Home / Media Pembelajaran

Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:37 WIB

Sangat Mudah! Berikut Cara Membuat Poster Pendidikan yang Menarik

Cara membuat poster pendidikan – Apa itu poster dan apa manfaat serta fungsinya? Menurut Wikipedia, poster adalah seni desain grafis yang memadukan gambar, teks dan skema warna yang kontras dan mencolok pada kertas atau media digital. Bahan kertas tersebut umumnya akan di tempel di dinding, mading, atau tempat lain yang sesuai.

Poster pendidikan adalah media yang di gunakan untuk pendidikan di sekolah, perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya. Poster pendidikan di pasang untuk keperluan sosialisasi, iklan, atau media promosi. Secara umum maksud dan tujuan pembuatan poster adalah sebagai sarana publikasi bagi masyarakat agar mengetahui informasi yang terkandung dalam poster.

Apakah Anda sudah tahu cara membuat poster pendidikan? jika belum Anda bisa baca artikel ini untuk mengetahui cara membuat poster pendidikan yang tentunya sangat mudah dan keren.

Cara Membuat Poster Pendidikan

Dalam pembuatan poster ada ketentuan yang harus anda perhatikan bagaimana sebuah poster di buat, mulai dari penyajian gambar, konsep, penulisan slogan yang ingin anda sisipkan pada poster nantinya. Pastinya menarik dan indah untuk di lihat. Berikut cara membuat poster pendidikan yang mudah dan keren agar bisa menarik minat pembaca.

Tentukan tujuan dan topik yang akan di berikan

Sebelum Anda ingin membuat poster, pastikan terlebih dahulu menentukan ide pokok, untuk apa yang akan Anda bicarakan di poster tersebut. Seperti jika Anda ingin menyampaikan ide, serta informasi tertentu kepada orang lain, atau jika Anda hanya ingin menggunakannya sebagai media promosi produk Anda.

Jadi, di awal pembuatannya, Anda perlu melakukan riset serius tentang apa yang akan Anda pasang di poster. Dalam hal gambar, kata-kata, gambar dan ketika Anda meletakkan gambar poster yang ingin Anda posting, di mana Anda ingin menempelkannya, semuanya harus di rencanakan terlebih dahulu.

Gunakan kalimat pendek dan cirikan pembaca

Poster biasanya hanya di baca sebentar saja, karena sebagian besar pembacanya adalah pejalan kaki dan pengendara motor saja, sehingga sangat sedikit yang mau membaca sampai habis dan lama. Oleh karena itu, buatlah contoh kalimat yang efektif dan mudah untuk di baca, bahkan dalam waktu singkat beberapa detik.

Pada dasarnya jika Anda memberikan bahasa yang singkat, maka pesan yang Anda tulis tentang pembuatan poster yang Anda ingin sampaikan kepada pembaca dapat tersampaikan dengan baik. Tapi jangan sampai kata-kata pendek menjadi ambigu, yang akan membingungkan untuk pembaca. Buatlah kalimat langsung yang dapat menyarankan orang lain.

Baca juga:   Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Menggunakan gambar yang menarik

Gambar merupakan sarana penyampaian pesan yang sangat efektif, sehingga Anda dapat melihat sendiri, dalam penggunaan gambar pada poster biasanya menggunakan proporsi yang lebih besar dari pada tulisan. Sama seperti saat menggunakan gambar, harap cerah dengan warna-warna cerah karena jenis ini dapat menarik perhatian pembaca sehingga mereka tertarik untuk membacanya.

Penggunaan media yang tepat

Pendukung yang tepat dalam penggunaan gambar poster, Anda harus memilih media untuk membuat bahan dengan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek, serta media tempat, atau media dinding yang ingin Anda gunakan, baik struktur dinding maupun suasana di sekitar dinding, dan juga tentukan apa yang harus Anda gunakan sebagai media perekat antara poster dan dinding.

Pastikan dinding yang Anda gunakan rata dan tidak berlubang, sehingga pas di antara dinding dan poster, dan pilihlah lokasi yang strategis yang sering di lalui banyak orang. Contohnya seperti pasar atau tempat keramaian lainnya untuk berbelanja sebagai tempat berkumpulnya orang-orang.

Tips Membuat Poster Pendidikan

Poster pendidikan ditujukan untuk berbagai keperluan, mulai dari tugas sekolah hingga berbagai kegiatan kantor. Apakah Anda sudah membuat desain yang bagus? atau sering bingung menentukan elemen untuk mencari ide? Tak perlu bingung, Anda bisa memahami beberapa tips ampuh di bawah ini agar poster Anda terlihat lebih menarik.

Poster dapat di gunakan untuk berbagai keperluan dan sering menjadi alat pengiklan, penyebar, pesan layanan publik, dan kelompok lain yang mencoba mengomunikasikan pesan. Poster juga di gunakan untuk memproduksi karya seni, terutama karya seni yang terkenal. Nah berikut ini merupakan tips mdalam membuat poster pendidikan yang harus anda ketahui.

Desain proyek awal

Setelah Anda mengumpulkan semua konten untuk poster, Anda perlu memikirkan desain visual atau tata letaknya. Poster adalah presentasi yang sangat visual, tetapi Anda perlu menemukan keseimbangan yang tepat untuk menyampaikan pesan Anda dengan baik.

Pertimbangkan seperti apa poster Anda dari jarak sekitar tiga kaki dari lokasi poster. Beri jarak antar bagian yang cukup agar tidak terlihat terlalu penuh, namun hindari meninggalkan terlalu banyak ruang karena dapat memberikan kesan kosong.

Baca juga:   Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Video Pembelajaran di HP

Jika posternya digital, pastikan komposisi visualnya tidak tumpang tindih dan ikuti aturan visualnya agar lebih mudah di baca dan di pahami audiens target Anda.

Jangan merasa ingin menjejalkan alamat surat, nomor telepon, nomor fax, beberapa simbol, dan sebagainya, karena poster edukasi akan terlihat penuh. Prioritaskan nama, institusi, alamat email utama, dan yang terpentin pada desain poster.

Format poster dasar

Biasanya poster harus memuat judul, ringkasan atau rangkuman, pengantar singkat, maksud dan tujuan, metodologi, hasil, pembahasan dan kesimpulan. Anda mungkin juga ingin menyertakan bagian detail, meskipun Anda juga harus memikirkan tata letak elemen lainnya.

Pertimbangkan ukuran font

Ketika orang melihat poster, mereka ingin mendapatkan gambaran umum tanpa harus membaca banyak teks. Oleh karena itu, ukuran font yang relatif besar akan membuat teks lebih jelas bagi yang melihatnya. Pertimbangkan ukuran font yang cocok yang dapat di lihat dari kejauhan.

Ukuran font yang besar juga membantu jika Anda ingin membuat versi yang lebih kecil. Selain poster pendidikan, beberapa kelompok terkadang membutuhkan pamflet untuk di bagikan untuk tujuan promosi. Ingat, atur font sedemikian rupa sehingga tetap enak di pandang.

Warna

Penggunaan warna yang sederhana dan konsisten akan membantu memandu audiens dalam membaca pesan dalam poster pendidikan. Oleh karena itu, gunakan warna dengan cermat dan bijak untuk menonjolkan bagian terpenting dari poster.

Jika Anda menggunakan terlalu banyak warna, pesan mungkin akan hilang. Meskipun tidak sepenuhnya di perlukan, skema warna yang terorganisir dengan baik dapat memberikan sentuhan profesional pada poster Anda. Tidak hanya pesan, tetapi juga estetika dalam poster!

Trik menentukan posisi poster

Tip bermanfaat lainnya yang harus Anda ketahui adalah bahwa orang cenderung fokus pada apa yang mereka lihat di antara tinggi dada dan pinggang saat berjalan di depan sesuatu. Oleh karena itu, Anda harus memutuskan untuk menempelkan poster di area yang strategis.

Ingatlah untuk juga menggantung poster pendidikan pada ketinggian yang sesuai! Ini akan membantu pembaca dengan mudah melihat hasil yang paling penting.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

 

Share :

Baca Juga

gunakan media pembelajaran interaktif agar materi pembelajaran tersampaikan secara efektif

Media Pembelajaran

3 Media Pembelajaran Interaktif untuk Guru Zaman Now

Karya Inovatif

Dijamin Seru! Inilah Manfaat dan Contoh Game Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Media Pembelajaran

Pentingnya Pembelajaran Interaktif dengan Visualisasi yang Menarik

Media Pembelajaran

Canva, Aplikasi untuk Anda yang Ingin Berpikir Kreatif

Media Pembelajaran

Simak Berbagai Manfaat Fitur Google Workspace For Education dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Media Pembelajaran

iSpring Quizmaker, Metode Pembelajaran dengan Pendekatan Digital

Media Pembelajaran

Membuat Presensi Otomatis dengan Google Form dan Spreadsheet

Karya Inovatif

Puzzlemaker Cara Mudah Membuat Teka-teki Silang untuk Pembelajaran
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.