Home / Media Pembelajaran

Senin, 19 September 2022 - 07:00 WIB

Mengenal Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital

Mengenal Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif di era digital merupakan hal yang penting guru ketahui. Mewujudkan merdeka belajar dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi tentu membutuhkan media penunjang. Salah satu elemen dimensi profil pelajar pancasila yaitu kolaborasi, yang mana guru dapat berkolaborasi dengan media dalam proses belajar mengajar. Hal ini sejalan dengan konteks pendidikan yang disampaikan oleh Bapak Pendidikan kita yaitu Ki Hadjar Dewantara. Proses pembelajaran dalam penerapan materi harus fleksibel menyesuaikan kebutuhan, karakteristik dan minat siswa. Fleksibel tersebut bisa seperti menjadikan setiap rumah adalah sekolah, setiap orang adalah guru, dan setiap aktivitas adalah belajar.

Berdasarkan hal tersebut maka sebuah proses belajar bisa datang dari segala aspek dan segala lini. Tidak hanya terpaku pada ruang kelas, tetapi setiap tempat maupun rumah harus dijadikan sebagai sekolah atau sumber belajar. Hal ini mengandung arti bahwasannya sebuah proses belajar dapat dilakukan di mana saja serta sumber belajar pun tidak dibatasi.

Fokus pembelajaran pada kurikulum merdeka cukup mengedepankan kebutuhan belajar peserta didiknya. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman, karakteristik anak didik saat ini lebih melek terhadap perkembangan teknologi. Tidak heran kalau penggunaan teknologi untuk mengoptimalisasi pembelajaran sudah mulai banyak dimanfaatkan untuk pendidikan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan oleh guru sebagai media penunjang adalah Quizizz.

Baca juga:   Sangat Mudah! Berikut Media Belajar Interaktif untuk Menarik Minat Belajar Siswa

 Apa sih Quizizz itu?

Quizizz merupakan sebuah aplikasi/platform yang dapat dijadikan media untuk proses belajar. Platform ini dapat menyajikan sebuah pembelajaran secara kolaboratif dan menyenangkan. Selain siswa dapat belajar sambil bermain, media tersebut juga mampu meningkatkan kompetensi siswa. Media tepat digunakan untuk pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kegiatan belajar terkesan tidak membosankan ketika menggunakan Quizizz.

Apa saja fitur yang ada dalam platform Quizizz?

Jadi, Quizizz adalah suatu platform yang menyediakan berbagai macam fitur untuk pembelajaran secara online. Platform ini dapat dipakai guru untuk kegiatan belajar mengajar seperti mengadakan pre-test, penguatan materi, latihan soal, post-test, remedial, dan lain-lain. Sebagai media pembelajaran, Quizizz memiliki sifat fleksibel. Selain sebagai sarana untuk penyampaian materi juga dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang menarik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya fitur yang dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif (game) atau pertanyaan.

 

Fitur dalam Quizizz memungkinkan guru dapat membuat lima jenis soal. Jenis soal tersebut yaitu kotak centang, pemilihan atau survey, soal esai, isi bagian yang kosong dan soal pilihan ganda dengan alternatif jawaban. Dalam merancang kuis/materi yang akan disampaikan ke siswa, guru juga dapat menambahkan beberapa pendukung lain seperti grafik, tabel, gambar,  dan lain sebagainya.

Baca juga:   Guru Perlu Mengikuti Webinar yang Bermanfaat Demi Keberlangsungan Kariernya

 

Guru dapat mendistribusikan kuis yang telah dirancang sebelumnya dengan memberikan link maupun kode berupa angka yang muncul secara otomatis ketika akan dibagikan kepada siswa. Platform ini mampu menginformasikan analisis soal yaitu dengan mengetahui pertanyaan mana yang dijawab benar atau salah oleh siswa. Oleh karena itu, salah satu kelebihan platform ini yaitu hasil belajar siswa dapat diketahui secara lansung. Selain itu, untuk penugasan, maka guru dapat mengatur batas waktu pengerjaannya.

 

Dengan mengetahui beberapa informasi menarik mengenai penggunaan Quizizz untuk pembelajaran. Guru dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui kegiatan belajar yang menyenangkan. Proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi dan efisien karena dapat mengevaluasi siswa secara mandiri. Demikian sekilas mengenai platform yang dapat guru gunakan untuk pembelajaran terlebih untuk penilaian siswa.

Tingkatkan Skill Anda Untuk Menjadi Pendidik Yang Berkualitas Dengan Mendaftarkan Diri Anda Menjadi Member e-Guru.id dan Dapatkan Diskon Hingga 50% Dengan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Dan Raih Bonus Lainnya Juga.. Jangan Sampai Ketinggalan Yaa

DAFTAR SEKARANG

(Delas/DL)

Share :

Baca Juga

Webinar

Kenaikan Pangkat

Membuat CBT Lebih Mudah dari pada Google Form, Guru wajib Coba Moodle

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Kesiswaan

4 Aplikasi Bacaan di Android untuk Meningkatkan Literasi pada Anak

Media Pembelajaran

Mengenal Media Interaktif dalam Proses Pembelajaran

Media Pembelajaran

Web Pembelajaran : Cara Unik Untuk Mengajar
kelebihan dan kekurangan quizizz

Media Pembelajaran

Sangat Mudah! Berikut Cara Membuat Poster Pendidikan yang Menarik

Media Pembelajaran

Cara Menyusun Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Media Pembelajaran

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran dengan Powtoon