Home / Media Pembelajaran

Jumat, 12 Agustus 2022 - 18:49 WIB

Rekomendasi Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terbaik

Aplikasi media pembelajaran terbaik – Pesatnya perkembangan dunia digital juga memaksa kita untuk mengimbanginya, banyak terjadi perubahan dan penyesuaian di segala bidang, termasuk pendidikan. Hal ini semakin kompleks dengan jumlah penggunaan internet di Indonesia yang mencapai 123 juta, yang juga menjadikan Indonesia termasuk dalam 5 Besar Dunia.

Hal inilah yang perlu di imbangi dengan sumber daya manusia yang ada. Pembelajaran di era modern tidak lagi terikat dengan buku siswa, karena sudah ada akses yang sangat luas yang di sebut dengan internet. Melalui media smartphone Adroid, sepertinya belajar bisa lebih menyenangkan dan menghemat waktu.

Namun pembelajaran melalui media smartphone khususnya android juga harus dalam pengawasan orang tua. Cara belajar di smartphone juga banyak, selain menggunakan navigasi, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi penunjang belajar. Dimana di playstore sendiri banyak terdapat aplikasi pendukung pembelajaran.

Beberapa aplikasi terbukti memiliki kinerja yang sangat baik, bahkan pemerintah telah membuat beberapa aplikasi pembelajaran yang ditujukan untuk siswa sekolah. Kali ini, ponsel memiliki kesempatan untuk memberi tahu teman tentang aplikasi media pembelajaran terbaik untuk Android.

Dimana aplikasi ini mungkin bisa menjadi rekomendasi yang tepat bagi anda yang sedang mencari alat bantu pendidikan menggunakan aplikasi tersebut.

8 Rekomendasi Aplikasi Media Pembelajaran

Teknologi terus berkembang setiap tahun, membantu banyak orang melakukan berbagai tugas dengan lebih efisien. Salah satunya adalah pembelajaran yang dulu hanya bisa dilakukan melalui buku atau guru. Sekarang, berkat Internet dan Android, belajar bisa lebih efektif dan lebih mudah melalui aplikasi.

Di Play Store sendiri banyak terdapat aplikasi media pembelajaran terbaik yang sangat bagus dalam memberikan ilmu atau informasi kepada penggunanya. Berikut ini rekomendasi aplikasi media pembelajaran terbaik yang bisa Anda gunakan.

1.      Aplikasi pembelajaran online “Ruangguru”

Ruangguru merupakan salah satu aplikasi media pembelajaran terbaik yang kini cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna. Di sebutkan oleh website resmi Ruangguru, aplikasi pembelajaran online ini mengembangkan berbagai layanan pembelajaran berbasis teknologi.

Hal ini termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video pembelajaran berlangganan, pasar les privat, dan konten pendidikan lainnya yang dapat di akses melalui web dan aplikasi pembelajaran online Ruangguru. Ruangguru juga mengklaim sebagai perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang fokus pada layanan berbasis pendidikan.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 22.000.000 pengguna dan mengelola 300.000 guru yang menawarkan layanan di lebih dari 100 bidang studi. Ruangguru adalah aplikasi pembelajaran online terbesar dan terbaik di Indonesia yang melayani anak-anak dengan tingkat pendidikan dasar, menengah, tinggi dan kejuruan.

Baca juga:   Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

Untuk akses pertama kalinya Anda dapat mengakses aplikasi pembelajaran online Ruangguru secara gratis. Setelah itu, Anda atau anak Anda bisa memilih paket belajar online yang sesuai dengan level atau kebutuhannya.

2.      Rumah belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) juga tidak kalah dengan berpartisipasi pembuatan aplikasi bernama rumah belajar. Aplikasi pembelajaran pemerintah ini jelas gratis. Untuk konten aplikasinya sendiri, Rumah Belajar memiliki aplikasi yang menarik dan banyak konten bermanfaat seperti audio, video, gambar dan animasi.

3.      Brainly

Aplikasi menarik yang akan membantu Anda memperdalam pengetahuan Anda dengan sangat baik adalah aplikasi Brainly. Di mana aplikasi hebat ini bisa menjadi pilihan yang menarik dan cukup bisa di andalkan.

Faktanya, sudah ada jutaan pengguna yang bergabung dengan komunitas Brainly, yang semakin membuktikan bahwa aplikasi ini sangat istimewa. Metode pembelajaran yang di sampaikan oleh aplikasi ini juga dapat di temukan dalam bentuk video.

4.      Zenius

Best Zenius Online Learning App juga merupakan aplikasi bimbingan belajar online favorit untuk anak-anak atau pelajar di Indonesia. Aplikasi pembelajaran online Zenius dapat membantu anak/siswa fokus pada persiapan belajar bahkan hingga UTBK 2021.

Untuk entry level juga ada persiapan PTS dan PAS dimana pembelajaran bisa di lakukan dengan tutor terbaik di bidangnya. D isebutkan oleh website Zenius, sejak di dirikan pada tahun 2004, Zenius telah di gunakan oleh ratusan ribu alumni yang tersebar di universitas ternama seperti UI, ITB dan UGM.

 

Tak hanya itu, ratusan ribu alumni Zenius kini juga tersebar di berbagai perusahaan ternama. Untuk menemani anak Anda belajar, Zenius Online Learning App menyediakan berbagai paket pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya Zenius Ultima, Optima, Aktiva dan paket pembelajaran lainnya.

Salah satu fitur dari aplikasi pembelajaran online Zenius adalah Zenius Aktiva Sekolah. Di Zenius School Resources, anak-anak Anda dari kelas 1-12 dapat belajar secara bebas dengan menonton lebih dari 90.000 video berbagai konsep sains. Mereka juga bisa berlatih sepuasnya dari bank soal Zenius di aplikasi pembelajaran online Zenius.

5.      Duolingo

Duolingo menjadi terkenal ketika di rilis pada tahun 2014 dan berlanjut hingga hari ini. Aplikasi ini secara khusus mengajarkan bahasa melalui berbagai metode menarik, seperti minigame.

Dan juga di dukung oleh lebih dari selusin bahasa dengan pengembang mengklaim 34 jam di Duolingo sama dengan satu semester pembelajaran bahasa di sekolah. Apa yang membuat Duolingo lebih baik adalah aplikasi ini gratis untuk diunduh dan tidak memiliki iklan.

Baca juga:   Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran

6.      Rumah belajar Kemendikbud

Di sebutkan oleh website Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, aplikasi ini merupakan aplikasi pembelajaran online gratis berbasis website. Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan portal pembelajaran yang menyediakan materi pendidikan dan sarana komunikasi yang mendukung interaksi antar masyarakat.

Rumah Belajar Kemendikbud hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat di manfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMP), Sekolah Menengah Atas/SMA (SMA/SMK) bahkan.

Dengan menggunakan aplikasi pembelajaran online Rumah Belajar Kemendikbud, anak/siswa Anda dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Semua konten Pusat Pembelajaran Kemendikbud dapat di akses dan digunakan secara gratis.

Fitur dari aplikasi belajar online gratis Rumah Belajar Kemendikbud ini memberikan materi edukasi bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Bahan ajar di sajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik berupa gambar, video, animasi, simulasi, penilaian dan permainan.

Misalnya, fitur “Maya Lab” yang menyediakan fungsi simulasi lab secara langsung dan si kecil bisa melihat ke mana saja. Berbagai simulasi di Laboratorium Maya di sajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama LKS dan teori praktis yang tentunya membuat belajar lebih mudah bagi anak/siswa Anda.

7.      Rumus matematika SD SMP SMA

Aplikasi terbaik selanjutnya yang tentunya akan sangat membantu dalam menambah pemahaman Anda terhadap pelajaran matematika adalah aplikasi rumus matematika besutan developer DerAddct. Di mana aplikasi ini siap memberikan tambahan pelajaran matematika yang sangat bermanfaat untuk Anda. Aplikasi ini juga akan menawarkan banyak manfaat menarik dengan hadirnya rumus pelajaran matematika yang sangat lengkap.

8.      Kelas pintar

Aplikasi media pembelajaran terbaik lainnya adalah kelas pintar. Kelebihan dari aplikasi ini adalah terdapat ruangan untuk guru, orang tua dan siswa sebagai forum konsultasi. Materi ajar yang terdapat di dalamnya mengacu pada kurikulum 2013, jadi cukup up-to-date untuk pembelajaran saat ini ya moms.

Menariknya, cara penyampaian materi dalam aplikasi ini cukup interaktif. Agar si kecil tidak bosan belajar setiap hari. Aplikasi pembelajaran online terbaik ini juga telah di gunakan di berbagai negara seperti Singapura, Afrika Selatan dan Uni Emirat Arab.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

Share :

Baca Juga

Media Pembelajaran

Mengajar Matematika dengan Game agar Pembelajaran Lebih Menarik
Guru

Media Pembelajaran

Guru yang Tetap Memilih Pembelajaran Secara Tatap Muka
Webinar

Kenaikan Pangkat

Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle

Media Pembelajaran

Cara Belajar Matematika Menyenangkan di Rumah

Media Pembelajaran

Bikin Video Pembelajaran Ala Youtuber Dengan Aplikasi Edpuzzle

Media Pembelajaran

3 Rekomendasi Aplikasi Membuat Teka-Teki Silang (TTS) Online Terbaik Untuk Media Pembelajaran
video pembelajaran

Media Pembelajaran

Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.