelajari.

  1. Mampu Menghemat Waktu Pengajar

Hadirnya Chatbot sangat membantu guru, dan jelas bukan sebagai ancaman dalam pengganti segorang guru, bahkan mereka tidak akan tergantikan. Teknologi Chatbot ini justru membantu dan menunjang proses pembelajaran.

Chatbot bisa menjadi asisten virtual untuk para pengajar. Misalnya mengatur jadwal, menjawab pertanyaan dari siswa, serta memberikan informasi teknis seputar sistem pembelajaran. Sehingga, guru memiliki banyak waktu dalam memnuat RPP atau materi pelajaran, membuat soal, memeriksa tugas, dan lain-lain.

  1. Meningkatkan Keaktifan Siswa

Biasanya, siswa-siswa banyak yang kurang aktif jika berada di dalam kelas, terutama untuk yang memiliki karakter pemalu. Namun, pada Chatbot siapa saja bisa ikut berpartisipasi dalam pembelajaran, hanya dengan menuliskan pesan. Chatbot akan mempermudah siswa untuk mendapatkan materi dan bertanya jika mengalami kesulitan.

Baca juga:   Kurikulum Merdeka Belajar dan Keunggulannya dalam Media Pembelajaran

Adanya Chatbot juga lebih mempermudah proses belajar mengajar serta komunikasi antara guru-siswa, kegiatan, ada juga info tentang ektrakulikuler, dan interaksi antar siswa. Sehingga, siswa lebih aktif dan tidak mudah kehilangan fokus saat belajar.

  1. Memudahkan Administrasi

Platform Chatbot ini manfaatnya tidak hanya guru dan siswa yang akan merasakan, tetapi para pegawai administrasi dari institusi pendidikan juga. Tenaga administrasi akan terbantu untuk menyampaikan informasi terkait urusan administrasi, dan proses pendaftaran siswa. Dengan begitu pekerjaan tenaga administrasi pun menjadi lebih ringan.

Itulah beberapa manfaat chatbot sebagai media pembelajaran yang tentu saja sangat membantu tenaga pengajar. Selain itu, memanfaatkan chatbot sebagai penunjang pembelajaran adalah sebagai wujud dari salah satu inovasi baru dalam dunia pendidikan.

Anda ingin mempelajari membuat media pembelajaranmelalui Chatbot? Jangan Khawatir e-Guru.id menyelenggarakan Pelatihan 32 JP PembuatanĀ  Chatbot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Tanpa Koding.

Segera Daftarkan Diri Anda Pelatihan 32 JP PembuatanĀ  Chatbot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Tanpa Koding.

(nna/rtq)

Share :

Baca Juga

video pembelajaran

Media Pembelajaran

Manfaat Menggunakan Aplikasi TikTok untuk Pembelajaran Era Digital

Kenaikan Pangkat

Bingung Mau Ice breaking Apa? Yuk, Simak Beberapa Contoh Ice breaking yang Bisa Dilakukan oleh Guru

Kesiswaan

Membangun Pendidikan Indonesia ke Arah Lebih Baik dengan Strategi Jitu
Model Pembelajaran Make a Match untuk Efektifitas Pembelajaran

Kesiswaan

Mengenal Lebih Dalam Sosial Emosional Learning

Kesiswaan

Strategi Mengatasi Kasus Bullying di Sekolah

Kesiswaan

Mengembangkan Kompetensi Guru melalui Sosial Emosional

Kesiswaan

Kepercayaan Diri Siswa : Pengertian, Aspek, Ciri dan Faktornya

Media Pembelajaran

Cara Membuat Virtual Assistant untuk Pembelajaran Digital yang Menyenangkan