Home / Kenaikan Pangkat / Media Pembelajaran

Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:46 WIB

Rekomendasi Media Pembelajaran yang Menarik

Media pembelajaran – merupakan salah satu metode atau alat yang di gunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini di lakukan untuk merangsang pola belajar guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat efektif dalam mencapai tujuan yang di inginkan.

Seiring dengan perkembangan zaman yang di dukung dengan hadirnya teknologi dan informasi, dunia pendidikan juga mengalami perubahan. Banyak media pembelajaran telah di temukan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Sehingga hal ini juga mempengaruhi metode yang di gunakan oleh guru.

Oleh karena itu, media pembelajaran sangat penting dan guru perlu mengetahui contoh media pembelajaran yang menarik untuk peserta didik. Tujuan media pembelajaran adalah untuk memberikan kemudahan dalam mengajar dan menarik minat siswa untuk belajar.

Contoh Media Pembelajaran yang Menarik

Media pembelajaran juga berfungsi untuk menarik minat siswa agar dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Namun, dengan banyaknya media pembelajaran tersebut belum bisa di manfaatkan secara optimal. Hal ini di sebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan fasilitator dalam menggunakan berbagai sarana pembelajaran.

Saat ini telah di temukan banyak sarana belajar yang efektif untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Lalu media pembelajaran apa yang bisa di gunakan? Simak penjelasan Contoh media pembelajaran yang menarik untuk peserta didik berikut ini.

Secara umum permasalahan yang di hadapi guru merupakan contoh media pembelajaran yang kreatif dan menarik. Alasannya, hal ini akan membantu siswa atau mahasiswa untuk dapat belajar dengan baik.

Berikut beberapa contoh media pembelajaran yang menarik yang bisa Anda coba. Di antaranya adalah:

1.       Media relia

Contoh penggunaan media relia ini adalah objek, yaitu penggunaan objek nyata. Media relia tidak serta merta harus di depan mata siswa, tetapi guru dapat langsung mengajak siswa untuk pergi dan mengamati benda-benda nyata yang relevan dengan materi yang di ajarkan di dalam maupun di luar. Misalnya pelajaran tentang fotosintesis yang tentunya membutuhkan contoh benda nyata untuk dapat memahaminya, dalam hal ini daun merupakan benda yang meminjamkan dirinya untuk menjadi sarana dalam mempelajari materi fotosintesis.

2.       Gambar multimedia

Gambar multimedia juga dapat di sebut sebagai dukungan grafis, yaitu menampilkan gambar yang relevan dengan mata belajar seorang guru. Misalnya, guru mengajar siswa tentang organ dalam. Tentunya siswa akan kesulitan untuk memahami terutama posisi bagian dalam tubuh dan bagaimana ia terbentuk.

Baca juga:   Membuat Konten Video Pembelajaran Menarik dengan Capcut

Dengan memberikan multimedia gambar organ manusia di depan kelas, guru dapat menjelaskan dengan lebih mudah dan siswa dapat menangkap materi dengan cepat. Selain itu, media gambar juga berperan dalam mata pelajaran melukis karena siswa akan lebih banyak menggambar atau membuat karya sendiri dari media lukis.

3.       Papan tulis

Media ini cukup umum. Papan tulis sendiri sebenarnya memiliki banyak jenis, ada yang terbuat dari kayu, kain, plastik, dan lain-lain. Keunikan papan tulis adalah dapat di gunakan sebagai papan tulis flanel yang sangat cocok untuk pengajaran kuantum di sekolah dasar atau taman kanak-kanak.

Contoh papan tulis flanel adalah merekatkan potongan kertas yang sebelumnya telah di bentuk menjadi kata atau angka dengan tujuan untuk menarik minat baca siswa. Akan lebih efektif jika potongan kertas tersebut di warnai terlebih dahulu.

4.       Media grafik

Grafik adalah kombinasi angka dan garis untuk menunjukkan suatu trafik. Media pembelajaran ini sangat cocok untuk mata pelajaran matematika atau untuk representasi data kuantitatif dalam suatu pelajaran.

Sebagai seorang guru, media grafis tidak harus di buat dengan penggaris dan spidol, guru dapat membuatnya lebih kreatif, misalnya dengan menggunakan spidol berwarna pada setiap garisnya atau dengan menggunakan metode grafik dengan spidol berwarna. Anda juga dapat melampirkan lembar gambar untuk menarik minat siswa dalam belajar.

5.       Video

Video juga termasuk dalam media berbasis grafis. Berbeda dengan gambar, media video dapat memproyeksikan gambar dan suara sehingga siswa dapat menangkap materi dengan lebih efektif. Salah satu jenis video pendukung pembelajaran dapat di temukan di YouTube yang menyediakan begitu banyak tutorial pendidikan.

Media video sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa karena semua indera akan di arahkan pada satu tujuan.

6.       Manipulator media

Sederhananya, media ini menggunakan segala sesuatu yang ada di sekitar untuk menjelaskan materi yang di sajikan. Misalnya, guru mengajarkan perhitungan, dan pena akan di gunakan sebagai contoh dalam perhitungan.

Dengan menggunakan cara manipulasi yang lebih kreatif, guru dapat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi siswa. Dukungan ini tidak di dasarkan pada satu atau beberapa topik, tetapi dapat di gunakan di hampir semua topik yang ada.

7.       Gambar fotografi

Jenis media pembelajaran selanjutnya adalah gambar fotografi. Dukungan belajar ini dapat di peroleh dari berbagai sumber, seperti koran, kartun, ilustrasi dan foto. Sistem pembelajaran dalam penggunaan media tersebut merupakan cara yang efektif untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

Baca juga:   4 Kategori Guru yang Diprioritaskan Ikut PPPK Tahap 3 Tahun 2022

Selain itu, untuk mendukung keberhasilan yang optimal, di perlukan gambar fotografi yang memenuhi persyaratan artistik tertentu. Dengan cara ini siswa tertarik dan memahami dengan jelas apa materi yang di sampaikan.

8.       Peta dan bola dunia

Salah satu jenis media pembelajaran yang sering di gunakan adalah peta dan bola dunia. Alat bantu belajar ini berfungsi untuk menyajikan data lokasi dan tempat. Beberapa hal yang di peroleh dengan menggunakan sarana pembelajaran ini adalah pengetahuan tentang tanah, sungai, gunung, dan daratan.

Salah satu jenis media pembelajaran tersebut dapat memungkinkan siswa untuk memahami posisi kesatuan pulau dan politik di seluruh dunia. Selain itu, media pembelajaran ini juga dapat merangsang minat pada pengaruh geografis.

9.       Aplikasi berbasis teknologi

Gunakan aplikasi Quizizz untuk penilaian siswa atau gunakan Duolingo untuk membantu siswa belajar bahasa Inggris. Keduanya merupakan aplikasi berbasis teknologi yang merupakan media belajar. Sangat kompleks untuk mengembangkan media unik ini.

Selain melek teknologi, juga butuh waktu lama untuk memproduksinya. Namun, dengan media ini siswa akan senang untuk berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas.

Selain menggunakan dan melibatkan teknologi dalam pembelajaran, penggunaan Quizizz berguna untuk mempelajari keterampilan siswa dengan sportif. Kerjakan soal dan segera temukan hasil kerja siswa secara langsung.

Ciri-ciri Pembelajaran yang Menyenangkan

Pembelajaran yang menyenangkan adalah kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan.

Menggunakan contoh media pembelajaran yang menarik agar siswa dapat terlibat secara aktif dan tujuan dari proses pembelajaran juga dapat tercapai secara optimal.

Berikut ciri-ciri pembelajaran yang menyenangkan:

  • Ciptakan lingkungan belajar yang santai dan bebas stres
  • Materi ajar yang di berikan sesuai dan relevan dengan tingkat perkembangan anak
  • Kegiatan belajar mengajar di lakukan secara emosional dan empatik dengan menyisipkan humor atau dorongan dalam diri siswa atau murid
  • Melibatkan semua indera serta otak kiri dan otak kanan
  • Murid atau siswa dapat mengungkapkan apa yang sedang dipelajari

Demikian penjelasan tentang contoh media pembelajaran yang menarik untuk peserta didik.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(RAW)

 

 

Share :

Baca Juga

Kenaikan Pangkat

Angka Kredit Guru PNS Berdasarkan Golongan Dan Unsurnya

Admin Sekolah

5 Prinsip Penting Administrasi Kurikulum

Kenaikan Pangkat

Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Tahu

Media Pembelajaran

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Media Pembelajaran

Mengenal Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital

Admin Sekolah

Kunci Rahasia Membuat Website dari Nol? Simak Berikut Ini

Media Pembelajaran

Memanfaatkan CapCut untuk membuat video pembelajaran

Media Pembelajaran

Cara Membuat Akun Telegram di HP
Mari Gabung e-Guru.idMenjadi guru yang kompeten dan profesional di era digital

Temukan cara baru mengikuti seminar, workshop, pelatihan BERSERTIFIKAT.