Home / Kesiswaan / Kurikulum

Selasa, 4 Oktober 2022 - 14:23 WIB

Simak 6 Manfaat Menulis Bagi Seorang Guru

Menulis dalam arti menuangkan ide, pikiran, dan gagasan dalam bentuk tulisan tidak hanya dapat dapat dilakukan oleh guru, tetapi oleh semua orang kecuali karya sastra yang hanya sastrawan saja yang dapat menulis hal tersebut. Ketika guru menulis suatu buku, manfaat yang akan didapatnya banyak sekali salah satunya adalah sebagai unsur memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan juga sebagai media ajar.

Buku ajar yang dibuat oleh guru tersebut nantinya akan berisi materi pembelajaran yang dapat digunakan referensi oleh siswa. Namun di luar itu, buku ajar yang telah disusun tersebut juga bisa digunakan oleh guru lain yang memiliki bidang pengajaran yang sama. Dengan menulis, guru juga dapat menuangkan pikirannya terhadap sebuah masalah dan pemecahannya, sesuai dengan fungsi dan tugasnya di lembaga pendidikan.

Manfaat Menulis Bagi Seorang Guru

1. Menguasai Ilmu

Penulis buku pasti akan berusaha untuk mencari, mempelajari, dan mengevaluasi setiap referensi yang akan digunakan sebagai bahan sumber. Ini menyiratkan bahwa guru akan menguasai disiplin ilmu tersebut lebih dalam.

Baca juga:   Kabar Terbaru, Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Diperpanjang!

2. Menguasai Model Pembelajaran

Jika seorang guru telah menulis sebuah buku maka dia akan menjadi orang pertama yang mengenal model atau pendekatan ideal untuk menyampaikan materi pelajaran tersebut.

3. Menambah Wawasan

Menulis buku teks secara otomatis akan meningkatkan kemampuan menulis dan memberikan perspektif baru kepada guru karena selama penyusunan buku tersebut, guru dituntut membaca kajian-kajian keilmuan yang variatif. Pada akhirnya, proses membaca akan memberikan banyak informasi kepada guru.

4. Kenaikan Pangkat

Peraturan Bersama Mendiknas Nomor 03/V/Pb/2010 dan Kepala BKN Nomor 14 Tahun 2010 Pasal 17 ayat 2 menyebutkan bahwa untuk kenaikan jabatan/ pangkat setingkat lebih tinggi dari Guru Pertama, pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a sampai dengan Guru Utama, pangkat Pembina Utama, golongan ruang IV/e wajib melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang meliputi sub unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan/atau karya inovatif.

Baca juga:   Strategi mudah dalam menulis buku kenaikan pangkat guru

5. Keuntungan Finansial

Guru juga dapat menghasilkan uang tambahan dengan menulis artikel. Menulis tidak selalu harus dilakukan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Tapi faktanya, tulisan-tulisan artikel yang dimuat di media massa atau membuka jasa penulisan artikel populer, dapat menjadi sumber penghasilan yang menyenangkan.

6. Motivasi Kepada Siswa

Guru akan merasa lebih mudah untuk menginspirasi anak-anak dengan menyuruh mereka menulis. Ketika seorang guru tidak dapat menulis, bagaimana dia bisa menugaskan siswa untuk menulis makalah? Akibatnya, siswa mungkin termotivasi oleh keterampilan menulis mereka dan karya guru mereka tanpa harus mengatakannya.

Ingin melatih kemampuan menulis dari nol? Segera daftarkan diri Anda dalam Pelatihan bersertifikat 32 JP “Penulisan Buku Untuk Kenaikan Pangkat Guru” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 3-12 Oktober 2022.

Tunggu apa lagi? Daftarkan diri Anda sekarang juga sebelum kuota peserta penuh!

(fas)

Share :

Baca Juga

Penilaian Akhir

Kurikulum

Masalah Pendidikan Di Indonesia 2022

Kesiswaan

Mengenal Lebih dalam Ujian AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Kesiswaan

Pengumuman SBMPTN 2022, Cek Selengkapnya Di Sini!
Kiat-kiat menjadi siswa berprestasi

Kesiswaan

Kiat-kiat Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah!

Kesiswaan

Pendidikan Usia Dini Dalam Perspektif Islam

Kurikulum

Pentingnya Pendidikan Anti Korupsi pada Peserta Didik
Penilaian Akhir

Kurikulum

Kriteria Guru Cerdas untuk Mengajar Generasi Alpha

Kesiswaan

Ingin meningkatkan softskill guru? simak ulasan berikut ini